Sponsors Link

5 Obat Pengencer Ingus Bayi Tanpa Efek Samping yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Bayi yang baru lahir rentan terkena penyebab batuk pada bayi, pilek, dan flu karena sistem kekebalan-nya masih belum sempurna. Tentu saja ayah dan bunda dapat mengobati penyakit batuk dan pilek-nya tanpa harus ke dokter. Tetapi, bagaimana dengan hidung bayi yang tersumbat dengan ingus? Apa saja obat pengencer ingus bayi?

ads

Keadaan hidung bayi yang baru lahir tersumbat oleh ingus akan membuat orang tua panik karena tidak tahu apa yang boleh dilakukan dan apa yang harus dihindari. Sebelum dibawa langsung ke dokter atau rumah sakit, ada baiknya untuk mencoba obat pengencer ingus bayi berikut ini.

Obat Pengencer Ingus Bayi

Bayi yang baru lahir belum mempunyai kemampuan untuk bernafas dengan begitu baik, sehingga sulit bagi bayi untuk mengeluarkan lendir yang ada didalam hidungnya, apalagi setelah menangis, dan akhirnya membuat si bayi sulit bernafas. Karena hidung merupakan tempat keluar masuk-nya udara, maka lendir yang berada didalam hidung menjadi mengering atau mengeras dan membuat pernafasan si bayi menjadi tersumbat dan tidak nyaman. Adapun cara atau obat pengencer ingus berwarna hijau kental pada bayi berikut ini.

1. Solusi NaCl

Larutan obat yang digunakan adalah NaCl fisiologis 0,9% yang bisa didapatkan di apotek. Larutan NaCl atau larutan garam ini mempunyai fungsi sebagai pelembab. Cara menggunakan obat pengencer ingus bayi tersebut ialah dengan memasukkan sedikit bagian ujung pipet kepada hidung bayi dan teteskan larutannya secara lembut dan perlahan, lalu bersihkan dengan cotton bud yang steril.

2. Nebulizer

Sangatlah mudah untuk membuat Nebulizer yang sederhana. Yang dibutuhkan hanyalah 3 bahan yang sudah dimiliki di rumah, yaitu minyak kayu putih dan satu mangkok yang diisi dengan air panas.

Teteskan minyak kayu putih ke air panas yang berada di dalam mangkok dan letakkan di kamar tempat si bayi beristirahat. Hasil uap air minyak kayu putih tersebut dapat membersihkan udara dari virus dan membuat si bayi bernafas lebih mudah dan nyaman.

3. Balsem

Ternyata ada balsem khusus bayi yang dapat dijadikan sebagai obat pengencer ingus bayi. Caranya adalah dengan memijatkan punggung, leher, dan dada bayi dengan balsem secara perlahan. Rasa hangat dari balsem dapat membantu melegakan hidung tersumbat saat tidur pada bayi.

4. Pijat

Cara lainnya adalah dengan cara memijat hidung bayi yang tersumbat untuk membantu mengeluarkan ingus. Dengan pijatan yang benar dan lembut, hidung si bayi menjadi bersih dari ingus dan membuat pernafasan si bayi menjadi lebih nyaman lagi tanpa ada masalah.

5. Menyedot

Selain memijat, ayah dan bunda juga dapat menyedot ingus si bayi yang berada di hidung dengan penyedot ingus, yang biasa juga disebut dengan nasal aspirator, dan cara menyedot ingus bayi dengan mulut.

Nasal Aspirator bisa dibeli di apotek maupun secara online. Perlu diingat untuk membersihkan hidung si bayi dan ujung pipet terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Itulah cara dan obat yang dapat orang tua lakukan dirumah untuk mengatasi hidung tersumbat si bayi yang baru lahir. Jangan panik bila si bayi terus-terusan ingusan, segera bawa si bayi ke dokter atau ke rumah sakit untuk dicek. Si bayi pasti akan sembuh bila orang tua obati dengan segera, baik-baik, dan dengan tenang.

, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan