Sponsors Link

7 Penyakit Yang Menyebabkan Batuk Berdarah yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Sebelumnya kita harus mengetahui definisi dari batuk berdarah. Batuk berdarah juga disebut juga dengan hemptysis, merupakan suatu kondisi yang termasuk ke dalam kondisi medis serius karena seseorang yang mengalami batuk berdarah diketahui bahwa dia terkena infeksi, kanker, atau juga disebabkan karena dia mengalami masalah pada paru – paru maupun juga pada pembuluh darah. Adapun darah yang dikeluarkan ketika batuk biasanya berasal dari paru – paru, tenggorokan, atau juga bisa berasal dari perut. Baca tentang batuk disertai cegukan.

Perlu anda ketahui bahwa kondisi ini memang umum terjadi pada seseorang, dan batuk berdarah tersebut diketahui lebih menyerang atau di alami oleh para wanita dibandingkan dengan dialami oleh pria dan juga penyakit batuk berdarah ini bisa dialami oleh seseorang dalam usia apapun, mulai dari anak – anak sampai orang tua sekalipun tak luput dari batuk berdarah.

Gejala atau Tanda – Tanda yang Mengindikasikan Terkena Batuk Berdarah

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai beberapa gejala yang merupakan sebuah indikasi bahwa anda kemungkinan mengalami batuk berdarah.

  • Pusing atau sakit kepala
  • Nyeri dada
  • Mengalami sesak nafas
  • Demam

Mungkin masih ada beberapa gejala atau tanda lainnya yang belum kami sebutkan karena memang setiap gejala yang di alami oleh seseorang kemungkinan akan berbeda dengan orang lain. Maka dari itu, penting bagi anda untuk selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan anda mengenai kondisi yang anda alami saat ini agar nantinya dokter bisa memberikan saran maupun juga anjuran yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda. Baca batuk berdahak putih.

Selain itu, jika anda ingin melakukan pengobatan terhadap penyakit tersebut, maka sudah pasti sebelumnya anda terlebih dahulu harus mengetahui penyakit yang menyebabkan batuk berdarah. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai penyakit yang menyebabkan batuk berdarah agar nantinya dapat mempermudah anda mengenai penyebab sebenarnya dari batuk berdarah yang anda alami.

  1. Infeksi

Penyakit yang menyebabkan batuk berdarah yang pertama adalah disebabkan karena anda terkena infeksi yang mana infeksi yang anda alami menyerang sistem pernapasan anda. Dan dari infeksi inilah anda bisa mengalami berbagai macam jenis penyakit, mulai dari bronkitis, TBC, atau penyakit lainnya. Dan kesemua penyakit itu kebanyakan akan membuat anda mengalami batuk berdarah yang harus segera anda tangani. Oleh karena itu, jika anda mengalami tanda yang menunjukkan bahwa anda terkena salah satu penyakit saluran pernapasan, maka anda harus segera menghubungi dokter untuk dilakukan penanganan secepatnya. Baca batuk karena penyakit jantung.

2. Tumor

Penyakit yang menyebabkan batuk berdarah yang kedua adalah tumor. Penyakit tumor tersebut biasanya akan melekat pada paru – paru anda dan dinamakan dengan tumor karsinoma paru – paru. Tumor ini sangat berbahaya terlebih jika anda tidak segera mengobatinya. Maka dari itu, anda harus selalu mengecek kondisi paru – paru anda jika anda merasakan rasa yang tidak enak yang terjadi di area sekitar paru – paru.

3. Penyakit Jantung atau Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit yang menyebabkan batuk berdarah yang nomer tiga adalah karena anda mengalami penyakit jantung atau yang juga biasa disebut dengan penyakit kardiovaskuler. Penyakit jantung inilah yang biasanya menjadi sebab dada anda sering mengalami rasa sakit. Maka dari itu, jika anda mengalami tanda – tanda yang menunjukkan anda terkena penyakit jantung, maka anda harus segera berkomunikasi dengan dokter anda.

4. Kanker Paru-Paru

Kanker paru – paru juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa anda mengalami batuk berdarah. Kanker ini bisa menyerang siapa saja, tidak peduli pria maupun wanita. Kebanyakan orang yang mengalami kanker paru – paru karena dia sering mengkonsumsi alkohol maupun merupakan perokok aktif dan pasif.

Jadi anda harus menghindari penggunaan rokok maupun juga alkohol agar anda terhindar dari kanker paru – pau yang mana kanker ini juga merupakan salah satu kanker yang menyebebkan seseorang meninggal dunia. Baca juga tentang batuk karena masuk angin.

5. Mengalami Kelainan pada Pembuluh Darah

Seseorang yang mengalami kelainan pada pembuluh darah, maka dia juga bisa berpotensi terkena batuk berdarah terutama pembuluh darah yang terdapat pada paru – paru. Pembuluh pada paru – paru ini memiliki peran penting untuk mengalirkan darah pada paru – paru, jadi bila pembuluh tersebut mengalami kelainan atau masalah lainnya maka bisa menyebabkan seseorang tersebut akan batuk mengeluarkan darah.

6. Mengalami Iritasi pada Tenggorokan

Penyakit yang menyebabkan batuk berdarah selanjutnya adalah karena anda mengalami iritasi yang terjadi pada tenggorokan. Biasanya iritasi tersebut disebabkan oleh sensasi atau rasa gatal yang anda alami dan rasa gatal tersebut tidak kunjung sembuh meskipun sudah anda obati. Biasanya rasa gatal yang anda alami akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu. Nah, jika anda mengalami tanda seperti itu, maka tentunya anda harus segera mengunjungi dokter untuk segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan medis.

7. Menderita Kelainan Hematologi

Penyakit yang menyebabkan batuk berdarah yang terkahir adalah karena anda terindikasi mengalami kelainan hematologi. Kelainan tersebut biasanya disebabkan karena adanya disfungsi trombosit, maupun juga DIC atau yang biasanya disebut dengan disserminated intravascular coagulation. Baca penyebab paru-paru sakit jika batuk.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab