Sponsors Link

Sakit Tenggorokan Sebelum Flu : Penanganan dan Perawatanya

Sponsors Link

Sakit tenggorokan umumnya terjadi dan dialami oleh sebagian besar orang, sebagai tanda awal sebelum flu menyerang. Bisa dibilang sakit tenggorokan ini adalah salah satu gejala orang yang akan mengalami influenza. Tenggorokan yang tiba-tiba menjadi sakit dan terasa kering ini terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus di sekitar saluran pernafasan atas kita (hidung, tenggorokan dan paru-paru). Sakit tenggorokan umumnya lebih sering menyerang anak-anak hingga cara mengobati flu dengan bawang merah  usia remaja.

ads

Sementara flu atau influenza itu sendiri merupakan jenis penyakit yang juga sering dialami orang dan penyebabnya adalah virus flu yang mudah sekali menyebar di udara sekitar kita. Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang menurun, maka mudah sekali terkena sakit flu. Maka dari itu, jika memang mulai merasakan sakit tenggorokan tapi belum mulai flu, cegahlah dengan mengetahui cara menanganinya sinusitis kambuh setelah operasi  dan menjaga pola makan dengan baik.

Penanganan Sakit Tenggorokan Sebelum Flu

Sakit tenggorokan yang sedang dialami seseorang, diawali dengan munculnya gejala batuk-batuk biasa, setelahnya tenggorokan akan terasa gatal, bahkan saat berbicara rasa gatal di tenggorokan akan muncul. Masalah sakit tenggorokan tentunya tidak boleh dibiarkan lama karena cukup menggangu aktifitas kita. Perlu penanganan khusus seperti pemberian obat apotek maupun obat alami yang bahan-bahanya dapat dibuat dirumah. Berikut ini beberapa penanganan untuk atasi sakit tenggorokan sebelum flu :

Berkumur dengan Cuka Apel dan Garam

Apakah batuk yang dialami seperti meradang ? maka hal tersebut sering flu saat bangun tidur dapat ditangani dengan 1 sendok makan cuka apel yang sudah dicampur dengan 2 sendok the  garam. Kemudian larutkan dalam air panas. Coba untuk berkumur setiap hari, campurkan dengan air panas ya.

  • Berhenti merokok

Punya kebiasaan merokok? Mungkin inilah yang membuat sakit tenggorokan malah menjadi semakin parah. Zat kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok mudah sekali melukai dinding tenggorokan kita. Berhentilah merokok bagi para perokok aktif agar tidak mudah mengalami sakit tenggorokan.

  • Permen Pelega Tenggorokan

Obat alami yang paling gampang untuk menangani sakit tenggorokan sering bersin dan mata gatal  adalah dengan permen pelega tenggorokan. Permen ini dapat menghasilkan efek dingin dan anti radang di tenggorokan. Permen ini bisa dibeli di apotek atau warung terdekat.

  • Minum Air Putih dan Cairan Jenis Lainya

Saat sakit tenggorokan, sebaiknya hindari jenis minuman-minuman yang tidak sehat dan minum air putih yang banyak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa minum teh jahe madu yang hangat, teh hijau hangat atau sup ayam hangat. Semua minuman ini memiliki efek anti peradangan untuk tenggorokan.

Perawatan Sakit Tenggorokan Sebelum Flu

Selain penanganan yang baik, sakit tenggorokan juga harus diberikan perawatan khusus agar segera sembuh. Tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu berlebihan, cukup sering terkena flu dan demam lakukan beberapa hal sederhana berikut :

  • Hindari Sumber Alergi, sakit tenggorokan bisa jadi karena dipicu oleh iritasi seperti polutan dan debu
  • Hindari Makanan Pemicu Sakit Tenggorokan, jika sudah merasakan tanda-tanda sakit tenggorokan, sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi makanan berminyak serta pedas
  • Menjaga kebersihan, penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri, maka kita perlu menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitizer saat berpergian
  • Hentikan kebiasaan merokok, stop untuk merokok dan hindari asap rokok untuk terhindari dari sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan yang merupakan salah satu gejala awal vitamin untuk flu  dari flu sebaiknya segera diatasi dengan penanganan yang tepat. Pengobatan alami di atas bisa jadi solusi untuk mempercepat proses penyembuhanya dan mencegah flu.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu