Sponsors Link

24 Penyebab Sinusitis Kambuh Kembali

Sponsors Link

Sebaiknya anda jangan lupa untuk rutin beristirahat, karena jika kondisi tubuh tidak fit dan sedang memiliki gejala flu maka ketika pesawat naik landas, tekanan udaranya akan turun. Efeknya dapat membuat sinus tertekan dan kambuh. Perbanyak minum air putih daan jauhi minuman mengandung kafein. Jika perlu maka pakailah pelembab ruangan untuk menstabilkan kelembaban. Terlalu berlebihan menggunakan semprotan hidung kan membrahuat sinus semakin parah karena jaringan hidung malah membengkak dan tidak lagi tahan dengan semprotan dekongestan.

ads

Sinusitis adalah sebuah penyakit yang tidak bisa benar-benar dihilangkan. JIka anda sudah terkena sinusitis, jalan terbaik adalah menjaga kondisi tubuh dan menghindari pemicunya. Namun ada juga yang perlu diperhatikan yaitu jika harus dijaga jangan sampai kambuh lagi. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya sinusitis tidak kambuh kembali adalah sebagai berikut:

  1. Infeksi virus, jika anda sudah menjalani terapi dan juga dinyatakan bersih dari sinusitis, maka jaga kondisi tubuh agar jangan sampai terkena flu. Sebagian besar kambuhnya sinus disebabkan karena virus influenza.
  2. Infeksi bakteri, bisa jadi anda terkena bakteri yang membuat saluran pernapasan menjadi tempat berkembang biak. Jika dibiarkan, akan menjadi infeksi dan pasti membuat penyakit sinusitis kambuh.
  3. Infeksi jamur, seorang pengidap sinusistis akan mengaami enururnan kekebalan terhadap jamur yang bisa saja terbawa di udara dan tak sengaja kita hirup. Jamur yang menginfeksi akan membuat tak hanya penyakit menjadi kambuh, tetapi juga tubuh menjadi lemah.
  4. Alergi, alergi debu, alergi polusi udara dan alergi lainnya yang menyangkut saluran pernapasan bisa menjadi pemicu kambuhnya sinusitis.
  5. Tumor, jika ada jaringan yang abnormal di area hidung dan tumbuh menjadi tumor, sinusitis bisa semakin parah. (baca juga: Cara Menghilangkan Dahak)
  6. Kelainan septum hidung, kelainan septum hidum adalah adanya kelainan di bagian antara lubang hidung, dan akibatnya daerah sinus bisa semakin sempit atau malah buntu sama sekali.
  7. Infeksi gigi, gigi berlubang dan juga infeksi gusi atau gangguan di area mulut bisa menjadi infeksi yang menjalar hingga area sinus.
  8. Cystic fibrosis, jika anda baru saja sembuh dari sinusitis lalu mengalami penyakit cystic fibrosis, maka bisa menjadi komplikasi yang mempersempit jalur sinus.
  9. Turunnya sistem kekebalan tubuh, jika anda terlalu sibuk bekerja atau bersekolah dan kurang istirahat, maka imunitas atau kekebalan tubuh menjadi turun sehingga bisa menjadi penyebab sinusitis kambuh.
  10. Mengidap GERD, GERD adalah peristiwa di mana asam labung berproduksi terlalu berlebihan sehingga menimbulkan kenaikan asam yang membuat preut nyeri hingga sakit pada dada. Ternyata GERD yang akut juga bisa berpengaruh terhadap kambuhnya sinusitis.
  11. Terpapar asap rokok, smoking can kill you. Merokok bisa membunuhmu, itulah slogan yang selalu digaungkan produsen rokok  di tiap iklannya. Sayangnya pengguna rokok masih saja banyak jumlahnya. Perokok pasif yang menjadi korban lebih parah disbanding perokok aktif. Paparan terhadap asap rokok bisa membuat sinus kambuh. (baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)
  12. Akibat pencemaran lingkungan, pencemaran lingkungan seperti limbah dan juga asap industri bisa membuat berbagai penyakit muncul termasuk alergi yang memicu sinus.
  13. Mengidap HIV/AIDS, penyakit HIV/AIDS adalah penyakit ganas yang tak hanya mudah menular tetapi juga menjadi gerbang penyakit lainnya termasuk membuat sinusitis kambuh.
  14. Memiliki asma, jika anda sudah mengidap asma terlebih dahulu, maka sinusitis pun akan semakin mudah kambuh.
  15. Sinus Rithogenik, jenis sinus ini akan kambuh jika ada suatu kelainan dari hidung anda misalnya rhinitis karena alergi.
  16. Sinusitis Dentogenik, infeksi sinusitis jenis ini tak hanya membuat gigi geraham bagian atas anda mengalami gangguan, tetapi juga pasti sinusitis pun akan lebih mudah kambuh.
  17. Terlalu berlebihan menggunakan semprotan hidung, jika sinus anda kambuh, salah satu cara yang sering dilakukan adalah menggunakan semprotan hidung dekongestan. Memang mampu meredakan sakit namun hanya sementara.
  18. Naik pesawat, jika anda harus sering bepergian ke luar kota atau luar negeri dengan pesawat, jangan lupa untuk menyemprot hidung dengan semprotan dekongestan atau cara paling aman adalah menjaga kondisi tubuh. (baca juga: Penyebab Penyakit Pneumonia)
  19. Berenang dan menyelam, berenang di kolam renang umum hanya dapat memperparah penyait anda karena klorin di dalam kolam renang dapat membuat infeksi sinus. Sedangkan menyelam akan menekan bagian sinus anda lalu hidung pun bisa meradang.
  20. Udara kurang lembab, jika lendiri dari hidung terjebak di dalam saluran pernafasan dalam waktu yang tidak sebentar, maka flu pun semakin parah. Ditambah kalau anda berada di lingkungan yang udaranya kurang lembab dan cenderung kering, maka sinus bisa kambuh lagi.
  21. Polip, walau ukuran polip hidung itu cukup kecil dan tidak termasuk kategori ganas, maka sebaiknya anda tidak boleh meremehkan. Polip kecil sekalipun bisa membuat anda sulit bernapas dan menekan sinus, akibatnya kepala menjadi pusing. Dengan obat dari dokter polip masih bisa diatasi namun jika sudah akut, jalan satu-satunya hanya operasi. (baca juga: Cara Mengobati Asma)
  22. Tidak tahan udara dingin, jika anda tidak memiliki   daya tahan tubuh yang bagus dari suhu udara dingin, maka sebaiknya berjaga-jaga dengan syal, jaket tebal atau masker supaya tubuh tetap dalam kondisi hangat. Udara dingin akan merangsang sinus lebih mudah kambuh, gejalanya adalah bersin di pagi hari.
  23. Polutan kendaraan, asap knalpot dan polutan kendaraan tak hanya membuat mata perih dan nafas menjadi sesak, anda juga bisa mudah sakit jika terlalu seeing menghirup polutan kendaraan. Polutan kendaraan apalagi yang mengandung timbal akan memicu sinusitis anda kembali kambuh.
  24. Sering begadang, sinus akan lebih cepat kambuh dan justru akan semakin kambuh jika anda tidak menjaga kondisi tubuh. Sering begadang sampai larut malam akan mempercepa kambuhnya sinus kembali. Udara malam yang tidak baik untuk tubuh juga membuat berbagai penyakit datang.

Artikel lainnya:

Cara Awal Mengatasi Penyakit Sinusitis

Sponsors Link

Lebih berbahaya lagi adalah efek kambuh sinus anda akan pun lebih sakit dibandingkan sebelum menggunakna smeprotan hidung. Hal ini sering disebut dengan proses rebound. Dokter menyarankan untuk menggunakan semprotan dekongestan tak lebih dari empat sampai lima hari atau anda akan mengalami ketergantungan. Itulah 24 penyebab sinusitis yang bisa anda waspadai agar penyakit tersebut tidak kambuh. Supaya tahu cara mengatasinya, anda bisa juga membaca tips-tips di bawah ini:

  • Kompres hidung menggunakan air hangat

Sinusitis akan membuat lubang hidung anda tersumbat. Bila terjadi penyumbatan, maka kepala akan pusing dan bisa menyebabkan gangguan penglihatan jika terkenasyaraf kepala. Anda bisa merebus air hangat lalu uapkan ke hidung atau kompres handuk kecil atau sapu tangan hangat lalu diusapkan ke pipi dan bagian kepala yang mengalami infeksi sinusitis.

  • Melembabkan Hidung

Alirkan air ke hidung melalui alat yang disebut  neti pot. Dengan neti pot anda dapat menyemprotkan air ke lubang hidung bergantian. Campurkan air di dalam neti pot dengan garam dapur, sehingga penyumbatan akibat sinus bisa teratasi. Anda dapat melakukannya jika sinus belum terlalu parah.

  • Makan Nanas

Makan buah nanas ternyata dapat menyembuhkan sinusitis. Buah ini memiliki kandungan bromelain yang dapat mengurangi efek radang yang dipicu infeksi sinusitis. Perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh makan nanas bersamaan konsumsi obat sinus dari dokter. Bromelain akan menghilangkan pengaruh obat dokter tersebut menjadi sia-sia. (baca juga: Jenis-jenis Penyakit Batuk)

  • Uap dengan Minyak Kayu Putih

Cara ini sangat mudah dilakukan dan bisa disebut sebagai terapi tradisional. Anda rebus semangkok air panas, lalu beri sedikit air hangat supaya tidak terlalu panas. Campurkan beberapa sendok teh minyak kayu putih dan anda bisa menggunakannya sebagai terapi uap. Selama beberapa menit menguapkan hidung, akan keluar lendir yang menyiksa di hidung akibat sinus. Jangan memaksakan ingus keluar dengan usaha anda, biarkan lendir keluar secara alami.

  • Minum Banyak Air Mineral

Pantangan utama seorang penderita sinusitis adalah minum air dingin. Minum air dingin hanya membuat sinusitis semakin parah dan lendir semakin tersumbat. Jika anda ingin mengenyahkan lendir, seringlah minum air panas atau hangat. Air mineral dengan suhu hangat akan membantu pencairan lendir. Minum air mineral atau air putih akan membuat anda bisa mengeluarkan racun dari tubuh dan menjauhkan diri dari bahaya dehidrasi

  • Hindari Minum Teh, Kopi dan Alkohol

Apabila infeksi sinusitis menjadi semakin buruk, maka anda harus menjauhi minuman yang berbau alkohol serta kopi. Kopi, the dan bir akan memperburuk kesehatan anda. Kafein pada kopi dan teh memberiefek sulitnya nutrisi terserap tubuh dan juga imunitas menurun. Setelah pengobatan, anda bisa mengonsumsi the dan kopi lagi, akan tetapi malah dapat menyiksa and ajika terlalu berlebihan. Jauhi selamanya minuman alkohol.

  • Mengkonsumsi Makanan Pedas

Makanan dengan bahan yang merangsang indra penciuman ternyata juga sangat disarankan. Bahan makanan seperti cabe dan lada yang akan menyengat hidung jika dimakan karena pedas, rupanya bagus untuk penderita sinusitis.cabe bahkan memiliki manfaat untuk menambah kekebalan tubuh dengan vitamin C yang cukup tinggi. Namun anda harus menjaga porsi makanan pedas agar tidak menmperparah penyakit di lambung seperti maag.

  • Gunakan Filter Udara
ads

Mejadikan kondisi udara di dalam rumah dan lingkungan kerja menjadi bersih dan sehat juga dapat membuat sinusitis anda sembuh.  Pasang filter udara atau alat pengatur kelembapan di ruangan rumah dan kantor. Alat tersebut nantinya akan mengatur kelembaban serta menjaga temperature dalam ruangan tetap stabil. Jauhi bulu binatang peliharaan yang bisa memperparah penyakit. Anda bisa menggunakan filter udara untuk menyaring udara kotor, debu dan bakteri serta jangan lupa untuk mengecek secara berkala filter udara yang anda gunakan.

  • Minum Air Jahe

Siapa bilang jika jahe hanya bagus untuk menghangatkan tubuh saja? Banyak sekali khasiat dari jahe sehingga tumbuhan ini sering dimasukkan dalam resep herbal untuk mengatasi bermacam-macam penyakit. Anda bisa saja membuat minuman hangat dari satu ruas jahe yang direbus dengan dua gelas air. Minum dengan mencampurkan sedikit madu supaya manfaatnya lebih berlipat ganda. Jahe dikenal juga dapat membersihkan saluran tenggorokan sehingga seorang penyanyi bisa menyanyi dengan lebih baik. Lendir dapat dikeluarkan secara alami.

  • Hindari Minum Susu

Tidak selalu susu menjadi bahan minuman baik yang bagus untuk menangani sebuah penyakit. Susu dapat memperparah peradangan ketika sinus terjadi, dan akibatnya anda dapat mengalami nyeri yang luar biasa di bagian sinus, terutama jika anda alergi dengan komposisi gluten yang sering ada di dalam susu. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

  • Minum Jus Buah dan Tambahkan Minyak Oregano

Banyak orang percaya jika minyak oregano bisa menyembuhkan sinusitis. Kandungan dan bahan-abahan alami dari minyak oregano menjadikannya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan sinus. Zat antibiotic di dalam minyak tersebut menjadikannya bisa menurunkan efek buruk peradangan saat sinus kambuh. Bakteri dan jamur pun bisa dibasmi dengan mudah. Tambahkan  setetes minyak oregano ke dalam segelas jus buah atau campurkan ke minuman hangat biasa, selanjutnya leher dan juga hidung akan terasa hangat. Secara perlahan lendir akan keluar secara alami.

  • Minum Jus Stroberi

Minumlah jus stroberi karena minuman dengan bahan vitamin C tinggi ini dapat mengurangiefek inflamasi akibat sinusitis. Anda ambil saja dua buah stroberi kecil lalu blender sampai halus. Minum jangan dalam kondisi dingin. Jangan mencampurkan jus ini dengan gula. Untuk mengurangi kadar keasamannya, anda dapat menambahkan beberapa sendok teh madu asli. Madu yang palsu hanya akan memberikan rasa manis namun tidak menambah efek positif di dalam minuman. Minumlah rutin tiap hari untuk memperoleh manfaat yang banyak.

  • Obat Tetes Hidung Steroid

Pemakaian obat tetes hidung yang mempunyai kandungan  steroid juga dapat dipakai untuk mengobati  sinusitis. Obat ini hanya bisa diberikan oleh dokter yang telah memeriksa kondisi pasien secara langsung. Fungsi utama dari obatnya adalah mencegah efek meradangnya sinus berpengaruh ke organ lainnya. Penggunaannya pun sangat mudah karena hanya cukup dengan dismeprot ke kedua lubang hidung sampai terasa lega. Efek samping dari obat ini adalah mimisan, kering pada tenggorokan sampai rasa tidak nyaman di bagian hidung.

  • Pemberian Obat Antibiotik

Jenis obat yang sering digunakan dokter THT untuk pasien penderita sinusitis adalah antibiotic. Kegunaan antibiotic pastinya untuk mengurangi rasa sakit karena tekanan sinusdi dalam hidung atau wilayah pipi (sinus maksilaris). Jenis obat yang dipakai adalah amoxicilin dan trimethoprim-sulfamethoxazole. Jika dokter ingin memberikan jenis obat selain amoxicilin dan trimethoprim-sulfamethoxazole, harus dicek terlebih dahulu apakah pasien resistan terhadap antibiotik. Efek samping pemakaian antibiotik terlalu lama adalah mulut terasa kering dan tubuh terasa ringan. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

  • Tindakan Operasi

Mengenai keputusan operasi pada penderita sinusitis hanya bisa ditentukan oleh dokter yang memang menangani. Keputusan operasi pun tak mudah karena waktu pemulihan yang harus dijalani pasien juga menjadi cukup lama. Proses untuk menjalankan operasi ada dua jenis yaitu endoskopi dan pengangkatan jaringan abnormal pada hidung contohnya polip. Endoskopi adalah operasi yang bertujuan untuk membuka jalur pernafasan atau sinus menjadi bebas lendir dan cairan yang menyumbat akan dikeluarkan. Lendir yang bertumpuk dalam jangka waktu lama akhirnya berubah menjadi polip. Oleh sebab itu polip harus diangkat agar penderita atau pasien bisa lebih nyama dan tidak merasakan nyeri.

  • Terapi Suntikan Imunoterapi

Orang yang menderita sinusitis akibat alergi juga bisa menerima perawatan dokter dengan pemberikan terapi suntikan imunoterapi. Obat yang dimasukkan ke dalam tubuh adalah jenis obat untuk melawan penyebab alergi yang masuk ke dalam tubuh. Obat ini biasanya akan melawan penyeban alergi dan membuat sinusitis tidak muncul kembali. Perawatan ini harus dilakukan selama beberapa kali dan bisa dalam tahap jangka panjang. Perawatan bisa membuat penderita sembuh karena bisa melawan penyebab alergi. Namun perawatan ini juga bisa menyebabkan efek samping seperti tubuh yang mudah lemah dan terasa sangat lelah.

