Sponsors Link

Virus Penyebab Flu Burung Yang Harus Anda Waspadai

Sponsors Link

Apakah anda pernah tahu tentang flu burung? Ya, salah satu penyakit yang sempat menjadi heboh beberapa tahun yang lalu ini memang merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mana tidak sedikit orang yang meninggal akibat penyakit ini. Seseorang yang terindikasi menderita flu burung harus segera diisolasi atau diasingkan karena sangking mudahnya penyakit ini menular kepada orang lain meskipun pada waktu itu orang yang tertular flu burung dalam kondisi yang baik namun tidak menghalangi virus dari flu burung untuk menyerang orang tersebut.

Akan tetapi, dibalik setiap kehebohan yang terjadi pada waktu itu yang bahkan sampai diberitakan oleh media asing, apakah anda tahu definisi yang sebenarnya dari flu burung? Dan apakah anda tahu apa hal sebenarnya yang menjadi sebab seseorang terjangkit virus flu burung? Untuk menjawab semua itu, maka pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kepada anda semua mengenai pengertian dan juga virus penyebab flu burung yang mungkin saja anda belum tahu. Sebelum itu, kami ingin memberikan informasi kepada anda tentang informasi yang tidak kalah penting seperti Karakteristik Virus Influenza dan juga Sifat Virus Flu Burung.

Pengertian Flu Burung

Flu burung merupakan sebuah penyakit infeksi virus yang pada mulanya menyebar dari burung ke burung dan setelah itu menyebar ke manusia. Seperti yang telah dijelaskan bahwa flu burung termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mudah menular.

Virus flu burung pertama kali menyebar pada unggas yang ada di Mesir dan kemudian menyebar ke Benua Asia. Meskipun pada dasarnya ada banyak jenis dari virus flu burung, namun virus flu burung yang paling umum dan sangat dikhawatirkan oleh para petugas kesehatan yakni virus H5N1 dan juga H7N9 yang merupakan penyebab dari penyakit yang sangat membahayakan ini. Perlu anda tahu bahwa virus yang menyebabkan seseorang menderita flu burung banyak ditemukan pada burung liar meskipun memang kelihatannya burung liar jika anda pertahikan kondisinya tampak lebih sehat dan jarang terkena penyakit.

Dahulu virus flu burung tidak ditularkan dari unggas kepada manusia, namun sejak sekitar tahun 1997 beberapa orang telah terindentifikasi terkena virus flu burung. Tentu kabar ini langsung heboh dan mengejutkan semua pihat terutama mereka yang berkecimpung di dunia kesehatan karena awalnya memang virus jenis ini tidak sampai menyerang atau menular kepada manusia. Bahkan orang – orang yang bekerja di peternakan pun akan langsung kebingungan dan parno ketika mereka mendapatkan informasi bahwa virus flu burung bisa menyerang manusia dan menjadi sebab orang tersebut meninggal dunia.

Sejak saat itu lah pada ahli kesehatan menghimbau kepada para masyarakat untuk segera memeriksakan kondisinya karena dikhawatirkan ia terserng virus flu burung tanpa ia sadari dan bahkan dikhawatirkan virus tersebut sudah menyebar ke seluruh tubuhnya. Selain itu, para ahli kesehatan juga menyarankan agar supaya dilakukan vaksinasi besar – besaran untuk setiap unggas yang ada. Dan ketika mereka menemukan bahwa ada unggas yang secara positif terkena virus flu burung, maka unggas tersebut akan langsung dibunuh dengan cara dibakar agar supaya virus tersebut tidak sampai menyerang ke manusia.

Virus Penyebab Flu Burung

Setelah kita membahas mengenai pengertian atau definisi dari flu burung, maka anda juga harus mengetahui apa sebenarnya yang menjadi virus penyebab flu burung karena dengan mengetahui penyebab dari penyakit yang anda alami, maka tentu dokter bisa mengetahui seperti apa pengobatan atau penanganan yang paling tepat.

1. Virus H5N1

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa virus penyebab flu burung adalah sebuah virus yang diberi nama H5N1. Sebenarnya virus flu burung merupakan virus yang dikaitkan dengan virus influenza tipe A dari keluarga Orthomyxoviridae dimana keluarga dari virus jenis ini memang terkenal sangat berbahaya.

Namun jika kita membahas secara umum, mekanisma kerja dari flu burung tidak jauh berbeda dengan virus lain pada umumnya. Awalnya virus jenis ini akan menempel pada permukaan kulit yang ada pada bagian tubuh tertentu dan kemudian masuk ke dalam sel tubuh. Beberapa waktu setelah itu maka virus ini akan semakin lama semakin berkembang biak dan kemudian akan menyebar ke seluruh tubuh. Tentu kondisi ini tidak boleh anda anggap remeh dan tidak jarang seseorang yang sudah terindikasi terkena virus flu burung, namun ia tidak sadar bahwa orang tersebut benar – benar sedang terjangkit virus H5N1 atau flu burung.

Virus H5N1 memang merupakan salah satu virus berbahaya yang bisa membuat penderitanya meninggal dunia. Virus jenis ini memang sering menyerang orang – orang yang tinggal di Benua Asia yang pada waktu itu sampai membuat heboh dan banyak media massa maupun media elektronik yang memberitakan masalah ini.

Seseorang yang sudah terindikasi terserang penyakit ini atau virus H5N1 akan mengalami beberapa kondisi seperti di bawah ini:

  • Demam tinggi
  • Sakit tenggorokan yang muncul secara tiba – tiba
  • Batuk
  • Keluarnya ingus atau lendir secara tiba – tiba
  • Nyeri otot
  • Lemas, dan lain sebagainya

Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka tidak ada cara lain yang harus anda lakukan selain segera menghubungi dokter agar supaya dokter bisa segera melakukan diagnosa dan tindakan pencegahan apakah anda benar – benar terkena virus flu burung atau tidak.

2. Virus H7N9

Pembahasan kita yang kedua mengenai virus penyebab flu burung adalah tentang H7N9. Virus jenis ini memang beberapa tahun yang lalu sempat terkenal atau viral karena sudah banyak merenggut korban, baik korban selamat maupun korban meninggal. Selain jenis virus H5N1, virus H7N9 juga sempat menyerang Indonesia dan membuat heboh masyarakat. Memang virus ini menyerang beberapa negara yang ada di Benua Asia, antara lain Bangladesh, India, Filipina, Indonesia, dan juga Vietnam karena negara – negara tersebut juga termasuk negara yang memiliki pasar burung terbesar yang ada di wilayah Benua Asia.

Sempat ada sebuah Peta yang dipublikasikan oleh Journal Nature Communications yang sempat memberikan peta lokasi berupa tempat mana saja yang mungkin bisa terserang virus ini sehingga akan lebih mudah dalam membantu para ahli kesehatan untuk melakukan penanganan secepatnya sebelum virus tersebut benar – benar berkembang biak dan menyebabkan kematian. Dan berdasarkan hasil dari pantauan tersebut menunjukkan bahwasanya meskipun sudah ada pengawasan yang sangat ketat terhadap virus H7N9, terutama untuk daerah yang berada di provinsi bagian tengah maupun yang berada di bagian selatan Cina, masih belum mampu untuk melakukan pencegahan atau penekanan terhadap penyebaran dari H7N9.

Dan bahkan ada yang berpendapat bahwasanya terdapat indikasi yang lebih besar terhadap penyebaran yang dilakukan oleh virus H7N9 dibandingkan dengan penyebaran yang terjadi pada manusia seperti yang pada waktu itu sempat membuat masyarakat dunia heboh dan memunculkan ketakutan bagi mereka yang berkecimpung di dunia peternakan.

Cara Penularan Virus Flu Burung

Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara penularan virus flu burung yang mungkin belum anda ketahui. Dengan mengetahui informasi ini maka akan memudahkan untuk lebih berhati – hati jangan sampai anda sembarangan melakukan kontak dengan orang lain, terutama mereka yang sudah lama bergelur di dunia peternakan.

Namun hal ini bukan berarti anda harus curiga terhadap setiap peternak unggas karena tidak semua peternak terkena virus flu burung selagi mereka mau menjaga kesehatan ternaknya dan juga kesehatan lingkungannya.

1. Bersentuhan dengn hewan yang sakit

Cara penularan virus flu burung yang pertama melalui sentuhan. Jika anda menyentuh hewan yang sedang sakit, maka disarankan untuk tidak menyentuhnya secara langsung atau bahkan tidak perlu menyentuh sama sekali karena hal ini bisa mengindiksikan anda terjangkit virus flu burung.

2. Mengkonsumsi makanan dari unggas yang sakit

Ketika unggas tersebut diolah menjadi sebuah makanan dan anda tidak sengaja memakan makanan olahan tersebut, maka hal ini bisa menjadi sebab anda terkena virus flu burung. Maka dari itu, anda harus benar – benar mengetahui kondisi daging maupun telur yang ingin anda makan.

3. Lingkungan

Penyebaran virus flu burung juga bisa terjadi dari lingkungan yang tidak bersih. Mungkin anda pernah melihat ada sebuah peternakan unggas dengan kondisi lingkungan atau kandang yang tidak bersih. Hal ini bisa menjadi sebab unggas tersebut terkena virus flu burung.

Selain itu, akibat lingkungan yang tidak bersih maka akan menyebabkan udara yang ada di sekitar juga tidak bersih sehingga hampir bisa dipastikan bahwa kondisi tersebut memiliki potensi yang lebih besar dan merupakan tempat yang sangat cocok untuk perkembangbiakan virus flu burung.

4. Manusia ke manusia

Penyebaran lain dari virus flu burung adalah melaui manusia ke manusia. Hal ini merupakan cara penularan yang sering dialami dimana korban sebelumnya telah bersentuhan dengan seseorang yang terkan virus flu burung. Jika sudah seperti ini, maka tidak ada cara lain lagi selain membawanya ke dokter untuk dilakukan tindakan pencegahan agar virusnya tidak semakin menyebar.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Kami juga menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi lain seperti Obat Tradisional Flu BurungCara Penularan Flu Burung dan juga mengenai Perbedaan Flu dan Pilek.

, , , ,