Sponsors Link

17 Ini Dia, Makanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Randang tenggorokan atau dalam bahasa medis disebut faringitis merupakan sebuah gangguan kesehatan yang menyebabkan rasa sakit pada bagian tenggorokan. Biasanya, jika seseorang terjangkit penyakit ini penderita akan merasakan kondisi tidak nyaman dalam bagian tenggorokan serta merasakan gejala-gejala seperti dibawah ini :

ads

Secara umum, radang tenggorokan disebabkan adanya virus yang menyerang serta menginfeksi bagian tenggorokan. Selain adanya infeksi virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh faktor non-infeksi, misalnya alergi, iritasi, adanya bahaya dehidrasi.

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Bukan hanya itu saja, terdapat juga makanan penyebab radang tenggorokan, berikut merupakan daftarnya :

  1. Gorengan

Makanan penyebab radang tenggorokan pertama adalah gorengan, masakan satu ini mungkin sulit dipisahkan dari daftar menu wajib sehari-hari. Gorengan seperti misalnya ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, singkong goren dan kentang goreng memiliki tekstur  kering, selain itu makanan ini mempunyai kandungan lemak jenuh dengan kadar tinggi, alhasil tenggorokan sakit setelah makan gorengan.

  1. Santan

Santan merupakan bahan makanan mengandung lemak yang akan membuat produksi lendir semakin bertambah. Bukan hanya itu saja, makanan bersantan (makanan mengandung santan) dapat meningkatkan kadar kolesterol dan bisa juga menyebabkan tenggorokan gatal atau radang tenggorokan. Kondisi itu bisa saja menjadi semakin buruk apabila makanan bersantan itu memiliki rasa pedas.

  1. Sayuran Mentah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika sayuran terkenal kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, ditambah kandungan serat tinggi menjadikan jenis sayuran sebagai makanan favorit bagi banyak orang. Sebagian orang diantaranya menyukai atau mengkonsumi sayuran mentah secara langsung, ternyata cara tersebut tidak terlalu baik bagi kesehatan tenggorokan, ditambah jika kondisi tenggorokan sudah mulai terasa tak nyaman serta menganggu, memakan sayuran dengan kondisi tidak matang dapat memicu kondisi radang tenggorokan semakin parah.

Hal diatas bukan tanpa alasan, saat dikonsumsi atau dimakan mentah, tekstur sayuran cenderung kasar dan situasi itu cenderung dapat menyebabkan serta memperparah keadaan.  Apabila masih tetep ingin mengkonsumsi sayuran gunakan cara aman yaitu memilih jenis yang mudah ditelan atau rebus terlebih dahulu sebelum dinikmati.

  1. Daging Merah

Mengkonsumsi dading merah secara terus-menerus  dan pada waktu tidak tepat ternyata dapat menyebabkan radang tenggorokan. Diketahui, jenis makanan satu ini juga dikenal mengandung kolesterol tinggi yang mampu meningkatkan tekanan darah tinggi atau memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

Sponsors Link

Terlepas dampak kurang baik tersebut, daging merah kaya akan kandungan nutrisi (zat besi, seng, dan selenium), mengandung  protein dan vitamin (A, B, dan D) yang penting bagi tubuh. Agar tetap dapat menikmati hasil positifnya serta terhindari dari beberapa penyakit kronis diatas serta menjaga tenggorokan agar tetap sehat sebaiknya batasi konsumsi daging merah setiap harinya.

  1. Roti Bakar

Makanan satu ini mungkin merupakan salah satu favorit anda, roti bakar terkenal memiliki cita rasa yang mengugah selera bagi sebagian banyak orang. Terlepas dari kenikmatanya, makanan jenis ini diketahui dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan atau lebih dikenal sebagai radang tenggorokan. Itu sebabnya apabila kondisi tubuh sedang tidak baik, ada baiknya menghindari mengkonsumsi olahan satu ini.

Makanan ini tergolong kedalam makanan kering yang mampu menimbulkan rasa kering pada bagian tenggorokan setelah kita mengkonsumsinya, maka disarankan setelah menikmati roti bakar dianjurkan untuk minum air putih dalam jumlah banyak agar mencegah serangan radang tenggorokan. Kebiasaan mengkonsumsi roti bakar tanpa diimbangi minum air putih cukup dapat meningkatkan risiko gejala randang tenggorokan.

  1. Kue Kering
ads

Radang tenggorokan dapat dengan mudah menyerang seseorang pada situasi tenggorokan dalam kondisi kering, hal itu juga berlaka pada makanan-makanan yang dapat menjadikan tenggorokan kering. Salah satu jenis makanan itu ialah kue kering, misalnya jenis makanan primadona banyak diantara kia yaitu biskuit.

Salah satu ciri kue kering adalah mempunyai tekstur kasar sehingga pada waktu tenggorokan tidak dalam posisi prima tekstur kue yang kasar dan kering tadi dapat melukai tenggorokan. Maka hindari mengkonsunsi kue kering atau biskuit saat kondisi tubuh sedang menurun, agar terhindar dari faringitis atau radang tenggorokan.

  1. Saus Cabai

Bagi anda penikmat saus cabai ada baiknya mewaspadai jenis olahan makanan satu ini, sebab makanan-makanan yang memiliki kandungan saus cabai dapat berisiko menjadikan tubuh terkena radang tenggorokan. Meskipun setiap saus cabai mempunyai kandungan natrium benzoat dan asam sorbat yang berfungsi untuk menghambat perkembangan mikroba akan tetapi apabila mengkonsumsi terlalu berlebihan tubuh dapat dengan mudah terserang faringitis.

  1. Granola

Granola merupakan sejenis gandum yang terdiri dari buah-buahan kering, oat, serta kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi dengan menambakan minyak ataupun pemanis, misalnya madu. Disejumlah produk granola terdapat kandungan berupa protein, gula, kalori serta lemak tinggi.

Granola juga dikenal sebagai makanan sehat bagi yang ingin menjaga pola makanan atau menurunkan berat badan. Akan tetapi, jenis makanan satu ini mengandung serat yang tinggi dan juga terkenal mempunyai tekstur kasar dan dapat mengakibatkan radang tenggorokan. Dianjurkan, apabila kondisi badan sedang tidak prima sebaiknya tidak memakan granola.

  1. Kacang-Kacangan

Makanan penyebab radang tenggorokan berikutnya yaitu kacang-kacangan, dianggap sangat ringan serta nikmat kacang tak jarang menjadi pilihan makanan kering utama yang dijadikan sebagai kudapan. Dibalik kenikmatanya itu, kacang, khususnya kacang goreng memiliki sifat kering dan bertekstur kasar yang berpotensi menjadikan tenggorokan sakit serta sewaktu-waktu dapat terkana radang tenggorokan. Agar terhindar dari dari faringitis sebaiknya konsumsi kudapan sehat lainnya, atau jika anda adalah pecinta sejati kacang ada baiknya kurangi jumlah serta intensitas mengkonsumsi kacang.

  1. Bubuk Kari

Bagi anda pecinta kuliner atau hobi memasak tentunya tidak asing dengan jenis bumbu dapur satu ini, ya bubuk kari atau juga bisa disebut bubuk masalah. Bubuk ini berbahan utama kari memiliki kandungan campuran dari bermacam-macam rempah, misalnya cengkeh. Mengkonsumsi rempah terlalu berlebihan tidak lah baik bagi kesehatan, terutama bagi tenggorokan.

Olahan makanan dengan kandungan bubuk kari berpotensi meningkatkan seseorang terserang radang tenggorokan, tidak ada salahnya mengkonsumsi kari asalkan penggunaannya tidak berlebihan.

  1. Lada

Lada atau akrab juga dikenal sebagai merica terkenal memiliki karakteristik yang pahit, antipiretik, pedas dan juga hangat. Lada merupakan salah satu bumbu dapur yang menjadi pilihan untuk melengkapi masakan bagi sebagian banyak orang.

Bagi sebagian orang mengkonsumsi makanan dengan kandungan lada berlebih atau terlalu banyak dapat membuat tenggorokan menjadi kering, tak hanya itu saja rasa pedas pada lada juga dapar menjadikan tenggorokan dengan mudah terjangkit radang.

  1. Pala

Makanan penyebab radang tenggorokan berikutnya adalah biji pala, pala merupakan bumbu dapur bersifat pedas, apabila dikonsumsi akan mengakibatkan efek kering pada bagian tenggorokan. Untuk itu dianjurkan meminum air putih yang cukup setelah mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung pala.

  1. Es Krim

Es krim merupakan salah satu makanan bersifat dingin, apabila dinikmati secara sering apalagi kondisi tubuh sedang turun dapat membuat tenggorokan menjadi radang dan juga pilek.

Sponsors Link

  1. Cuka

Cuka terkenal memiliki rasa asam, rasa yang menyegat dilidah ketika dikonsumsi itu dapat membuat tenggorokan menjadi gatal dan akhirnya bisa memicu faringitis. Sebaiknya menghindari makanan yang mengandung bahan cuka pada waktu tubuh kurang sehat sangat dianjurkan sebab mengkonsumsi cuka atau makanan berbahan cuka hanya memperburuk kondisi tenggorokan pada saat menelan.

  1. Permen Karet

Bagi sebagaian orang menganggap bahwa permen karet dapat menyembuhkan sakit atau radang tenggorokan yang diderita. Namun, permen karet dapat menimbulkan efek gatal pada bagian tenggorokan yang dapat memicu terjadinya radang. Maka itu, apabila sedang terjangkit sakit tenggorokan hindari mengkonsumsi permen karet, agar rasa sakit semakin berkurang dan tidak kesulitan dalam menelan.

  1. Susu

Mungkin banyak diantara kita terkejut jika susu merupakan satu diantara lainnya makanan atau minuman penyebab radang tenggorokan, padahal ada diantara kita yang umumnya mengkonsumsi susu sebab memiliki keyakinan bila segelas air susu dapat meredakan nyeri dan radang tenggorokan.

Akan tetapi, jangan langsung percaya dengan hal tersebut. Ketika sedang mengidap sakit tenggorokan atau faringitis tidak dianjurkan untuk meminum susu. Hal tersebur bukan tanpa alasan, susu dapat meningkatkan produksi lendir alhasil dapat memicu tenggorokan menjadi gatal.

Bukan itu saja, faktanya susu merupakan salah satu bahan makan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Pada dasarnya, makanan berlemak tinggi akan menjadikan tubuh lebih sulit mencerna. Kondisi tersebut lah yang menjadikan imunitas menjadi lemah, alhasil gejala radang tenggoroka menjadi parah.

  1. Kafein

Guna menyembuhkan sakit tenggorokan hindari minuman dengan kandungan kafein didalamnya. Mengkonsumsi segelas kopi panas atau cokelat panas dapat membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan, namun sifatnya hanya sementara, tak butuh waktu lama, tenggorokan pun menjadi lebih gatal serta menyiksa. Untuk meredakan atau terhidar dari rasa sakit pada tenggorokan anda tak peru susah payah, anda hanya cukup rebus dan minum air putih hangat.

Minuman dan buah penyebab radang tenggorokan

Selain makanan penyebab radang tenggorokan, ada buah-buahan yang menyebabkan faringitis, berikut ini daftarnya:

  • Jeruk
  • Tomat
  • Durian
  • Mangga
  • Semangka
  • Nangka

Nah, itulah beberapa penjelasan dari makanan yang bisa anda ketahui untuk bisa segera anda hindari mulai dari sekarang.

, , ,