Sponsors Link

4 Khasiat Obat Batuk Silex Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sponsors Link

Pernah kah anda mengalami batuk ? hampir bisa dipastikan dari kebanyakan kita pasti pernah yang namanya mengalami batuk, baik itu batuk kering, maupun penyebab batuk berdahak. Batuk merupakan sebuah gangguan kesehatan yang paling sering di alami kebanyakan orang, batuk timbul karena tumbuh memberikan reaksi dalam membersihkan lendir dari adanya iritasi atau membersihkan infeksi virus maupun bakteri yang dikeluarkan melalui saluran pernapasan.

Batuk tergolong penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya atau bisa disebut self limiting disease, adapun batuk dalam katagori wajar biasanya akan berlangsung kurang lebih 3-1 hari. Selain itu, batuk biasanya akan ditandai dengan gejala-gejala seperti demam (terkadang batuk disertai demam tinggi), radang tenggorokan, sakit kepala, mual, muntah, nyeri tubuh, hidung beringus, penyebab hidung tersumbat, dan berkeringat waktu malam hari.

Khasiat  Obat Batuk Silex

Obat batuk silex merupakan ramuan yang digunakan sebagai cara ampuh untuk mengatasi batuk berdahak yang dikarenakan flu (penyebab influenza), faringitis, brokitis, batuk rejan (batuk yang terjadi selama 100 hari) atau batuk yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Obat silex sirup ini memiliki kombinasi ekspektoran dan herbal seperti ekstra thyme, guaifenesin, ekstrak primula, ekstrak althaea, ekstrak sherpylli, minyak anise, serta minyak eukaliptus. Khasiat obat batuk silex akan dijelaskan untuk ibu hamil dan ibu menyusui dibawah ini, antara lain yaitu:

  1. Menurunkan Demam

Demam merupakan salah satu gejala sebagai salah satu tanda adanya batuk, kandungan thyme pada obat batuk silex sirup yang diketahui merupakan tanaman dengan khasiat yang beragam, satu diantaranya yaitu untuk menurunkan demam. Bukan itu saja, ekstra thyme sendiri juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan kekebalan tubuh meningkat batuk pun dapat mudah disembuhkan.

  1. Mengurangi Batuk

Tak berbeda dengan obat batuk berdahak tradisional, khasiat obat batuk silex berikutnya adalah mengurangi batuk, ekstra primula dalam kandungan obat satu ini dikenal sebagai tanaman herbal yang kerap kali digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati batuk akibat flu.

Bukan itu saja, kandungan minyak eukaliptus di dalam obat batuk silex juga dikenal dari dulu mampu menghangatkan tubuh serta melegakan batuk, pilik serta bronkitis.

  1. Mengencerkan Dahak

Selain mampu meredakan batuk dan demam, khasiat obat batuk silex berikutnya adalah mengecerkan dahak. Kandungan guaifenesin pada silex sirup ini lah penyebabnya, guaidenesin merupakan senyawa memiliki sifat ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak pada bagian saluran bronkial dengan cara mengurangi daya rekat serta tegangan pada permukaan dahak dengan cara bertindak sebagai iritan pada reseptor vagal lambung.

  1. Melegakan Saluran Pernapasan

Sama halnya buah apel mengilangkan batuk, khasiat obat batuk silex selanjutnya yaitu dapat melegakan saluran pernapasan. Kandungan droserae atau juga disebut sundew dalam obat silex sirup dapat melegakan saluran pernapasan dengan cara mengencerkan dahak, sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan dalam bentuk batuk. Sundew juga dikenal dapat sebagai obat untuk meringankan sesak dan juga kaku otot.

Kendati batuk merupakan reaksi tubuh secara alam dalam membersihkan serta melawan adanya infeksi bakteri maupun virus dari saluran pernapasan yang dapat sembuh dengan sendirinya, bagi sebagian orang gejala-gejala yang ditimbulkan bisa menganggu aktivitas sehari-hari maka itu diperlukan adanya penanganan khusus. Bagi anda yang memiliki keluhan berupa berdahak dapat memafaatkan khasiat obat batuk silex.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan