Sponsors Link

Mendengkur Karena Sinus: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sponsors Link

Ketika Anda mengalami sinusitis, maka Anda akan mengalami beberapa gejala hingga efek samping dari sinusitis. Mulai dari gejala ringan dan berat, hingga komplikasi penyakit yang menjadi efek samping dari sinusitis. Seperti mendengkur karena sinus. Hal ini dapat terjadi karena lendir telah menyumbat rongga pernapasan. Berikut ini beberapa hal yang terjadi ketika mendengkur karena cairan sinus keluar terjadi pada Anda.

ads

Gejala

Mendengkur karena sinus dapat terjadi ketika lendir telah mengental dan menyubat hidung. Selain mengganggu pernapasan saat bangun, Anda akan merasa sulit untuk bernapas bahkan saat tidur. Berikut ini beberapa gejalanya.

  1. Hal utama ialah dengkuran saat kita tidur.
  2. Merasa pusing saat malam hari, hal ini terjadi ketika lendir mengganggu sistem pernapasan dan mengganggu aliran darah yang akan mengalir ke kepala.
  3. Tidur yang tidak nyaman – ketika sinusitis terjadi selain dengkuran, batuk akan terus menerus muncul di malam hari. Hal ini akan membuat tidur Anda merasa tidak nyaman, bahkan sesekali terbangun karenanya.

Penyebab Mendengkur

Mendengkur dapat terjadi karena beberapa hal, terutama sinusitis karena alergi. Lendir yang  terus-menerus menyumbat saluran pernapasan dan tidak dihilangkan hingga terbawa tidur, akan membuat Anda mendengkur. Selain khasiat lobak untuk sinusitis, terdapat beberapa hal yang membuat Anda mendengkur bahkan ketika Anda mengalami sinusitis. Berikut ini beberapa penyebab mendengkur karena sinus yang perlu Anda ketahui.

  • Kelebihan berat badan

Hal ini dapat menjadi faktor utama yang membuat Anda mendengkur saat tidur. Ketika berat badan Anda diatas batas normal, jaringan tenggorokan Anda juga akan ikut ‘membesar’. Selain itu, ketika berat badan berlebihan, lemak juga akan ikut tertimbun di area tenggorokan – hal ini membuat Anda mendengkur dengan keras.

  • Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan hal yang perlu dihentikan bahkan ketika Anda mengalami senam untuk sinusitis. Ketika Anda tetap merokok, maka paru-paru Anda secara perlahan akan ikut rusak. Hal ini akan membuat Anda mendengkur, karena Anda otomatis membutuhkan oksigen baru yang lebih bersih.

  • Posisi Tidur yang salah

Posisi yang salah adalah posisi tidur telungkup. Hal ini akan membuat saluran pernapasan Anda sulit me-refill oksigen baru dari luar. Posisi ini sejatinya akan menyumbat saluran pernapasan Anda.

  • Alkohol dan obat-obatan

Selain merokok, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan tanpa resep dokter merupakan hal yang perlu dihindari ketika Anda mengalami inhaler untuk sinusitis. Ketika Anda tetap melakukan hal ini, dampaknya ialah dengkuran ketika Anda tidur. Mengapa demikian? karena alkohol akan membuat saluran pernapasan Anda terlalu rileks, sehingga kinerja saluran pernapasan tidak maksimal hingga membuat Anda mendengkur.

Pengobatan

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengobatan. Berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengurangi dengkuran ketika tidur.

  • Hindari makanan berlemak sebelum tidur.
  • Bersihkan saluran pernapasan sebelum tidur – untuk hal ini Anda dapat campuran air garam untuk membersihkan saluran pernapasan Anda.
  • Tidur dengan posisi miring atau letakkan kepala lebih tinggi dengan bantal.
  • Menggunakan pengontrol suhu udara di dalam kamar

Demikianlah, beberapa hal mengenai Mendengkur karena sinus yang perlu Anda perhatikan. Segeralah berobat ke dokter jika gejala-gejala yang Anda alami tidak mereda. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus