Sponsors Link

4 Khasiat Lempuyang Untuk Batuk Rejan yang Ampuh

Sponsors Link

Lempuyang adalah tanaman rimpang yang termasuk jenis rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional yang ampuh dan efektif. Memiliki nama latin Zingiber, tanaman ini juga biasa diolah menjadi minuman jamu untuk kesehatan. Hampir semua bagian dari lempuyang dapat dimanfaatkan untuk obat herbal alami, termasuk khasiat lobak merah untuk batuk  dan untuk mengatasi batuk jenis lainya.

ads

Batuk yang sering terjadi, terlebih saat orang mengkonsumsi suatu makanan atau minuman yang menjadi pemicunya, ternyata harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari. Batuk biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, namun bisa kambuh kapan saja. Dengan pengobatan alami, seperti memanfaatkan lempuyang untuk batuk, diharapkan batuk berdahak maupun batuk rejan parah yang dialami dapat segera pulih.

Khasiat Lempuyang Untuk Batuk

Lempuyang juga dikenal sebagai obat batuk herbal ini ternyata khasiat kapulaga untuk batuk yang cukup ampuh untuk mengatasi gejala batuk, seperti batuk rejan. Batuk rejan merupakan penyakit batuk yang berlangsung lama. Jenis lempuyang yang digunakan untuk mengobati batuk adalah jenis lempuyang wangi (zingiber Aromaticum) yang umumnya memiliki manfaat sebagai anti bakteri yang menyebabkan batuk dan penyakit lainya.

Untuk membuat ramuan obat herbal dari lempuyang, cukup siapkan lempuyang kemudian bawang merah dan kayu manis. Panggang ketiga bahan alami tersebut, kemudian tumbuk ketiganya dan peras. Air perasan tersebut bisa langsung diminum oleh pasien yang sedang mengalami batuk, terutama batuk rejan. Pastikan minum secara rutin setidaknya 2 kali dalam satu hari.

Berikut ini beberapa khasiat lempuyang untuk mengatasi batuk secara alami:

  • Melegakan tenggorokan

Mengalami batuk rejan tentunya bukanlah hal yang membuat nyaman. Tidak sedikit pasien yang melakukan gerakan yoga untuk menghilangkan batuk  akan merasakan sakit pada tenggorokanya dan seperti ada yang menghambat di area tersebut. Dengan mengkonsumsi obat herbal dari lempuyang dengan diolah terlebih dulu, maka dapat berkhasiat untuk melegakan tenggorokan, sehingga bernapas jauh lebih nyaman.

  • Menghangatkan Tenggorokan

Lempuyang juga memiliki kandungan zat pedas yang disebut gingerol atau dikenal dengan khasiat yang seperti jahe. Pasien yang mengalami batuk akan merasakan khasiat hangat pada tenggorokanya, sehingga gejala batuk rejan atau batuk jenis lainya tidak sering kambuh lagi.

  • Mengendurkan Dahak

Tahukah Anda bahwa Lempuyang juga memiliki kandungan gula ternyata dapat membantu mengatasi batuk yang sedang dialami. Zat gula yang alami yang tidak berlebih dalam Lempuyang, ternyata dapat mengendurkan dahak, serta menenangkan rongga mulut agar batuk tidak terjadi.

  • Membasmi Bakteri Penyebab Batuk

Efek hangat yang diberikan Lempuyang pada pasien yang meminum ramuanya, dapat membuat bakteri penyebab batuk menghilang. Batuk yang terjadi umumnya memang disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui udara atau tertular oleh orang lainya.  Minum ramuan lempuyang dengan teratur juga dapat mencegah agar batuk tersebut tidak seperti mangga menyebabkan batuk agar tidak kambuh kembali.

Lempuyang yang merupakan jenis makanan rimpang ini, sebenarnya tidak hanya efektif untuk mengatasi batuk rejan saja, khasiat lainya, Lempuyang juga dapat  membantu mengurangi lemak dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih langsing. Lempuyang juga merupakan obat herbal alami untuk melawan pemicu kanker yang berbahaya. Untuk mendapatkan khasiat lempuyang untuk batuk, maka pasien harus rajin meminum ramuanya setiap hari dan beristirahat dengan cukup.

, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal