Sponsors Link

Batuk Karena Asam Lambung: Dampak dan Penyebabnya

Sponsors Link

Adanya rasa panas di dada hingga menjalar sampai ke bagian dari pangkal tenggorokan dan mengalami sesak nafas adalah gejala yang biasanya di sebabkan oleh naiknya asam lambung. Dan batuk juga merupakan gejala umum akibat dari naiknya asam lambung. Biasanya, pada batuk yang di sebabkan oleh asam lambung biasanya di sertai dengan tanda khas yaitu adanya rasa nyeri di bagian ulu hati, rasa nyeri ini akan semakin terasa pada saat pasien berbaring, disertai dengan rasa terbakar yang akan merambah ke bagian dada dan rasa pahit di daerah lidah.

Refleks inilah yang pada akhirnya menyebabkan reaksi batuk – batuk. Gejala tersebut tentunya akan berbeda dengan ciri-ciri batuk akan sembuh. Batuk karena adanya asam lambung biasanya akan terlihat seperti ciri – ciri batuk alergi, batuk – batuk biasa dan bahkan seperti gejala masuk angin. Karena terkadang banyak yang berfikir faktor polusi dan perubahan cuaca penyebab tersering terjadinya batuk. Adanya penyakit asam lambung atau juga di kenal dengan istilah medis GERD/Gastroesophageal Reflux Disease tidak hanya menyerang lambung namun juga menyerang bagian kerongkongan bawah. Berikut penyebab batuk karena asam lambung:

1. Iritasi

Adanya pengaruh dari asam lambung yang secara tidak sengaja naik ke kerongkongan yang pada akhirnya menyebabkan kerongkongan menjadi bersifat asam yang berlebihan hingga menyebabkan suatu iritasi pada daerah kerongkongan dan dinding lambung. Ini juga merupakan salah satu kegagalan dari penurunan kekuatan otot lower esophageal sphincter atau LES yang biasanya penyebabnya masih jarang di ketahui. Gejala yang di timbulkan biasanya berupa regurgitasi dan hearth burn, asam lambung ini juga biasanya di susul dengan beberapa gejala – gejala yang bersifat atipikal lain. Yang pada umumnya telah menjalar ke bagian hidung, paru yang berupa batuk kronis maupun asma, telinga dan tenggorokan.

2. Reaksi Inflamasi

Adanya penjelasan dari teori crausz refluks tentang sebuah reaksi refluks gastroesofageal yang akan menyebabkan terjadinya sebuah reaksi inflamasi. Terjadinya refleks vagal bronkhokonstriksi dan stimulasi reflex esofagopulmonaris yang kemudian akan menyebabkan bronkospasme.

Itulah 2 penyebab umumterjadinya batuk karena asam lambung, adanya reaksi GERD dapat menimbulkan batuk dengan cara mengaktivasi jalur dari aferen pusat refleks batuk yang terjadi akibat sebuah iritasi saluran pernafasan bagian atas tanpa adanya proses aspirasi, dapat juga menimbulkan sebuah iritasi yang mengenai saluran nafas bagian bawah akibat makroaspirasi atau proses mikroaspirasi. Berbagai penilitian lain juga menghubungkan tentang stimulasi refleks batuk yang terjadi di daerah esofago bronkial, ini merupakan sebuah refluks di dalam isi lambung ke arah distal dari esofagus yang akan menyebabkan batuk melalui sebuah mekanisme refleks dari batuk neural. Sedangkan dampak yang ditimbulkan adalah sebagai berikut:

1. Dampak Terhadap Esofagus

Pada umumnya, jika terjadi naiknya asam lambung menyebabkan batuk tentu saja akan berdampak juga pada saluran esofagus. Pada kasus refluk asam lambung kronis binya menimbulkan sebuah borok atau luka terbuka pada lambung yang akan terasa sakit dan tentu saja berdarah. Saluran dari esofagus akan mengalami penyempitan jika saja luka tersebut telah sembuh dan membentuk bekas luka. Sel – sel bagian bawah esofagus akan mengalami perubahan bentuk menyerupai sel – sel perut ketika terjadi sebuah kondisi barret esophagus ini di sebabkan adanya keluhan refluks lambung yang terjadi secara sering dan berkepanjangan. Kondisi ini juga meningkatkan terjadinya kanker esofagus.

2. Dampak Terhadap Pita Suara dan Tenggorokan

Dampak dari adanya refluks asam lambung yang di sertai batuk akan naik hingga menuju ke bagian esofagus atas dari perut hingga menyebar di tenggorokan, daerah pita suara dan juga laring. Sedangkan area laring dan kebanyakan tempat lain di sekitar tenggorokan sebenarnya lebih sensitif terhadap asam lambung jika di bandingkan dengan daerah esofagus atau area perut. Kondisi atau dampak ini akan menyebabkan beberapa gejala seperti sakit tenggorokan, batuk kronis dan suara yang menjadi serak.

3. Dampak Terhadap Gigi dan Mulut

Tentunya jika aliran dari asam lambung yang telah tumpah mengenai bagian dalam dari area belakang tenggorokan akan menyebabkan adanya rasa pahit atau adanya rasa asam pada aera mulut yang di sertai adanya bau mulut. Sedangkan asam lambung yang telah mengenai area gigi tentunya akan menyebabkan pembusukan gigi dan bau mulut. Penyebab asam lambung yang naik hingga mencapai daerah mulut adalah adanya kemungkinan yang lebih tinggi saat penderita sedang berbaring karena posisi horizontal tersebut. Karena jika terjadi saat posisi berdiri maja tekanan dan gaya gravitasi akan berusaha mencegah naiknya asam lambung menuju mulut. Sedangkan adanya gejala mulut kering bisa karena proses pengobatan maupun tindak lanjut daeri adanyanya kebocoran asam lambung hingga sampai ke daerah mulut.

4. Dampak Terhadap Saluran Nafas dan Paru – Paru

Dampak yang di timbulkan untuk daerah ini adalah pemicu terjadinya asma. Karena beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang menderita asam lambung tinggi cenderung lebih mudah terkena asma. Adanya refluks asam lambung akan memperburuk dan memicu reaksi asma. Adanya perkembangan dari pneumonia, bronkhitis kronis dan emphysema juga akan terjadi jika danya refluks lambung yang terjadi secara terus menerus.

5. Dampak terhadap Sinus san Gangguan Telinga

Batuk karena refluks asam bisa menggangu daerah tuba eustachia, ini adalah daerah tuba dimana penghubung dari tenggorokan dan telinga. Ini akan menyebabkan infeksi pada saluran di telinga tengah. Sedangkan refluks asamlambung yang masuk melewati esofagus akan menyebabkan beberapa masalah pada sinus. Terkadang refluks asam lambung akan menyebabkan keluhan berupa inflamasi sinus yang terjadi secara berkepanjangan.

Fakta Mengenai Batuk Karena Terjadinya Asam Lambung

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara asam lambung dengan adanya batuk kronik berkisar antara 10 hingga 36%, ini merupakan penyebab batuk krinik nomor tiga setelah urutan dari kasus UACS atau upper airway cough syndrome dan juga CVA atau cough variant asthma. GERD dapat menyebabkan danya gejala dari batuk kering dan juga reaksi spasmodik.  Karena pada dasarnya asam lambung yang berlebihan atau mengalami reflux akan bisa menyebabkan batuk – batuk disertai gejala flu walaupun akan berbeda dengan ciri-ciri batuk kronis. Khususnya dalah gejala batuk yang timbul pada saat malam hari.

Biasanya ini terjadi jika asupan makanan yang tidak mencukupi dan pola makan yang tidak teratur, selama makan pagi, siang, malam dan ketika hendak tidur. Sedangkan kondisi dimana terjadinya reflux atau asam lambung berlebih juga di akibatkan ketika seseorang menyantap makanan dalam prosi besar ketika perutnya sedang kosong atau gejala asam lambungnya telah muncul. Ketika asam lambung secara tiba – tiba mengalami kenaikan maka serat cincin yang merupakan sebuah katup dari saluran pencernaan yang di namai sfringer akan menutup makanan agar tidak ikut naik ke atas dan mencapai tenggorokan. Diagnosis batuk yang di sebabkan oleh naiknya asam lambung biasanya akan di sertai berbagai gejala umum seperti yang telah di jelaskan di awal artikel, berupa heartburn atau rasa panas di dada yang akan di sertai dengan adanya regurgitasi.

Terapi Batuk Yang Disebakan Oleh Asam Lambung

Ada banyak dampak batuk dan akibat flu terlalu lama yang mungkin akan menjadi semakin parah bila tidak di tangani dengan tepat. Sedangkan gejala flu dikarenakan asam lambung yang telah naik keatas dan menyebabkan kerongkongan pasien atau penderita asam lambung tersebut akan berlendir, terasa gatal dan bahkan di iringi dengan adanya sesak nafas. Ketika mengalami gejala – gejala tersebut pastinya seseorang akan mencari tau tentang penyebab flu tidak kunjung sembuh, ini biasanya di karenakan kekhawatiran tentang gejala penyakit yang di deritanya. Penyakit batuk yang di sebabkan oleh naiknya batuk karena asam lambung memang memerlukan beberapa jenis terapi. Bahkan beberapa penanganan selain obat – obatan juga bisa di lakukan. Berikut beberapa panduannya :

  • Menghindari Polusi

Walaupun tidak mengalami hubungan secara langsung, namun adanya pengaruh polusi, udara yang kotor dan debu akan memperburuk kondisi batuk yang di alami. Maka sebisa mungkin harus tetap menghindari hal – hal buruk tersebut. Pergunakan masker baik itu masker udara atau masker biasa ketika sedang terjangkit penyakit ini.

  • Menghindari Berbagai Allergen

Jika batuk yang di alami kembali parah dengan adanya pemicu – pemicu tertentu, maka solusi terbaik adalah menghindari alergen tersebut dalam sementara waktu. Ketahui terlebih dahulu faktor apa yang memperburuk batuk tersebut dan hindarilah. Karena banyak sekali jenis alergen, maka cari tahu penyebab yang membuat batuk anda menjadi lebih sensitif.

  • Mengkonsumsi Jahe

Terlepas dari berbagai efek samping yang mungkin di timbulkan oleh jahe, justru sebenarnya jahe sangat baik untuk batuk dan melegakan pernafasan, asalkan tidak di konsumsi secara berlebihan maka tidak akan ada bahaya yang serius. Bahkan beberapa penanganan pada batuk mislnya saja pada batuk kering sangat efektif menggunakan air jahe hangat. Selain dari penanganan batuk, jahe juga baik untulk kesehatan tubuh.

  • Perubahan Gaya Hidup

Lakukanlah perubahan gaya hidup hingga penyakit batuk yang di sebabkan oleh asam lambung tidak semakin parah. Jauhi merokok, kebiasaan merok tentunya akan memperburuk tingkat keparahan batuk tersebut. Selain rokok anda juga harus menjauhi teofilin dan alkohol. Jangan langsung berbaring setelah makan karena ini akan memicu naiknya asam lambung dari perut ke atas apalagi ketika keadaan perut sedang kosong sebelum anda makan. Jangan langsung mengkonsumsi dalam prosi banyak.

  • Mengkonsumsi Air Sari jeruk Nipis

Cobalah menggunakan air perasan jerik nipis dengan campuran madu dan air panas. Minumlah rutin sebanyak 3 kali sehari untuk menghindari gatal tenggorokan dan menyembuhkan batuk yang di derita. Air jeruk nipis semenjak dari dulu di pakai dalam pengobatan tradisional batuk

Demikianlah informasi tentang batuk yang terjadi akubat naiknya asam lambung. Ada berbagai panduna pengobatan yang bisa di lakukan jika terkena penyakit tersebut. Namun tindakan pencegahan sebenarnya lebih di anjurkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab