Sponsors Link

Batuk Pilek Disertai Mimisan – Gejala, Penyebab dan Penanganan

Sponsors Link

Keadaan cuaca yang berubah-ubah membuat kondisi kesehatan pun tidak menentu. Terutama kesehatan anak-anak, yang akan mudah sekali ngedrop dan terjangkit penyakit. Batuk pilek, panas tinggi, diare, demam bahkan terkadang disertai mimisan. Baca juga mengenai penyebab keluar dahak tanpa batuk. Apabila kondisi anak sudah ngedrop seperti ini terutama demam tinggi maka orang tuanya akan sangat khawatir. Apalagi jika demam tersebut melebihi tiga hari dan belum pulih juga. Sebaiknya jika sudah seperti ini, anak harus mendapatkan penanganan dari dokter. Agar segera diketahui apa penyebab dari demam tersebut dan segera ditangani dan cepat sembuh. Baca juga mengenai batuk disertai sakit perut bagian bawah.

ads

Dalam istilah kedokteran mimisan disebut sebagai epikstasis yang artinya kondisi dimana hidung telah mengeluarkan darah. Ketika anak sedang terserang batuk pilek dan disertai mimisan, ini merupakan suatu hal yang wajar dan normal. Baca juga mengenai kepala sakit saat batuk. Tetapi apabila disertai mimisan yang begitu banyak dan tidak berhenti-berhenti serta mengalami gejala seperti pucat, lemas, demam apalagi jika mengalami pendarahan di bagian lain seperti gusi maka hal yang harus dilakukan yaitu segera bawa anak ke rumah sakit atau periksakan ke dokter agar segera ditangani. Baca juga mengenai batuk keluar darah kental.

Gejala-gejala Batuk Pilek Disetai Adanya Mimisan

Selain demam, penyakit yang sering menjangkit anak-anak juga yaitu batuk pilek dan bahkan bisa disertai mimisan. Penyebab dari mimisan ketika pilek ini yaitu diakibatkan karena pada saat membuang lendir terlalu kencang yang mengakibatkan bagian pembuluh darah menjadi cedera, namun bisa juga disebabkan terkelupasnya lendir yang sudah kering. Baca juga mengenai penyebab batuk sampai muntah. Pada permukaan hidung terdapat pembuluh darah pada bagian dalam yang ada di bagian depan. Dan pada sebagian orang pembuluh darah ini cenderung begitu rapuh apalagi pada usia anak-anak yang menyebabkan mudah sekali untuk mimisan. Mimisan juga dapat disebabkan oleh hal lain yaitu diantaranya:

  • Disebabkan udara yang kering.
  • Adanya infeksi pada hidung contohnya infeksi rongga hidung (sinusitis).
  • Diakibatkan mengorek hidung terlalu keras.
  • Darah tinggi (hipertensi).
  • Cedera pada hidung.
  • Adanya kelainan darah, dan
  • Mengalami efek samping akibat mengkonsumsi obat.

Penyebab Batuk Pilek Disertai Mimisan

Tidak semua demam dan batuk pilek yang disertai mimisan didiagnosa menderita peyakit berbahaya. Ketika anak mengalami batuk pilek, badan panas dan disertai dengan mimisan ini bisa jadi anak tersebut terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri atau organisme lainnya. Adapun penyebab pilek yang disertai mimisan yaitu karena terjadi kondisi seperti di bawah ini:

  • Disebabkan oleh bakteri.
  • Sedang mengalami flu.
  • Disebabkan alergi.
  • Seringnya menekan dan menggosok hidung yang terlalu keras.
  • Mengeluarkan lendir terlalu keras.

Batuk pilek yang disertai mimisan juga dapat disebut sebagai difteri yaitu terjadinya infeksi pada saluran pernapasan yang berada di bagian atas yang dikarenakan kuman atau bakteri pada tenggorokan dan hidung. Dan penyebab utamanya yaitu bakteri yang bernama corynebacterium diphtheriae yaitu kuman yang akan menyerang dna yang bersarang pada saluran pernapasan. Dan saluran pernapasan yang sering terkena bakteri ini biasanya amandel.

Sponsors Link

Sementara itu, pilek yang mengeluarkan darah yang disebabkan oleh kanker memang gejalanya hampir mirip dengan gejala pada sinusitis serta ditambah pula dengan adanya tumor ataupun massa abnormal misalnya gigi tanggal. Selain itu, ada penyebab lain dari pilek yang disertai mimisan yaitu di antaranya sebagai berikut:

  • Adanya radang tenggorokan, yang dapat menyebabkan permukaan pada tenggorokan mudah berdarah dan luka.
  • Karena sinusitis, yang disebabkan adanya peradangan karena infeksi pada rongga kosong pada tulang kepala.
  • Karena pneumonia, merupakan infeksi pada paru-paru.
  • Polip hidung, yaitu adanya benjolan pada bagian dalam hidung yang gampang berdarah.
  • Karena tuberkulosis, merupakan infeksi pada paru-paru.

Penanganan Batuk Pilek Disertai Adanya Mimisan

Sponsors Link

Untuk penanganan pertama ketika anak mengalami batuk pilek disertai mimisan, kita bisa memencet hidung anak dengan menggunakan jempol dan telunjuk kita, kemudian tundukkan kepalanya dan mencondongkan tubuhnya ke depan agar darah tidak masuk ke saluran pernapasan. Namun selama ini, kebanyakan orang jika mengalami mimisan malah mendongakkan kepalanya bukan menundukkannya padahal ini sangat berbahaya.

Satu hal yang harus diketahui, jangan pernah menyepelekan mimisan meskipun hal ini terjadi ketika mengalami batuk pilek. Apalagi jika sudah demam dan disertai dengan mimisan, ini bisa menjadi pertanda bahwa anak telah terjangkit suatu penyakit. Untuk itu segeralah bawa anak ko dokter untuk mengetahui diagnosanya.

Adapun tanda-tanda yang membahayakan jika anak mengalami batuk pilek disertai mimisan, yaitu sebagai berikut:

  • Darah yang dikeluarkan sangat banyak.
  • Mengalami kesulitan untuk bernapas.
  • Merasakan nyeri didada dan denyut nadi melemah.
  • Merasakan lemas dan wajah menjadi pucat.

Dalam beberapa kasus, apabila anak mengalami demam tinggi dan disertai dengan mimsan yang mengalami tanda-tanda seperti di atas maka anak tersebut didiagnosa menderita penyakit demam berdarah bahkan leukimia. Pada dasarnya, penyakit batuk pilek itu merupakan penyakit yang wajar meskipun terkadang disertai mimisan. Intinya tidak perlu panik terlebih dahulu, tangani sebaik mungkin ketika hal ini terjadi pada anak. Dan jika sudah tidak bisa menangani sendiri segera bawa anak ke dokter.

Sekian pembahasan mengenai batuk pilek disertai mimisan ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semakin memahami gejala penyakit ini. Mohon maaf atas segala kekurangan dalam penulisan, dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk singgah di artikel kali ini. Terima kasih dan sampai jumpa di lain kesempatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab