Sponsors Link

5 Obat Tradisional Penyakit Ispa yang Aman Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

ISPA merupakan singkatan dari infeksi saluran pernapasan akut, ISPA adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit ini akan menginfeksi saluran pernapasan yang akan membuat salah satu organ pernapasan mengalami infeksi dan akhirnya menyebabkan pernapasan menjadi tenganggu. Infeksi ini biasanya di karenakan adanya virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan) dan juga paru-paru.

ads

Penyakit ini akan membuat fungsi pada pernapasan menjadi terganggu. Umumnya penderita ISPA akan mengalami berbagai gejala yang biasanya timbul, antara lain:

Obat Tradisional Penyakit Ispa

ISPA merupakan singkatan dari infeksi saluran pernapasan akut, salah satu penyakit yang kerap menyerang masyarakat Indonesia. Akan tetapi, penyakit satu ini sering di anggap remeh dan di abaikan tanpa diperhatikan secara khusus, biasanya penderita akan mulai sadar memberikan pengobatan jika mulai timbul efek buru.

Infeksi saluran pernapasan terjadi akibat salah satu organ pernapasan mengalami infeksi dan akhirnya menyebabkan pernapasan menjadi tenganggu. Infeksi ini biasanya di karenakan adanya virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan) dan juga paru-paru , apabila infeksi tersebut tak kunjung diobati infeksi akan menyebar ke seluruh bagian sistem pernapasan dan membuat tubuh tak akan memperoleh oksigen yang cukup, kondisi ini akan berakibat fatal, dan dapat menyebabkan kematian.

Adanya dampak buruk dari penyakit saluran pernapasan satu ini, maka dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasi ISPA. Dari sekian banyak pengobatan salah satu yang bisa digunakan ialah dengan obat tradisional penyakit ISPA, dan berikut merupakan daftranya :

  1.  Tanaman Cabe

Berbeda dengan fungsi obat batuk cohistan, obat tradisional penyakit ISPA yang pertama yaitu bisa memanfaatkan tanaman cabe. Ramuan cabe jawa dipercaya menjadi obat efektif untuk menyembuhkan infeksi saluran pernapasan. Ini dikarenakan adanya kadungan senyawa kimia di dalamya seperti atsiri, pipernia, hars, nutrisi, pati, piperidina, dan juga minyak lemak. Selain itu cabe jawa juga memiliki kandungan senyawa yang baik untuk tubuh antara lain :

  • Stomakika, senyawa ini dapat memicu enzim pencernaan yang mampu meningatkan nafsu makan. Memiliki manfaat untuk mengobati anemia, dan juga menaikkan berat bada yang ideal.
  • Karminatif, senyawa ini bisa digunakan untuk mengurangi perut kembung, sakit perut, dan juga mengobati kolik pada orang dewasa dan bayi.
  • Ekspektoran, senyawa ini memiliki fungsi untuk mengencerkan flegma pada tenggorokan, dan juga saluran bronkus, sera bisa meringankan iritasi penyebab batuk. Selain itu, ekspektoran juga dapat berfungsi untuk mengatasi gangguan pernapasan asama, sesak napas, dan juga mengatasi pilek.

2. Tanaman Bayam Duri

Obat tradisional penyakit ISPA berikutnya adalah bayam duri, bayam duri merupakan tanaman liar yang biasanya tumbuh di kebuh, lahan kosong dan juga perkarangan rumah. Tanaman ini hidup di di dataran rendah berketinggian 1400 mdpl. Berikut merupakan cara penggunaan serta fungsi bayam duri bagi kesehatan :

  • Sebagai obat ISPA, gunakan satu genggam daun bayam duri yang masih segar lalu cuci dan giling hingga halus. Tambahkan sedikit air dan juga gunakan sebagai tapa di dahi.
  • Untuk mengatasi sakit tenggorokan. Gunakan 45 gram akar segar bayam duri lalu cuci bersih, rebus, kemudian minum airnya.
  • Untuk obat radang saluran pernapasan. Gunakan sperempat genggam daun bayam duri. Kemudian cuci bersih lalu giling secara halus. Campurkan dengan 3 sengok air hangat dan beri sedikit garam, lalu peras kemudian saring airnya. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

3. Bunga krisna

Bunga krisna merupakan tanaman yang mempunyai antibiotic serta anti inflamasi, sehingga bunga satu ini menjadi sangat efektif dalam mengatasi macam-macam gangguan saluran pernapasan. Berikut cara meracik gunga krisna untuk obat ISPA :

  • Siapkan bunga krisna dan keringkan
  • Siapakan juga daun meniran, kulit jeruk mandarin, daun mint dengan takran sama
  • Lalu, rebus semua bahan tadi hingga mendidih
  • Setalah itu, saring dan juga tambahkan madu secukupna lalu berikan perasan jeruk lemon
  • Konsumsi ramuan ini secara teratur sebanyak 2 kali

4. Tanaman Bendotan

Tak sama dengan khasiat obat batuk woods, tanaman selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai obat ISPA adalah bendotan. Tanaman ini biasanya sering dijumpai di pinggir jalan dan masuk dalam tanaman yang sering digunakan sebagai ramuan alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit. Tanaman bendot memiliki kandungan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, antara lain : kumarin, alkoloid, asam amino, dan masih banyak lainnya.

5. Tanaman Kencur

Berbeda dengan khasiat obat batuk vicks, kencur sudah menjadi salah satu obat tradisional penyakit ISPA yang bisa dengan mudah diracik sendiri di rumah. Kencur merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengobati penyakit ISPA.

Demikian beberapa jenis obat yang sudah saya jelaskan yang terdapat ada 5 yang bisa anda ketahui untuk pengobatan anda.

, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal