Sponsors Link

3 Khasiat Gula Merah Untuk Batuk yang Belum Kita Tahu

Sponsors Link

Gulu merah dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan sebagai pemanis makanan atau pun minuman sehat. Gula merah sendiri merupakan gula khas dan hanya terdapat di Indonesia, gula ini banyak diolah oleh masyarakat jawa, maka tak heran jika gula satu ini juga disebut dengan gula jawa.

ads

Gula merah sendiri sudah ada dan diproduksi sejak lama, bahkan sebelum adanya gula pasir. Bahan pemanis ini berasal dari proses pengolahan nira (cairan yang keluar dari pohon berjenis palma), proses pembuatan yaitu dengan cara memasak nira selama beberapa jam. Untuk nira yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan gula merah sangat beraneka ragam mulai dari nira aren, kelapa, dan juga siwalan.

Khasiat Gula Merah Untuk Batuk

Pemanis ini tak jarang menjadi alternatif gula pasir, ini dikarenakan gula jawa dianggap lebih baik bagi kesehatan. Kandungan kalori pada gula merah lebih kecil dibandingan dengan gula pasir, bukan itu saja, gula merah juga memiliki kandungan lemak tak jenuh  yang baik pula untu tubuh. Selain penjelasan diatas, dalam 100 gram gula merah terdapat kandungan 90 mg kalsium, vitamin A, beta karoten, zat besi, dan laktoflavin. Tak hanya itu saja, terdapat dalam gula merah terdapat kandungan nutrisi lain, diantaranya ialah vitamin C, vitamin A, vitamin B12, vitamin E, thiamin, niacin, riboflavin, ascorbatic acid, asam folat, garam mineral dan protein.

Tak sama dengan obat demam batuk pilek, banyaknya kandungan nutrisi pada gula merah tersebut menjadikan bahan pemanis ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah khasiat gula merah untuk batuk, dan berikut ini merupakan penjelasannya antara lain:

  1. Meredakan Batuk

Batuk biasanya muncul pada waktu musim pancaroba tiba, apa lagi bila tubuh sedang tidak dalam kondisi prima. Bila batuk sudah melanda, salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan khasiat gula merah untuk batuk. Khasiat gula merah untuk batuk ini bisa dirasakan dengan cara mengonsumsi minuman teh hangat yang tentunya sudah ditambahkan dengan gula merah.

Bukan hanya buah apel menghilangkan batuk, dengan cara mengonsumsi gula merah secara rutin bisa bermanfaat sebagai cara ampuh mengatasi batuk, khususnya batuk kering. Selain itu gula merah juga bisa membantu dalam mengencerkan dahak pada penyebab batuk berdahak. Untuk mengatasi batuk berdahak bisa membaca cara mengobati batuk berdahak.

  1. Meredakan Demam

Biasanya batuk yang disebabkan adanya infeksi virus maupun bakteri merupakan salah satu gejala penyebab influenza atau pilek. Umumnya, bila pilek menyerang gejala yang ditimbulkan bukan hanya batuk saja, bisa juga timbul demam. Nah, selain untuk mengatasi batuk gula merah juga bisa bermanfaat untuk meredakan demam, sebab gula jawa sebutan lain dari gula merah memiliki sifat mendinginkan.

  1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Gula jawa juga terbilang ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh batuk maupun pilek. Kandungan dasar gula merah berasal yang kebanyakan berasal dari aren itu lah yang bisa membantu menyembuhkan adanya infeksi dalam tubuh.

Selain bisa ber khasiat gula merah untuk batuk, jenis pemanis ini juga bisa bermanfaat untuk berbagai gangguan kesehatan lainnya misalnya mencegah anemia, meningkatkan daya tahan tubuh, sumber antioksidan, perawatan kulit, menghambat penuaan dini, menstabilkan ksadar kolesterol darah, melancarkan sistem pencernaan, serta membantu melancarka sirkulasi darah.

Supaya memperoleh khsiat gula merah untuk batuk ada baiknya menghindari makanan penyebab batuk, penyebab ingus tidak berhenti, dan virus penyebab batuk.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal