Sponsors Link

Benarkah Mangga Menyebabkan Batuk? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Setiap buah pasti bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi pada saat Anda menderita penyakit tertentu. Keadaan ini dikarenakan bahwa buah tersebut dapat memperparah kondisi penyakit tersebut. Batuk merupakan salah satu penyakit yang dapat menjadi parah apabila mengkonsumsi buah tertentu.

ads

Salah satu buah yang dapat memperparah kondisi batuk Anda adalah buah mangga. Selain membuat sakit perut jika dikonsumsi di pagi hari, buah mangga ini juga dapat membuat batuk menjadi parah. Mangga yang belum matang dengan rasa asam akan membuat batuk. Hal ini dikarenakan akan memperparah peradangan di tenggorokan. Pada artikel ini akan dibahas secara mendalam tentang fenomena benarkah mangga menyebabkan batuk? bagaimana pengobatannya?.

Batuk merupakan kondisi tubuh yang terjadi gangguan kesehatan akibat adanaya infeksi bakteri atau virus. Penyakit ini secara medis mudah disembuhkan namun apabila disepelekan atau tidak segera diobati secara cepat, tepat dan benar maka batuk ini akan mejadi gerbang utama masuknya penyakit baru yang lebih berbahaya. Oleh sebab itu dengan menghindari makanan yang dapat memperparah kondisi batuk harus dihindari dan segera diobati secara tepat dan benar.

Benarkah Mangga Menyebabkan Batuk ?

Ada beberapa penyebab batuk baik dari luar maupun dari dalam berupa kebiasaan kurang baik penderita batuk. Untuk dari luar pada umumnya berkaitan dengan infeksi bakteri dan virus yang dapat masuk ke dalam tubuh. Bakteri dan virus penyebab batuk dapat masuk ke tubuh karena pada saat itu sistem kekebalan tubuh melemah. Faktor pemicu yang paling sering muncul diakibatkan oleh kebiasaan buruk seseorang. Kebiasaan buruk penderita seperti:

1. Kebiasaan merokok

Sudah pasti merokok ini dapat menyebabkan peradangan di tenggorokan. Asap rokok juga dapat memperparah peradangan di tenggorokan dan di dalam rongga hidung. Selain itu kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan terutama sistem pernapasan penderita.

2. Alergi

Meskipun ini bukan kebiasaan namun apabila penderita mengetahui dia alergi terhadap alergen tertentu maka seharusnya menhindari alergen tersebut. Sebagai contohnya, apabila penderita memiliki alergi terhadap debu atau bulu binatang maka sebaiknya menghindari tempat – tempat yang dipercaya banyak debu atau menjauhi hewan yang memiliki bulu. Kebiasaan ini akan membuat orang tersebut terhindar dari batuk.

3. Mengkonsumsi mangga

Meskipun mangga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh namun mengkonsumsi buah mangga yang belum matang akan membuat orang mengalami batuk. Kondisi ini diakibatkan rasa buah mangga yang asam akan meningkatkan asam lambung. Asam lambung yang naik secara medis di istilahkan sebagai GERD. Penyakit ini merupakan naiknya asam lambung ke tenggorokan. Asam lambung tenggorokan akan menyebabkan peradangan di tenggorokan. Apabila penyakit ini tidak disebuhkan maka akan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan karena terjadi pendarahan.

Seperti yang dijelaskan pada penyebab itu maka bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi mangga dapat membuat batuk. Bahkan ketika penderita telah menderita batuk apabila mengkonsumsi batuk akan membuat batuk tersebut menjadi lebih parah.

Artikel terkait:

Gejala Batuk

Setiap perubahan atau gangguan kesehatan maka tubuh memberikan tanda atau gejala yang dapat menunjukkan penyakit tersebut. Sejalan dengan kondisi tersebut, batuk memiliki gejala atau tanda yang diberikan oleh tubuh. Berikut ini beberapa tanda atau gejala batuk yang dialaimi oleh penderita seperti dibawah ini. Baca mengenai penyebab batuk kronis yang sering diabaikan:

Sponsors Link

  • Demam, sesaat sebelum munculnya batuk, penderita akan mengalami kenaikan suhu badan. Pada umumnya penderita memiliki suhu badan 28- 29 derajat celcius. Demam ini akan reda setelah muncul batuk.
  • Sakit tenggorokan, kondisi ini pasti terjadi karena adanya peradangan di tenggorokan akibat dari infeksi bakteri. Bakteri tumbuh dan berkembang di tenggorokan dan akan membuat peradangan. Selain itu, akibat naiknya asam lambung akan membuat peradangan di tenggorokan. Dimana sifat asam yang kuat pada asam lambung akan mengkorosi tenggorokan sehingga terjadi peradangan.
  • Sakit kepala, kondisi ini dapat terjadi karena otot leher kaku yang akan menjalar pada otok di area kepala serta dapat mengganggu syaraf di kepala.Kondisi seperti itulah yan menyebabkan sakit kepala.
  • Mual dan muntah, sebelum muncul batuk sebagian besar penderita mengalami mual dan ingin muntah. Kondisi ini disebabkan oleh adanya peradangan pada tenggorokan. Rasa sakit ditenggorkan membuat penderita susah menelen makanan sehingga ada rasa mual dan ingin muntah ketika penderita menelan makanan. Baca juga cara mengatasi batuk disertai muntah pada anak.

Bagaimana Pengobatannya ?

Secara medis batuk dapat sembuh dengan mudah, namun apabila pendirita tidak segera mengobati batuk secara tepat dan benar akan mengakibatkan munculnya penyakit kronis. Mengkonsumsi buah mangga memang dipercaya mampu memperparah batuk, namun jangan khawatir ada beberapa cara mengobati batuk ini. Berikut ini pengobatan batuk karena mengkonsumsi mangga, antara lain:

1. Perbanyak minum air putih

Sponsors Link

cara pengobatan ini memang sangat praktis namun sering disepelekan. Menurut penelitan menunjukkan bahwa air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat mengkonsumsi air putih yaitu dapat meningkatakan sistem kekebalan tubuh, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh atau menghindari dehidrasi serta dapat mengelurakan racun dari dalam tubuh. Penelitan ini juga menunjukkan bahwa minimal minum air putih kurang lebih 2 liter.

2. Mengkonsumsi air jehe dan madu

jahe juga dipercaya ampuh dlalam mengobati beragam penyakit termasuk batuk karena mengkonsumsi mangga. Jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu ditambah pula adanya madu, dimana madu juga mampu meningkatkan sistem imun penderita.

Apabila penderita batuk ini mengkonsumsi air jahe dan madu maka dapat melegakan tenggorokan, melegakan pernapasan serta mampu mengencerkan dahak ( batuk berdahak) sehingga dahak mudah keluar. Baca tentang  cara mengeluarkan dahak dengan garam

3. Istirahat dan rutin olahraga

batuk dapat menjadi parah akibat faktor kelelahan sehingga diperlukan istirahat yang cukup agar energi dari dalam tubuh kembali normal. Selain itu, istirahat yang cukup juga mampu meningkatan stamina dan sistem imun penderita sehingga penderita tidak mudah terkena penyakit. Selain istirahat juga harus rutin berolahraga karena dengan olahraga tubuh kembali fit serta dapat beraktifitas dengan normal.

Demikian penjelasan tentang benarkah mangga menyebabkan batuk?.bagaiman pengobatannya?. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi buah mangga maka perlu Anda pahami penjelasan diatas agar Anda tidak terkena batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan