Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Batuk Berdarah yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Ketika anda mendengar kata batuk, apa hal yang pertama kali terlintas di pikiran anda? Tentu banyak dari anda yang mengira bahwa batuk merupakan penyakit. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Mengapa? Karena batuk merupakan sebuah reaksi alami dan wajar yang dilakukan oleh tubuh kita untuk membantu mengeluarkan benda atau zat asing yang menjadi sebab anda mengalami kondisi atau gangguan yang tidak diinginkan.

ads

Kecuali jika memang batuk yang anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tidak menunjukkan tanda – tanda akan kesembuhan meskipun anda sudah melakukan beberapa pengobatan untuk batuk yang anda alami. Perlu anda tahu bahwa banyak orang yang masih sulit membedakan mana ciri – ciri batuk berdarah atau yang tak kunjung sembuh dengan batuk biasa yang merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh kita.

Tanda-tanda Batuk Berdarah

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semuanya mengenai ciri – ciri batuk berdarah agar anda nantinya bisa membedakan antara batuk berdarah dengan batuk biasa yang terkadang bisa sembuh tanpa anda lakukan pengobatan apapun.

Sebelum itu, kami menyarankan anda untuk mengetahui beberapa ciri dari batuk jenis lainnya seperti ciri – ciri batuk kronis dan juga batuk menahun pada orang dewasa yang bisa semakin menambah wawasan anda ketika anda mengalami kondisi seperti itu.

1. Nafas Terasa Lebih Cepat

Ciri – ciri batuk berdarah yang bisa anda cermati adalah ketika anda atau anda menemukan seseorang yang mengalami nafas lebih cepat disertai dengan batuk. Jika anda amati lebih dalam lagi, maka kondisi ini akan membuat kita kasihan terhadap orang tersebut karena pastinya akan sangat mengganggunya.

Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja maka akan menjalar ke jantung ataupun paru – paru yang kemungkinan besar akan menyebabkan ia mengalami kondisi yang lebih parah, yakni seperti bronkitis atau pneumonia. Maka dari itu, jika anda sudah mengalami batuk dalam jangka waktu yang lama, maka yang harus anda lakukan adalah segera memeriksakan kondisi anda kepada dokter.

2. Sesak Nafas

Selain nafas terasa lebhi cepat, ciri – ciri batuk berdarah yang lain adalah orang tersebut akan mengalami sesak nafas. Hal ini merupakan sebuah akibat dari batuk yang awalnya dibiarkan dan tidak dilakukan pengobatan apapun sehingga akan menjadi pemicu orang tersebut mengalami kondisi yang lebih buruk. Perlu anda tahu bahwa sesak nafas yang dialami oleh tersebut jika masih dibiarkan maka akan menyebabkan ia terkena resiko serangan jantung.

Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan oksigen dalam darah yang masuk melewati jantung. Efek lain dari sesak nafas yang dialami adalah orang tersebut akan mengalami beberapa kondisi seperti demam tingi, menggigil, serta bibirnya akan berubah warna menjadi biru pucar. Untuk kondisi yang lebih parah, diketahui orang tersebut akan mengalami pembengkakan pada area kaki.

3. Badan Selalu Lemas

Ciri – ciri batuk berdarah selanjutnya yang bisa anda cermati adalah ketika ada seseorang yang kelihatan selalu lemas dan tak bersemangat disertai dengan batuk yang ia alami. Batuk memang akan mengakibatkan penderitanya mengalami badan yang lemas karena tubuhnya sudah banyak mengeluarkan tenaganya untuk batuk tersebut.

Sponsors Link

Sehingga lama kelamaan orang tersebut akan terlihat lemas dan selalu tidak bersemangat, berbeda ketika sebelumnya ia masih sehat dimana orang tersebut selalu aktif dan bersemangat terhadap kegiatan atau pekerjaanya. Jika sudah seperti ini, maka tidak ada cara lain lagi yang harus dilakukan selain segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga terhindar dari kondisi tersebut.

4. Batuk Basah

Ciri lain yang bisa anda cermati dari seseorang yang terindikasi mengalami batuk berdarah adalah ketika ia selalu mengalami batuk basah. Batuk basah atau yang juga disebut dengan batuk berdahak merupakan sebuah kondisi dimana seseorang yang menderita batuk jenis ini akan mengeluarkan dahak ketika ia batuk. Selain itu, orang yang mengalami batuk jenis ini biasanya juga akan mengalami beberapa kondisi lainnya seperti misalnya sesak nafas, dada yang terasa sakit, hidung tersumbat, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, untuk mencegah agar supaya batuk basah ini tidak semakin parah, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat – obatan yang memang terbukti efektif untuk menghilangkan batuk berdahak beserta lendir atau ingus yang menjadi sebab seseorang mengalami hidung mampet atau pilek.

5. Berat Badan Menurun

Ciri – ciri batuk berdarah yang terakhir adalah ketika orang tersebut mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Perlu anda tahu bahwa seseorang yang sudah lama mengalami batuk, maka akan berdampak pada nafsu makannya yang menurun sehingga kemudian akan mengakibatkan berat badannya menurun drastis. Apabila seseorang tersebut masih menganggap bahwa batuk ini merupakan hal yang wajar, maka tentunya berat badannya semakin lama akan semakin menurun dan pada akhirnya akan membuatnya semakin terlihat kurus.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan ciri – ciri batuk berdarah. Untuk semakin menambah wawasan anda, maka kami menyarankan anda untuk membaca tentang cara mengobati batuk berdahak, penyebab batuk sampai muntah, dan tips meredakan batuk dengan coklat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri