Sponsors Link

Batuk Karena Gagal Ginjal: Akibat, Bahaya Dan Penaganannya

Sponsors Link

Batuk, walau sering dikira penyakit yang cukup ringan. Namun, dapat sangat berbahaya ketika dibiarkan begitu saja dan menjadi mangga menyebabkan batuk berkepanjangan. Karena batuk dapat berupa gejala dari berbagai penyakit dan juga dapat menyerang siapa saja. Termasuk karena gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan penyakit dimana ginjal di dalam tubuh kita tidak lagi dapat berfungsi dengan maksimal atau rusak. Penderita gagal ginjal pun akan merasakan batuk sebagai gejala ataupun efek samping pengobatan. Namun, seberapa bahayakah batuk karena gagal ginjal tersebut? Berikut penjelasannya.

ads

Akibat Batuk Karena Gagal Ginjal

Batuk karena gagal ginjal pun dapat mengakibatkan beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Seperti yang kita ketahui bahwa gagal ginjal merupakan penyakit yang cukup serius, bahkan ketika kita mengalami batuk secara bersamaan. Hal tersebut dapat mengakibatkan beberapa hal seperti dibawah ini:

  1. Sesak Nafas – karena ketika batuk, lendir menyebabkan jantung bekerja dua kali lebih cepat atau meningkat sehingga air di dalam paru-paru menyebabkan penyebaran infeksi pada paru-paru.
  2. Penurunan berat badan secara drastis – Mengapa demikian? Penurunan berat badan terjadi karena virus yang menyebar ke paru-paru sehingga paru-paru kita kelebihan cairan yang menyebabkan penurunan berat badan secara otomatis.

Ketika kedua hal tersebut terjadi, penderita gagal ginjal termasuk pada tahap kronis, sebaiknya tetap menjaga berat badan seimbang, melatih otot – terutama otot pernapasan, dan membersihkan rongga pernapasan atau hidung secara teratur saat mengalami batuk – hal ini mencegah kelebihan cairan pada paru-paru yang akan membuat Anda sulit untuk bernapas.

Bahaya Batuk Karena Gagal Ginjal

Setelah mengetahui akibat batuk karena gagal ginjal, selanjutnya yang perlu Anda ketahui bahwa seberapa berbahayakah batuk tersebut yang disebabkan oleh gagal ginjal? Hal ini diperuntukkan agar Anda dapat melakukan pencegahan sedini mungkin. Berikut ini beberapa komplikasi yang disebabkan oleh batuk karena gagal ginjal.

  1. Kelebihan Cairan – Apa yang membuat tubuh kita kelebihan cairan? Ternyata bagi penderita gagal ginjal, mengonsumsi air sebanyak 5 hingga 6 liter dalam sehari – yang mana bagi orang normal mengonsumsi 2-3 liter dalam sehari – dan hal ini sangatlah berbahaya. Karena akan membuat tubuh kita kehilangan kadar garam dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lemah hingga mengalami kejang-kejang.
  2. Hiperkalemia – Apa itu hiperkalemia? Hiperkalemia merupakan komplikasi dimana kadar kalium di dalam darah meningkat atau tinggi dari biasanya. Ketika kalium meningkat, maka kinerja jantung dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Ketika Anda mengalami gagal ginjal, tubuh akan kesulitan dalam membuang kadar kalium dalam tubuh dan berpotensi pada kematian.
  3. Gangguan Mineral dan Tulang – Gagal ginjal baik yang stadium awal hingga akhir dapat mengganggu mineral dalam tubuh dan tulang Anda. Hal ini disebabkan karena asupan kalsium yang kurang, terutama bagi penderita gagal ginjal kronis yang memiliki tulang yang lemah dan mudah patah .
  4. Hipertensi Hal ini disebabkan oleh glomeruler, cairan yang berlebihan dan tekanan darah yang naik sehingga penderita gagal ginjal – terutama gagal ginjal kronis – mengalami hipertensi.

Bentuk Penanganannya

Setelah mengetahui akibat dan bahaya gerakan yoga untuk menghilangkan batuk dikarenakan gagal ginjal, maka berikut ini beberapa bentuk penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk sekaligus gagal ginjal yang menyerang tubuh Anda.

  1. Mengonsumsi obat hipertensi – Ketika Anda terkena hipertensi – seperti yang dijelaskan diatas – Anda dapat mengonsumsi obat hipertensi seperti ACE inhibitor atau ARB untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang Anda alami.
  2. Obat Kortikosteroid b  Obat ini diperuntukkan bagi penderita gagal ginjal yang mengalami peradangan pada unit penyaringan dalam ginjal.
  3. Suplemen kalsium dan vitamin D – Suplemen ini diberikan untuk mencegah tulang melemah dan mengurangi kemungkinan terjadinya patah tulang.

Selain itu, terdapat hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan dalam mengatasi bolehkah vaksin batuk renjan dan gagal ginjal seperti:

  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga pola hidup sehat
  • Mejaga berat badan
  • Menerima vaksin
  • Rutin mengecek kesehatan tubuh Anda

Demikianlah, penjelasan mengenai batuk karena gagal ginjal mulai akibat yang ditimbulkan hingga penanganannya. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda, jaga asupan gizi tubuh dan senantiasa menjaga gaya hidup sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,