Sponsors Link

Batuk Seperti Mau Muntah Terus-Menerus? Ketahui 6 Masalahnya

Sponsors Link

Batuk sebenarnya memang bukan termasuk kedalam kategori penyakit secara umum, namun merupakan suatu gejala, pertanda dan reaksi dari berbagai penyakit lainnya. Batuk merupakan sebuah reaksi tubuh terhadap berbagai iritasi pada saluran pernafasan karena adanya berbagai ransangan tertentu atau bisa juga karena adanya proses mekanisme pertahanan tubuh yang terjadi di saluran pernafasan telinga, hidung dan tenggorokan untuk menghadapi berbagai gangguan. Gangguan – gangguan tersebut bisa berupa benda asing, makanan, asap, debu atau lendir. Batuk akan terjadi bila ransangan – rangsangan tersebut di salurkan menuju syaraf pusat dari batuk ke otak melalui berbagai reseptor yang bertugas untuk menyampaikan ransangan kepada otot- otot tubuh manusia agar segera mengeluarkan benda asing tersebut. Karena batuk merupakan mekanisme refleks tubuh, maka ada juga beberapa penyebab batuk pada bayi yang mungkin masih jarang diketahui.

Sedangkan jenis batuk sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis batuk akut yang waktu terjadinya mendadak dan relatif singkat dan juga batuk kronik dimana batuk ini lebih lama dan memiliki progresif yang buruk. Pada orang dewasa jika terjadi batuk kronik maka di anjurkan untuk mengkonsumsi obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa. Batuk yang dinyatakan kronis jika berlangsung selama lebih dari 14 hari hingga 3 bulan. Walaupun batuk adalah refleks tubuh yang tentunya di sertai dengan berbagai gejala penyerta, namun ada beberapa jenis dan ciri batuk yang patut di waspadai. Salah satunya dalah jika anda mengalami batuk seperti mau muntah, karena batuk yang timbul secara berlebihan memang dapat menyebabkan adanya gejala mual hingga ransangan ingin muntah, bahkan tidak jarang batuk ini akan di sertai beberapa gejala – gejala lain seperti tenggorokan gatal, tenggorokan kering dan rasa nyeri saat menelan. Dan jika anda kebetulan sedang mengalami batuk seperti menjadi mau muntah ini, maka ketahuilah 6 masalah yang wajib di waspadai selama batuk berlangsung.

1. Pertusis

Pertusis atau yang biasa di kenal dengan batuk rejan adalah batuk akut yang menyerang seseorang di karenakan adanya infeksi bakteri di daerah saluran pernafasan. Jika anda mengalami batuk seperti mau muntah permasalah pertama yang perlu di waspadai adalah adanya batuk rejan atau pertusis yang memiliki ciri – ciri batuk rejan. Seseorang yang terdiagnosa terkena pertusis akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan tentunya berpengaruh terhadap sistim imunitas tubuh. Dehidrasi merupakan komplikasi umum yang sering di derita penderita batuk rejan tersebut.

2. Flu atau Influenza

Common cold dan flu merupakan dua rangkaian penyakit infeksi virus pada bagian tenggorokan atas yang disebabkan oleh berbagai macam virus. Sedangkan Flu memiliki gejala yang lebih lumayan berat jika dibandingkan dengan common cold. Ada beberapa faktor penyebab sering flu yang umumnya menyerang sistem atau kekebalan imun seseorang yang melemah. Seseorang dapat terkena tularan dari penyakit influenza yang sedang di derita jika mengalami kontak langsun, secara udara bahkan secara kontak tak langsung.

3. Tuberkulosis Paru

Ini adalah penyakit infeksi bakteri yang bisa menular melalui kontak dengan penderita. Tuberkulosis Paru tercatat sebagai pembunuh ke sepuluh sebagian besar penduduk dunia. Tuberkulosis Paru ini merupakan sebuah penyakit infeksi paru – paru yang telah lama atau kronis yang akan di tandai dengan beragam gejala yang cukup berbahaya sepertu berkeringat dingin d malam hari, batuk berdarah dan kehilangan berat badan yang cukup banyak. Terkadang basil Tuberkulosis Paru dapat menjadi tidak aktif dalam beberapa jangka waktu dan kembali akan menimbulkan berbagai gejala atau melakukan penyerangan secara aktif ketika imun penderita melemah.

4. Bronkitis

Masalah lain yang perlu diwaspadai adalah penyakit bronkitis. letak peradangan pada batuk ini adalah lubang penghubung saluran udara di paru – paru yang di namakan bronchus. Kenali beberapa ciri-ciri batuk bronkitis seperti : nyeri dada disaat batuk, kenaikan suhu tubuh, kedinginan, kelelahan dan sesak nafas. Penyakit bronkitis sendiri telah di bagi menjadi dua jenis yaitu brokitis kronik dan bronkitis akut. Bronkitis sendiri termasuk penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan penumpukan cairan di pleura atau di namai dengan efusi pleura dan peradangan yang terjadi di daerah pleura atau di namai dengan istilah medis pleuritis. Karena hal tersebut maka penanganan medis yang segera di perlukan jika terindikasi penyakit bronkitis.

5. GERD

GERD atau yang umum di kenal dengan penyakit asam lambung adalah sebuah penyakit yang sebenarnya tidak bisa di abaikan bahanya. Karena GERD sendiri memiliki serangkaian komplikasi yang dapat terjadi. Asam lambung yang bocor dan naik hingga menuju saluran pencernaan atas akan menyebabkan terjadinya lesi pra kanker atau penyakit Barrett’s dan terjadinya suatu penyempitan pada bagian kerongkongan bawah.

6. Asma

Asma merupakan suatu penyakit radang atau inflamasi yang bersifat kronik di saluran nafas yang akan sensitif terhadap serangkaian ransangan yang akan membaik secara spontan maupun dengan bantuan pengobatan dimana saluran pernafasan terjadi suatu penyempitan. Penderita sama akan mengalami serangan mendadak dan jenis serangannya da yang bersifat berbahaya dan ringan. Yang terutama di perhatikan bahwa penderita asma dapat terkena serangan asma kapan saja dan di mana saja jika terpicu berbagai faktor penyebabnya.

Itulah 6 dampak yang di timbulkan oleh batuk seperti mau muntah yang patut anda waspadai, walaupun terjadinya mekanisme muntah sering disepelekan kebanyakan orang. Namun jika muntahan tersebut di iringi dengan berbagai gejala parah lainnya seperti nafas pendek cepat, kesulitan bernafas dan batuk berdarah tentunya mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Karena itulah memeriksakan diri kedokter adalah penanganan yang di butuhkan sesegera mungkin.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab