Sponsors Link

6 Efek Samping Minum Susu Saat Batuk Yang Sebaiknya Dihindari

Sponsors Link

Batuk tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk dapat menimbulkan efek samping minum susu saat batuk. Oleh karena itu sebaiknya penyebab batuk alergi segera diobati. Supaya tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi penyakit yang lainnya. Terutama jika mengganggu aktivitas makan dan minum. Terkadang hal ini juga dapat berbahaya tanpa disadari. Bagi yang belum paham benar, berikut ini beberapa efek samping minum susu saat batuk.

ads

1. Tersedak

Saat batuk karena minum es jika dibiarkan minum susu bahayanya bisa jadi tersedak. Karena refluks di tenggorokan antara menelan dan mengeluarkan dahak bisa terjadi bersamaan. Akibatnya susu yang diminum dapat masuk ke saluran pernafasan dan membuat penderita batuk menjadi tersedak. Solusinya, sebaiknya minum susu secara perlahan dan tidak terburu-buru. Sehingga dapat terhindar dari kemungkinan tersedak.

2. Muntah

Jika anak sedang batuk kemudian minum susu dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping berupa muntah-muntah. Hal ini karena susu termasuk pekat dan mudah membuat perut terasa mual. Terutama jika minum susu di saat perut masih kosong. Umumnya hal ini akan memicu timbulnya masalah pencernaan. Sehingga anak menjadi mual dan beresiko mengalami muntah. Oleh sebab itu sebaiknya jika sedang batuk pilek disertai diare, usahakan untuk tetap makan dalam porsi kecil dan dalam waktu yang berdekatan. Sehingga perut tidak kosong dan dapat minum susu tanpa efek samping yang mengganggu.

3. Radang

Efek samping minum susu saat batuk termasuk dapat menimbulkan batuk dan tenggorokan terasa panas karena radang tenggorokan. Terutama jika minum susu yang pekat dan mengandung banyak gula. Oleh sebab itu untuk menghindari radang sebaiknya minum susu murni saja atau susu rendah gula. Sehingga tidak membuat tenggorokan meradang namun dapat membantu mempercepat pemulihan batuk pilek.

4. Mengentalkan Dahak

Minum susu saat batuk juga dapat membuat penyebab dahak susah keluar dan justru senakin kental. Sehingga jika anak tetap minum susu saat batuk sebaiknya barengi dengan rajin minum air putih setelahnya. Supaya sisa susu tidak menempel di tenggorokan dan mengakibatkan banyak dahak. Selain itu hindari susu yang terlalu manis dengan berbagai macam rasa. Yang paling baik berikan susu putih murni dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.

5. Tenggorokan Gatal

Minum susu kental yang terlalu manis saat batuk memang tidak dianjurkan. Karena dapat membuat tenggorokan semakin gatal. Sebaiknya konsumsi susu murni saja. Namun perhatikan jika anak alergi terhadap susu. Maka reaksi yang ditimbulkan juga dapat membuat gatal dan lendir di tenggorokan. Hal ini yang sebaiknya dihindari untuk mencegah batuk akibat alergi susu semakin parah.

6. Susah Sembuh

Jika menderita alergi susu dan tetap tidak berhenti minum susu, maka batuk yang diderita akan susah sembuh. Karena gejala alergi akan terus muncul dan lendir tidak akan berhenti berproduksi. Karena hal ini merupakan reaksi alergi yang alami. Sehingga anak bisa jadi batuk  terus menerus. Untuk menghindari hal ini coba ganti dengan susu soya yang umumnya bukan pencetus alergi.

Demikian penjelasan efek samping minum susu saat batuk. Yang paling baik jika sedang batuk disertai cegukan minumlah air putih sebanyak mungkin. Karena air putih akan membantu melarutkan virus dan membuangnya melalui urin. Termasuk dapat mengencerkan dahak dan lendir di saluran pernafasan. Sehingga dengan demikian maka penyakit batuk dapat mereda dan dapat segera dipulihkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan