Sponsors Link

6 Khasiat Kapulaga Untuk Batuk Tanpa Kambuh Lagi

Sponsors Link

Kapulaga merupakan jenis tanaman semak dengan khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Kapulaga biasanya lebih sering digunakan dalam masakan timur tengah dan sebagian masakan nusantara. Kapulaga yang dimanfaatkan untuk kesehatan mungkin masih terkesan hal yang baru. Padahal, khasiat obat batuk mucera dan kapulaga ini bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi batuk yang sedang dialami, baik jenis batuk yang berdahak maupun jenis batuk kering seperti batuk rejan dalam waktu yang cukup lama.

ads

Kapulaga yang merupakan obat tradisional ini ternyata memiliki banyak kandungan zat alami yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kita. Kandungan tersebut seperti minyak astiri, borneol, sineol dan berbagai kandungan lainya, yang bermanfaat untuk obat batuk alami yang aman dikonsumsi. Untuk menjadikanya obat batuk, kapulaga harus dibuat ramuan terlebih dulu.

Khasiat Kapulaga Untuk Batuk

Kapulaga dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk tradisional untuk atasi batuk kering maupun batuk berdahak serta jenis batuk lainya yang sedang di alami. Cara membuatnya mudah, karena Anda tinggal menyiapkan 5 butir buah kapulaga dengan satu gelas air putih. Rebus kapulaga tersebut hingga mendidih, kemudian Anda minum air rebusan kapulaga tersebut setelah didinginkan terlebih dulu (hingga hangat). Adapun khasiat obat batuk mucopect dan  kapulaga untuk batuk yang akan di dapatkan, sebagai berikut:

  • Sebagai Pengencer Dahak

Kapulaga memiliki kandungan minyak astiri yang memiliki khasiat sebagai pengencer dahak pada batuk berdahak, sehingga gerakan yoga untuk menghilangkan batuk berrdahak  mudah dikeluarkan.

  • Menyejukan Tenggorokan

Saat mengalami batuk kering atau batuk berdahak dalam jangka waktu cukup lama, biasanya akan membuat tenggorokan menjadi sakit. Untuk itu, kapulaga dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut dan menyejukan tenggorokan, karena bisa meniru fungsi  peppermint.

  • Sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh

Batuk sering dialami oleh sebagian orang, karena cara mengobati batuk rejan  serta menurunya kondisi daya tahan tubuh seseorang. Di kalangan masyarakat Badui, minuman dari kapulaga biasa dimanfaatkan sebagai minuman yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar terhindar dari berbagai penyakit.

  • Menyegarkan Napas

Kapulaga juga memiliki bagian biji yang dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan napas. Saat mengalami batuk, terkadang kondisi napas menjadi kurang segar, terutama ketika mengalami batuk berdahak. Biji kapulaga bisa dikunyah dan Anda akan terbebas dari kuman serta bakteri yang menimbulkan bau mulut karena batuk.

  • Melegakan Asma

Batuk yang dialami sebagian orang juga ada yang disebabkan oleh asma dan menjadi batuk asma.  Kondisi saluran pernapasan saat mengalami batuk asma tentunya akan menimbulkan sesak napas yang kurang nyaman. Dengan ramuan dari kapulaga, maka asma yang sedang dialami akan terasa lebih lega karena sifat kapulaga yang melegakan saluran pernapasan dan membuang kuman serta cara menghilangkan lendir di tenggorokan serta bateri penyebabnya.

  • Menghilangkan Nyeri Tenggorokan

Saat mengalami batuk-batuk, terkadang keadaan tenggorokan kita juga menjadi gatal dan sakit. Biasanya hal ini dialami oleh sebagian orang yang mengalami batuk kering dengan cukup sering. Manfaatkan kapulaga yang memiliki sifat terapeutik yang dapat menghilangkan rasa sakit di sekitar tenggorokan dengan obat batuk untuk penderita hipertensi tersebut.

Penggunaan bahan alami seperti kapulaga ini, akan lebih aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping bagi penderitanya. Khasiat kapulaga untuk batuk juga didapatkan jika kita mengkonsumsi ramuan kapulaga secara teratur hingga batuk sembuh.

, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal