Sponsors Link

Batuk Kering Disertai Pilek, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Sponsors Link

Batuk tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk batuk kering disertai pilek. Terutama saat batuk pilek panas malam hari yang utamanya terjadi atau menyerang di malam hari, sehingga membuat aktivitas istirahat malam menjadi terganggu. Oleh karena itu sebaiknya kondisi ini segera diatasi. Supaya tidak berkembang menjadi gejala penyakit yang lainnya. Untuk informasi yang lebih jelas tentang kondisi tersebut, berikut ini penjelasan tentang batuk kering disertai pilek, termasuk gejala, penyebab dan cara mengobatinya.

ads

Gejala

Batuk kering disertai pilek biasanya memiliki beberapa gejala sebagai berikut:

  • Terjadi batuk disertai demam tinggi selama beberapa hari yang makin meningkat dan tidak kunjung turun.
  • Disertai gejala berupa kejang demam terutama saat suhu badan terlalu panas atau tinggi. Biasanya kondisi ini juga disertai gejala mengigau akibat demam yang terjadi.
  • Terjadi radang di tenggorokan sehingga timbul gejala batuk kering. Hal ini karena iritasi di tenggorokan yang menimbulkan gatal pencetus batuk.
  • Dapat terjadi gejala berupa sumbatan di saluran pernafasan yang mengakibatkan terjadinya pilek dan gejala berupa sesak nafas.
  • Nafsu makan menjadi berkurang sehingga berat badan cenderung tetap bahkan menurun.
  • Dapat disertai rasa pusing dan sakit kepala termasuk migren. Umumnya ini akibat sumbatan pada sistem pernafasan atau akibat terjadinya pilek.

Penyebab

Umumnya gejala batuk kering terus menerus yang bersamaan dengan gejala pilek terjadi karena beberapa hal, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Infeksi yang terjadi akibat virus maupun bakteri sehingga terjadi radang pada saluran pernafasan yang menimbulkan penyakit dan gejala lain berupa batuk pilek.
  • Ciri-ciri influenza biasa yang umumnya terjadi karena daya tahan tubuh yang menurun sehingga mudah timbul demam ringan dan gejala lainnya berupa batuk kering serta pilek.
  • Dehidrasi, dimana kurang minum air merupakan penyebab mudahnya tenggorokan mengalami iritasi. Akibatnya terjadi batuk kering dan karena dehidrasi memicu turunnya imun tubuh maka penderita juga beresiko terserang pilek.
  • Makanan berminyak atau gorengan yang membuat tenggorokan terasa kurang nyaman. Akibatnya  mudah terjadi batuk sakit perut sebelah kanan dan alergi pada sistem pernafasan yang menyebabkan terjadi pilek juga.

Cara Mengobati

Jika mengalami batuk kering disertai pilek, segera lakukan pengobatan untuk mencegah efek lain yang lebih berat, di antaranya dengan jalan sebagai berikut:

  • Minum air putih sebanyak mungkin yaitu minimal delapan gelas sehari supaya penyakit dapat sembuh lebih cepat dan virus penyebab infeksi larut dalam air.
  • Istirahat yang cukup dan perbanyak waktu tidur. Karena dengan demikian maka proses pemulihan batuk pilek disertai mimisan akan berjalan lebih cepat.
  • Berikan cukup asupan vitamin dan mineral pada penderita, salah satunya dengan memberikan cukup buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral sesuai yang dibutuhkan tubuh penderita untuk kesembuhan.
  • Jika batuk pilek cukup parah dan timbul radang sebaiknya minum obat anti radang sesuai yang diresepkan oleh dokter. Jika terjadi infeksi maka dapat diberikan pula obat antibiotik dengan dosis seperti yang dianjurkan dokter. Sebisa mungkin hindari overdosis agar tidak terjadi efek samping obat yang berbahaya.

Demikian beberapa penjelasan tentang batuk kering disertai pilek. Sehingga jika mengalami penyakit tersebut akan dapat diobati dengan segera. Yang paling utama selalu istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sehingga daya tahan tubuh meningkat dan batuk pilek disertai diare dapat dihindari sejak awal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu