Sponsors Link

4 Khasiat Bunga Cengkeh untuk Batuk Segera Sembuh

Sponsors Link

Cengkeh merupakan tanaman asli asal Indoneisa yang banyak digunakan sebagi bumbu masak atau bahkan sebagai obat herbal beragam penyakit. Banyak khasiat cengkeh untuk menyebuhkan beragam penyakit. Tanaman cengkeh ini dapat tumbuh subur di tanah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Beragam penyakti dapat sembuh dengan bantuan cengkeh antara lain mengobati campak, menambah denyut jantung, mengatasi nyeri pada sakit gigi, menghilangkan bau mulut, obat masuk angin, mengatasi radang lambung, sebagi obat batuk dan penyakit lainnya. Pada artikel ini akan dibahas khasiat bunga cengkeh untuk batuk.  (baca juga: Jenis-jenis Batuk)

ads

Tanaman cengkeh yang panjang buahnya sekitar 1.5 – 2cm ini mengandung 330 kkal energi per 100g. Selain itu juga mengandung 5,2 gr protein, 8,9 gr lemak dan 57,4 gr karbohidrat. Minyak esensial dari cengkeh mengandung anestetik dan antimirkobial. Selain itu, cengkeh juga digunakan untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, sifat antiseptik pada cengkeh juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

Sebelum kita membahas cara pengggunaan cengkeh untuk obat batuk, sebaiknya Anda harus pahami beberapa gejala atau tanda – tanda batuk. Jika disebabkan oleh virus, maka batuk terjadi karena adanya sesuatu yang mengiritasi saluran napas, sehingga frekuensi batuk karena masuk angin pun semakin sering. Berikut ini gejala tanda atau gejala batuk antara lain:

  • Demam

Penderita batuk biasanya mengalami kenaaikan suhu tubuh yang cukup signifikan. Kondisi ini dapat menyebabkan demam ketika suhu tubuh naik tanpa disertai dengan pengobatan yang tepat.

  • Menggigil

Selain demam, ada beberapa kasus batuk juga mengakibatkan penderita mengalami kedinginan atau menggigil. Kondisi ini diperparah apabila tidak disembuhkan atau diobati secara cepat dan tepat.

  • Nyeri pada tubuh

Kondisi tubuh yang merasakan nyeri biasanya juga dialami ketika orang terkena batuk. Penderita batuk ada yang mengalami nyeri di bahu, leher atau di punggung.

  • Radang tenggorokan

Penyakit batuk juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Biasanya radang tenggorokan terjadi akibat pembengkakan di tenggorokan akibat infeksi cairan atau lendir ketika batuk. Kondisi seperti ini harus segera diobati dan dikonsultasikan ke doker.

  • Mual atau muntah

Mual atau muntah juga sering terjadi akibat penyakit flu. Apabila penderita batuk yang mengalami radang tenggorokan akan menelan sesuatu maka biasanya timbul rasa mual atau muntah. Batuk kering disertai muntah membuat kita menjadi tidak nyaman, terutama bila batuk yang kita alami tersebut disertai pula dengan pilek, sakit kepala, demam dan tubuh menggigil.

  • Sakit kepala

Kondisi ini sama halnya dengan nyeri pada tubuh. Sakit kepala dapat dialami oleh penderita batuk karena akan menimbulkan pusing atau nyeri pada kepala.

  • Berkeringat pada malam hari

Pada malam hari, penderita batuk biasanya mengalami berkeringat karena suhu tubuhnya meningkat. Seperti penjelasan sebelumnya, penderita batuk akan menyebabkan demam.

  • Hidung beringus

Batuk erat kaitannya dengan pilek. Apabila batuk berdahak maka dahak atau cairantersebut masuk ke rongga hidung dan mejadi ingus. Oleh sebab itu penderita batuk sering mengalmai hidung beringus.

Khasiat Bunga Cengkeh Untuk Batuk

Ada beberapat tanaman tradisional yang mampu meredakan batuk, salah satunya adalah bunga cengkeh. Berikut ini khasiat atau manfaat mengkonsumsi obat tradional dari bunga cengkeh untuk batuk, antara lain:

  • Dengan menguyah cengkeh dapat menyebuhkan batuk, meskipun rasa sedikit getir dan pahit akan tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)
  • Menghilangkan radang tenggorokan akibat batuk. Dengan mengkonsumsi rutin obat tradional yang berasal dari bunga cengkeh maka gejala batuk berupa radang tenggorakan akan perlahan – lahan sembuh.
  • Mengurangi intensitas batuk. Khasiat bunga cengkeh ini memang dapat mengurangi intensitas batuk karena dapat melegakan batuk dan memperlancar sistem pernapasan
  • Meredakan rasa nyeri pada tubuh. Kondisi batuk menyebabkan penderita mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh. Kondisi nyeri tersebut merupakan gejala dari batuk. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi ramuan bunga cengkeh sangat baik untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh tersebut.

Sediakan beberapa bahan seperti 10 butir cengkeh, setelah itu siapkan 10 lembar daun sirih, cari juga 5 lembar daun tapak liman, dan beberapa 3 butir kapulaga, dan 2 jari kayu manis dan gula arun secukupnya. Selanjutnya semua bahan tersebuh ditaruh di sebuah wadah yang berisi air 800 cc dan direbus hingga sisia air 400 cc. Kemudian air tersebut diasring dan diminumkan pada penderita batuk 2x sehari dengan setiap kali minum sebanyak 200 cc.

Setelah rutin mengkonsumsi ramuan cengkeh tersebut maka sebaiknya penderita harus melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah timbulnya batuk lagi.

  1. Istirahat yang cukup, dengan berisitirahat yang cukup maka akan memperbaiki sistem imun tubuh penderita
  2. Perbanyak minum air putih, kondisi batuk memang harus minum air putih yang banyak untuk memperlancar tenggorokan. Selain itu perbanyak minum air putih untuk terhindar dari dehidrasi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengelurkan racun dari dalam tubuh.
  3. Berhenti merokok, dengan berhenti merokok maka akan mengurangi intensitas batuk. Karena pada dasarnya merokok menyebabkan batuk dan apabila batuk terus merokok pasti akan menimbulkan penyakit yang lain atau bahkan kondisi batuk menjadi kronis atau akut
  4. Minum madu, dengan minum madu akan mempermudah sistem imun mulai naik dan akan mencegah virus penyebab batuk masuk ke tubuh manusia

Nah, seperti itu khasiat bunga cengkeh untuk batuk. Apabila And sekarang lagi terkena batuk maka sebaiknya Anda obati dengan ramuan cengkeh. Anda dapat membuat ramuan cengkeh seperti yang telah dijelaskan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal