Sponsors Link

Batuk Kering Terus Menerus – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Batuk merupakan serangkaian gejala yang ditimbulkan oleh sistem pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Batuk yang terjadi pada tubuh sendiri dapat dibagi kedalam 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak yang mana terdapat perbedaan yang menonjol pada 2 jenis batuk ini. Batuk kering merupakan jenis batuk yang ditandai dengan tidak terdapatnya dahak maupun lendir yang keluar dari saluran pernafasan sedangkan jenis batuk berdahak merupakan salah satu jenis batuk yang disertai dengan keluarnya dahak dan lendir dari dalam saluran pernafasan akibat aktifnya kelenjar lendir.

ads

Biasanya batuk berdahak memiliki tingkat keparahan yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan batuk kering yang umumnya terjadi sebagai salah satu gejala penyakit ringan seperti flu.  Batuk berdahak sendiri dapat menandakan tubuh sedang mengalami penyakit berat lainnya yang menyangkut saluran pernafasan, beberapa penyakitnya yaitu bronkitis, pneumonia, asma dan kanker paru-paru serta dahak ketika batuk dapat mengambarkan kondisi tubuh pada saat itu.

Karena batuk kering tidak ditandai dengan keluarnya lendir dan dahak, membutuhkan beberapa diagnosis tertentu dalam menentukan penyebab batuk kering yang di alami. Batuk kering dapat disebabkan oleh beberapa hal  atau kegiatan tertentu yang dilakukan, seperti :

  • Terjadinya infeksi pada saluran pernafasan akibat serangan benda asing yang masuk yang dapat berupa virus, kuman, bakteri maupun debu dan kotoran.
  • Gejala penyakit lainnya yang menyerang tubuh seperti penyakit flu yang disebabkan oleh infeksi virus influenza.
  • Asam lambung yang meningkat juga dapat menyebabkan batuk karena cairan yang mampu naik hingga ke kerongkongan.
  • Terjadinya reaksi alergi terhadap paparan debu dan polusi yang masuk ke saluran pernafasan.
  • Efek samping pengunaan obat-obatan, beberapa jenis obat dalam penyembuhan penyakit dapat berakibat pada munculnya batuk kering.
  • Asma, penyakit yang dapat kambuh sewaktu-waktu ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya batuk.
  • Radang tenggorokan baik karena infeksi maupun karena sistem kekebala tubuh yang menurun dapat menyebabkan batuk kering yang disertai dengan beberapa gejala batuk lainnya.
  • Tubuh kekurangan asupan vitamin C yang mampu berkerja dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga saluran pernafasan.

Batuk kering yang dapat terjadi sebagai salah satu gejala penyakit flu ini juga dapat menimbulkan beberapa gejala lainnya, yaitu seperti :

  • Tenggorokan terasa panas, hal ini umumnya terjadi pada batuk kering yang terjadi akibat infeksi virus atau bakteri.
  • Timbul rasa gatal pada tenggorokan, gejala yang menyertai batuk kering ini sering dialami sehingga menyebabkan ketidaknyamanan selama menderita batuk kering. Karena rasa gatal yang kadang tak tertahankan adakala penderita berusaha batuk dengan kencang guna menghilangkan sensai gatal ini.
  • Merasakan sesuatu yang mengganjal selama mengalami batuk kering juga adakalanya dirasakan oleh tenggorokan dan akan lebih terasa ketika menelan minuman ataupun air liur.
  • Timbulnya rasa nyeri juga dapat menandakan bahwa tenggorokan sedang tidak sehat akibat batuk yang diderita.
  • Suara serak, batuk kering juga dapat berakibat pada pita suara sehingga cenderung menyebabkan suara menjadi lebih serak dan susah untuk dikeluarkan.
  • Batuk terus menerus juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa batuk kering yang diderita semakin parah dan susah untuk disembuhkan namun biasanya hal ini dapat terjadi karena penderita tidak menghindari makanan yang dilarang selama batuk.
  • Warna wajah berubah menjadi merah akibat sulit masuknya oksigen ke dalam paru-paru melalui saluran pernafasan akibat batuk kering yang terus menerus terjadi.
  • Tubuh menjadi kelelahan, batuk yang terjadi secara terus menerus dapat menguras tenaga sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah.
Sponsors Link

Batuk kering terus menerus dapat diakibatkan oleh beberapa hal lainnya seperti tubuh yang terus menerus menghirup debu dan polusi tanpa mengenakan masker, tidak menghindari makanan dan minuman yang dapat memperparah batuk serta dapat juga batuk yang tidak ditangani hingga membuat batuk ini kian parah. Untuk mengatasi batu kering terus menerus dapat menggunakan beberapa cara pengobatan seperti menggunakan pengobatan dengan bahan alami maupun dengan obat medis yang dapat dibeli di apotek.

Obat batuk kering terus menerus dengan bahan alami

  1. Jahe

Jahe dapat mengobati batuk kering karena sifatnya yang dapat melegakan sakit tenggorokan dan juga dapat bekerja sebagai anti inflamasi sehingga gejala batuk dapat dikurangi. Cara memanfaatkan jahe sebagai obat alami batuk yaitu dengan memotong beberapa jahe yang telah dibersihkan dan kemudian masukan ke dalam air yang telah direbus hingga mendidih yang mana air rebusan ini yang akan diminum sebagai obat batuk kering. Selain itu jahe juga meruapakan salah satu herbal alami yang dapat bekerja secara efektif sebagai obat batuk dan pilek tradisional.

  1. Jeruk nipis

Jenis jeruk yang satu ini diketahui kaya akan vitamin C yang dapat mengembalikan  sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Caranya yaitu ambil beberapa buah jeruk nipis dan ambil sarinya dengan cara diperas, perasan jeruk nipis ini selanjutnya di campurkan dengan kecap dan kemudian diminum sebagai obat batuk.

ads
  1. Daun sirih dan jahe

Cara memanfaatkan daun sirih sebagai obat batukn yaitu dapat dicampur dengan menggunakan jahe dengan cara merebus kedua bahan ini dalam air mendidih yang mana air rebusan inilah yang akan diminum dalam mengatasi batuk.

  1. Kunyit

Rempah yang dapat memberikan warna kuning alami ini kaya akan minyak atsiri yang baik bagi kesehatan tubuh. Kunyit yang telah dibersihkan sebelumnya dapat dihancurkan dan rebus dengan air yang mendidih, air rebusan kunyit dapat dicampur dengan madu untuk memberikan rasa manis.

  1. Daun kemangi

Rebus beberapa daun kemangi dengan air putih hingga mendidih, rebusan daun kemangi ini dapat mengatasi batuk kering dan beberapa gejala batuk lainnya. Obat tradisional batuk kering dengan memanfaatkan daun kemangi ini dapat dengan mudah dibuat di rumah setiap harinya.

  1. Buah belimbing wuluh

Bahan alami yaitu belimbing wuluh juga dapat memberikan manfaat sebagai obat penyembuh batuk kering, caranya yaitu dengan cara menghaluskan belimbing huluh hingga halus dan peras airnya. Kemudian campurkan dnegan garam, racikan bahan alami ini dapat diminum secara runtin setiap harinya untuk menyembuhkan batuk kering.

  1. Air garam

Garam tak hanya dapat bermanfaat di dapur saja namun juga dapat dijadikan sebagai bahan alami yang mengatasi berbagai penyakit seperti batuk kering salah satunya. Air garam dapat digunakan dengan cara berkumur dengan air ini dalam mengatasi batuk kering yang diderita. Banyak orang yang telah memanfaatkan garam baik sebagai pengobatan kesehatan ataupun dalam menjaga kecantikan kulit.

Obat batuk kering

Obat yang dapat ditemukan di apotek berikut ini dapat bekerja secara optimal dalam mengatasi batuk kering, bebepa obatnya yaitu :

  • Actifed plus cough syrup, obat pertama ini dapat mengatasi batuk kering yang dialami dan berbentuk dalam cairan sirup sehingga mudah untuk dikonsumsi oleh penderita batuk kering. Obat ini dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak.
  • Dextral tablet, selanjutnya ada dextral tablet yang dapat dengan mudah didapatkan di apoek. Obat ini dapat bekerja sebagai antisutif, antihistamin dan juga dekongestan hidung. Selain dapat bermanfaat dalam mengatasi batu, obat ini juga mampu untuk bekerja mengatasi flu dan pilek. Namun perlu diperhatikan juga dalam pemanfaatan dextral tablet karena biasanya harus sesuai dengan anjuran dokter.
  • Grafed tablet, merupakan salah satu jenis obat yang efektif dalam mengatasi batuk kering selain itu juga dapat bekerja dalam mengatasi bersin, hidung tersumbat dan juga pilek yang biasanya merupakan serangkaian gejala dari penyakit flu.
  • Selvigon syrup, obat ini dapat bermanfaat dalam mengatasi batuk akibat iritasi dan juga akibat alergi yang sedang dialami, selvigon syrup mengandung pipazetate HCI yang dapat mengatasi batuk kering.
  • Benacol DTM jenis obat yang dapat dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak yang sedang terserang batuk dan dapat juga sebagai minuman penghilang batuk berdahak dalam bentuk obat.
  • Donexan DX sirup, obat ini juga dapat bekerja dalam mengatasi batuk akibat alergi maupun batuk berdahak pada saluran pernafasan akibat serangan infeksi.

Batuk kering dapat diperparah apabila tidak segera ditangani dengan penanganan yang tepat. Sebenarnya terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam mencegah timbulnya batuk kering ini yaitu seperti mengkonsumsi makanan yang menyebabkan batuk yang dapat memperparah batuk, selalu memelihara kebersihkan ruangan agar terhindar dari paparan debu dan kotoran yang dapat menyebabkan batuk kering menjadi berkepanjangna serta mengkonsumsi air putih secara rutin tiap harinya dengan jumlah tertentu.

Asupan beberapa zat dan nutirisi penting lainnya juga dapat membantu tubuh agar tidak mudah mengalami batuk kering yang terjadi terus menerus akibat memakan makanan yang dilarang saat batuk. Salah satu contohnya adalah memperbanyak asupan vitamin C ketika sedang batuk dapat mengurangi beberapa gejala dari dampak batuk kering ini. Di luar dari pada itu, jika batuk kering terus menerus terjadi dalam jangka waktu yang lama walaupun telah melakukan berbagai pengobatan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk dilakukan diagnosis. Karena dapat saja hal ini merupakan gejala dari penyakit TBC maupun penyakit paru-paru lainnya sehingga pengobatan yang lebih serius diperlukan pada tahap ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab