Sponsors Link

Radang Tenggorokan Setelah Operasi Amandel: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Radang tenggorokan merupakan kondisi tubuh yang mengalami gangguan khususnya di tenggorokan yang terjadi peradangan. Keadaan seperti ini sangat tidak nyaman bagi tubuh penderita karena apabila mengkonsumsi makanan maka akan tidak nyaman dan terasa sakit. Radang tenggorokan ini disebabkan oleh beragam faktor seperti salah makan, sering mengkonsumsi makanan cepat saji, sering mengkonsumsi makanan panas atau dingin dan pasca operasi amandel. Mayoritas orang setelah melakukan operasi amandel sering mengalami radang tenggorokan. Kondisi ini memang efek samping dari tindakan medis saat operasi amandel. Hal ini mungkin karena amandel berada di daerah sekitar tenggorokan maka efek sampingnya berupa terjadinya radang tenggorokan. Artikel ini akan membahas fenomena terkini tentang radang tenggorokan setelah operasi amandel gejala, penyebab dan pengobatan.

ads

Operasi amandel adalah salah satu cara dalam mengobati amandel dengan mengangkat daging di dalam rongga mulut atau yang dikenal sebagai amandel. Apabila amandel ini tidak segera diambil maka akan berdampak buruk bagi kesehatan rongga mulut terutama tenggorokan dan akan mempengaruhi produktifitas suara. Amandel bisa mempengaruhi intensitas suara bahkan dapat menyebabkan hilangnya suara atau rusaknya pita suara.

Gejala Radang Tenggorokan Setelah Operasi Amandel

Kondisi tubuh yang mengalami radang tenggorokan akan menyampaikan sinyal dari perubahan keadaan medis penderita. Tanda atau gejala ini timbul sebelum atau menjelang terinfeksinya radang tenggorokan akibat dampak operasi amandel tersebut. Berikut ini beberapa gejala radang tenggorokan setelah operasi amandel seperti dibawah ini.

  • Kondisi tubuh penderita yang mengalami batuk disertai demam tinggi selama berhari-hari yang tidak kunjung turun bahkan suhu badan penderita bertambah naik.
  • Pada penderita juga sering mengalami rasa nyeri di bagian tubuh tertentu dan pusing kepala bahkan tidak sedikit penderita mengalami vertigo.
  • Gejala selanjutnya yaitu timbul lendir pada tenggorokan seperti batuk berdahak
  • Sebagian penderita juga mengalamil batuk seharian disertai oleh pilek dan hidung tersumbat yang termasuk gejala hidung tersumbat sebelah.
  • Selain itu munculnya rasa tidak nyaman di perut termasuk rasa mual atau muntah yang tidak kunjung mereda.
  • Mayoritas penderita mengalami rasa meriang, badan menggigil atau demam di malam hari karena kedinginan dan kondisi tubuh yang tidak nyaman.

Penyebab Radang Tenggorokan Setelah Operasi Amandel

Pada waktu biasa radang tenggorokan terjadi akibat makan makanan berminyak, makan makanan panas atau dingin, namun ada pula radang tenggorkan diakibatkan oleh operasi amandel. Keadaan ini dapat terjadi apabila penderita setelah melaksanakan operasi amandel tidak menuruti ajuran dokter untuk tidak mengkonsumsi makanan tertentu atau kebiasaan tertentu sebelum keadaan fisik atau rongga mulutnya dalam keadaan yang benar – benar sehat atau pulih. Berikuti ini beberapa penyebab radang tenggorokan setelah operasi amandel, antara lain:

  • Merokok

Memang kebiasaan ini sulit untuk ditinggalkan meski hanya beberapa hari. Apabila penderita yang telah menjalankan operasi amandel melakukan kebiasan merokok ini maka akan berdampak pada terinfeksinya tenggorokan. Kondisi ini akan merangsang area di sekitar tenggorokan mengalami peradangan. Kebiasaan ini harus dihindarkan agar tidak menambah penyakit baru pasca operasi amandel.

  • Asam Lambung Naik

Kondisi asam lambung naik ini dapat dikarenakan salah makan atau kurang makan makanan yang bergizi akibatnya asam lambung naik. Keadaan asam lambung yang naik ini akan berdampak pada naiknya ke area tenggorokan. Apabila sudah naik ke tenggorokan maka berpotensi besar mengalami radang tenggorokan. (Baca juga: Cara Mengobati Pilek)

  • Terkena Virus Penyebab Radang Tenggorokan
Sponsors Link

Meskipun kondisi ini tidak ada hubungan langsung dengan operasi amandel akan tetapi apabila penderita pasca operasi amandel masih dalam keadaan kurang fit atau daya tahan tubuhnya lemah maka akan mudah bagi virus mengakibatkan radang tenggorokan. Sebaiknya penderita pasca operasi amandel harus menjaga kesehatanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga yang cukup.

Pengobatan Radang Tenggorokan Setelah Operasi Amandel

Keadaan radang tenggorokan harus segera diobati dengan tepat, cepat dan benar. Apabila tidak diobati dengan penanganan yang benar akan berdampak pada timbulnya penyakit baru yang lebih parah atau kronis dari radang tenggorokan. Berikut ini beberapa cara pengobatan radang tenggorokan setelah operasi amandel, seperti dibawah ini:

  • Berkumur dengan air garam, 

Garam selain sebagai bumbu masakan juga sangat baik untuk mengobati penyakit. Garam dipercaya mampu membunuh bakteri yang ada ditenggorokan. Cara ini cukup praktis dengan berkumur dengan air hangat yang dicampur garam. Air hangat ini memiliki efek menenangkan tonsil dan garam bermanfaat sebagai media antiseptik alami yang berfungsi membantu mengurangi peradangan dengan membinasakan virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

Sponsors Link

  • Berkumur dengan air perasan lemon dan madu, 

Lemon dan madu memang ampuh buat melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak. Selain itu lemon dan madu mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan setelah operasi amandel. Lemon juga bersifat antibakteri, antivirus dan antiinflamasi yang mampu mengurangi infeksi dan peradangan pada tenggorokan. Dengan berkumur air perasan lemon ditambah madu akan mudah menyembuhkan radang tenggorokan

  • Minum air rendaman bawang putih, 

Cara ini terkesan sederhana namun sangat ampuh. Bawang putih selain dijadikan penyedap makanan juga sangat ampuh untuk mengobati beragam penyakit termasuk radang tenggorokan. Caranya iris bawang putih secukupnya masukan ke wadah yang berisi air kemudian rebus hingga mendidih. Setelah mendidih diamkan sekitar 5 menit lalu saring. Hasil saringan tersebut tambahkan madu agar lebih manis dan langsung Anda minum. Cara ini lebih praktis dan ekonomis dalam menyebuhkan radang tenggorokan

Demikian penjelasan singkat tentang fenomena radang tenggorokan setelah operasi amandel gejala, penyebab dan pengobatannya. Bagi Anda yang mengalami radang tenggorokan setelah operasi amandel maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan diatas dan lakukan cara pengobatan tersebut. Kami juga menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi lainnya cara mengobati ingus berwarna hijau, apa saja buah penyembuh sinusitis, dan batuk setelah minum susu formula.

, , , , ,