  • Pemijatan Alami dan Akupuntur
Sponsors Link

Pijat alami dan terapi tusuk jarum atau akupuntur sudah teruji  sangat baik untuk mengobati penyakit sinusitis. Kedua metode tradisional tersebut dipercaya dapat mengeluarkan lendir dari rongga sinus yang sulit keluar. Namun  tak boleh melakukan pijat dan akupuntur dengan orang yang belum  berpengalaman. Pijat biasanya dilakukan dengan menekan-nekan beberapa titik  di daerah rongga sinus. Tak jauh berbeda dengan metode akupuntur hanya saja bukannya dipijat, titik rongga sinus akan ditusuk dengan jarum yang harus steril dari kuman. Waktu yang dibutuhkan sampai benar-benar sembuh tidaklah singkat.

  • Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berolahraga adalah salah satu cara mudah dan murah agar system kekebalan tubuh anda tetap terjaga. Jika anda memiliki riwayat sinusitis lalu sembuh, jika tidak dijaga dengan baik kondisi tubuhnya maka serangan berikutnya bisa lebih parah. Rutin gerakkan tubuh dengan aktif, minimal jalan kaki di pagi hari selama lima belas menit di sekitar rumah juga sudah cukup membuat tubuh bugar.

Jika anda sudah mengetahui beberapa cara untuk menjaga agar penyebab sinusitis tak lagi kambuh, di bawah ini kita akan mengetahui beberapa tanaman yang bermanfaat menjadi ramuan herbal untuk mengobati sinusitis:

  • Daun Sambiloto

Gunakan daun sambiloto untuk pengobatan sinusitis di rumah. Daun ini sudah sering digunakan dalam ramuan herbal termasuk untuk mengeluarkan lendir yang buntu. Cara membuat ramuannya, pilih beberapa lembar daun sambiloto, bersihkan lalu haluskan. Setelah halus maka beri air bersih dan campurkan adonan daun, peras sambil diambil sarinya. Anda bisa meneteskan sari daun sambiloto ke lubang hidung yang terkena sinusitis. Jika sudah sampai kerongkongan pasti anda akan merasa pahit sekali .

  • Cuka Apel

Apel memiliki manfaat yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di tubuhkita. Apel sudah dibuat dalam berbagai bentuk. Dari keripik apel, minuman apel sampai kue. Cuka apel ternyata dapat menjadi obat untuk sinusitis. Untuk membuat ramuan herbal dari cuka apel juga tidaklah sulit. Tuang sebanyak 2 sendok teh cuka apel, lalu masukkan 1 ssendok teh madu di dalam air secukupnya. Aduk madu, cuka apel dan air sampai benar-benar tercampur merata. Minuman herbal dari cuka apel ini sebaiknya diminum sebanyak tiga kali sehari sampai sinusitis anda membaik.

  • Kulit Manggis

Buah manggis kaya manfaat. Ingat dengan tagline ekstrak buah manggis yang populer sampai dibuat permainan di smartphone? Nah rupanya tak hanya buahnya yang kaya khasiat, kulitnya pun sangat berguna untuk menyembuhkan sinusitis. Untuk membuat ramuan herbalnya, anda kupas kulit manggis lalu potong menjadi kecil-kecil.  Kemudian jemur potongan kulit manggis tersebut sampa kering sepenuhnya. Jika sudah mongering, seduh dengan air panas lalu minum secara rutin sebagai pengobatan herbal sinusitis. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

  • Sereh

Seatau juga bisa disebut serai, tak hanya menjadi bumbu penyedap rasa saat anda berkutat mengolah masakan di dapur. Siapkan  serai, bisa juga dicampur dnegan madu untuk dibuat sebagai minuman herbal. Anda tak perlu membeli obat anti-bakteri yang mahal karena serai bisa menjadi obat yang sangat pas untuk menyembuhkan sinusitis.

Serba-serbi mengenai penyebab dan cara mengatasi sinusitis di atas semoga bisa menambah khazanah dan wawasan anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab