Sponsors Link

9 Obat Batuk Berkepanjangan pada Orang Dewasa Paling Manjur

Sponsors Link

Batuk berkepanjangan bisa saja terjadi kepada orang dewasa. Ciri-cirinya adalah batuk yang tidak kunjung sembuh. Selain itu, jika batuk masih terus terjadi, maka bisa jadi akan muncul rasa perih dan tidak nyaman pada tubuh dan tenggorokan. Bahkan batuk berkepanjangan bisa juga menyebabkan seseorang terluka tenggorokannya. Dan luka ini bisa menyebabkan infeksi yang mengganggu kesehatan. Batuk berkepanjangan bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari faktor kebiasaan, faktor gangguan dan kelainan, hingga faktor alergi. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa penyebab batuk berkepanjangan yang mungkin saja terjadi.

  • Kebiasaan merokok.
  • Kebiasaan makan dan minum yang tidak sehat.
  • Alergi.
  • TBC.
  • Asma
  • Naiknya asam lambung.
  • Infeksi pada saluran pernafasan.
  • Pengaruh obat.
  • Bronkitis.

Seperti yang dijelaskan di atas, batuk berkepanjangan bisa menyebabkan tubuh tidak nyaman dan tenggorokan menjadi perih, dan harus dilakukan cara mengobati batuk berdahak. Selain itu, ternyata beberapa penyakit juga bisa memicu batuk berkepanjangan padorang dewasa. Maka dari itu perlu dilakukan berbagai upaya. Untuk mengatasi batuk berkepanjangan, berikut ini ada beberapa obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa secara alami yang bisa digunakan, di antaranya:

1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh sudah sejak lama dijadikan obat batuk herbal. Khasiat belimbing wuluh juga bisa menjadi salah satu obat tradisional batuk kering ini juga bisa digunakan untuk batuk berkepanjangan. Caranya adalah ambil segenggam bunga dari belimbing wuluh. Cuci dan kemudian campur dengan adas. Masukkan secangkir air dan rebus hingga mendidih. Biarkan hangat dan kemudian minum airnya. Jika ingin lebih manis, tambahkan madu beberapa sendok, karena madu juga memiliki khasiat membunuh bakteri dan meredakan infeksi.

2. Bunga mawar

Siapa yang menyangka bahwa bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang bisa digunakan untuk membantu cara mengobati tenggorokan gatal berkepanjangan pada orang dewasa. Caranya adalah gunakan mawar yang masih segar. Campurkan mawar dengan air panas dan aduk hingga sari mawar larut dalam air. Berikan madu secukupnya dan minum selagi hangat.

3. Teh jahe

Salah satu minuman herbal yang cukup sering dijadikan obat herbal beberapa penyakit adalah teh jahe. Teh jahe bisa dibuat sendiri di rumah dengan membuat minuman teh yang dicampur jahe. Jika ingin terasa manis, tambahkan gula batu atau madu asli agar tidak pahit. Minum ramuan sehat ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

4. Kunyit

Bahan herbal lainnya yang bisa dijadikan sarana pengobatan batuk berkepanjangan adalah kunyit. Kunyit mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa membantu menghilangkan penyebab batuk berdahak dari batuk itu sendiri. Caranya adalah dengan menambahkan kunyit pada susu hangat. Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan setiap hari.

5. Madu dan lada putih

Madu dan lada putih juga merupakan campuran bahan herbal yang berkhasiat sebagai obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa. Caranya adalah dengan menggunakan 1 sdt madu dan taburi dengan lada putih. Minum seperti minum obat batuk sirup secara rutin setiap hari.

6. Kemangi

Kemangi yang merupakan salah satu jenis dari sayur-sayuran ternyata juga bisa membantu mengatasi batuk berkepanjangan. Kemangi juga cukup mdudah didapatkan sehingga bisa menjadi alternatif pengobatan jangka panjang yang cukup aman. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan kemangi secara rutin setiap hari.

7. Daun Sirih

Daun sirih memiliki manfaat yang banyak sehingga banyak digunakan sebagai daun untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit. Daun sirih ternyata juga bisa digunakan untuk obat batuk berkepanjangan agar cepat sembuh. Cara mengatasi batuk pilek pada anak adalah dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan ari bersih. Lalu gunakan air rebusan daun sirih itu untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

8. Jeruk nipis

Walau jeruk nipis disebut-sebut sebagai buah yang memiliki rasa asam, namun jeruk nipis ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk berkepanjangan. Namun jeruk nipis ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh seseorang dengan gangguan lambung. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu agar terasa lebih manis. Lakukan cara ini secara rutin hingga batuk segera sembuh.

9. Daun asam muda

Satu lagi bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk berkepanjangan pada orang dewasa adalah daun asam muda. Daun asam muda ini lebih cocok untuk batuk kering yang sering kali membuat tenggorokan terasa sangat perih, seperti pada umumnya dari penyebab batuk berdarah. Caranya adalah dengan mencampurkan daun asam muda dengan daun saga manis dan juga bubuk kayu manis. Rebus ketiga bahan dan konsumsi air rebusannya untuk meredakan batuk berkepanjangan.

Selain itu, beberapa hal berikut juga perlu dilakukan untuk mempercepat kesembuhan, di antaranya sebagai berikut:

  • Behenti merokok dan hindari asap rokok.
  • Hindari alergen jika batuk berkepanjangan terjadi karena alergi.
  • Tetap konsumsi makanan dan minuman sehat.
  • Konsumsi air putih yang cukup.
  • Istirahat secara cukup dan teratur.
  • Hindari begadang atau insomnia di malam hari.
  • Periksakan diri ke dokter jika muncul gejala penyakit lain.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan batuk.

Demikianlah beberapa obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa dengan bahan alami atau herbal yang bisa digunakan. Jika batuk berkepanjangan masih terjadi dan tidak juga sembuh, maka ada baiknya periksakan diri ke dokter untuk deteksi penyakit di saluran pernafasan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan