Sponsors Link

Bolehkah Makan Nanas Saat Batuk? Apakah Menimbulkan Efek Samping?

Sponsors Link

Apakah Anda suka makan buah nanas? Buah yang memiliki bentuk unik ini termasuk salah satu jenis buah yang bisa digunakan sebagai hidangan penutup, bahkan sebagai obat alami. Buah nanas harus dikupas terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Disarankan mencuci buah nanas, harus dengan air garam, agar saat dikonsumsi buah nanas ini tidak menimbulkan gatal pada tenggorokan. Sebagian orang rupanya masih menganggap bahwa bolehkah makan semangka saat batuk apakah berbahaya  serta buah nanas biasanya dapat menjadi pemicu batuk dan gatal tenggorokan.

ads

Menurut beberapa sumber artikel kesehatan, ternyata buah nanas ini aman dikonsumsi sekalipun sedang batuk. Buah nanas sebenarnya memiliki formula khusus untuk membantu meredakan sakit tenggorokan ketika batuk. Rasa buah nanas yang tidak terlalu manis juga aman dikonsumsi saat sedang batuk. Sebagian orang juga berpendapat bahwa fungsi obat batuk benadryl dan kandungan dalam buah nanas ini, justru ampuh untuk atasi berbagai keluhan batuk secara alami.

Bolehkah Makan Nanas Saat Batuk? Apakah Menimbulkan Efek Samping?

Mari kita bahas mengenai buah nanas dan kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. Buah nanas yang dalam Bahasa inggrisnya disebuat pineapple ini, memiliki kandungan enzim yang disebut bromelain. Enzim ini kabarnya dapat mengurangi peradangan yang terjadi di area tenggorokan serta mampu mengurangi resiko saat pasien terkena penyakit arthritis. Beberapa jenis penyakit parah lainya seperti kanker hingga jantung juga dapat dihindari jika rajin mengkonsumsi buah nanas ini.

Enzim bromelain ini biasanya terletak di bagian batang atau pangkal nanas yang keras. Buah nanas juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin  A, B serta C.  begitu pula dengan kandungan zat besi, beta karoten dan kalsium yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan penting lainya seperti potassium juga terdapat dalam buah nanas dan bermanfaat sebagai penambah daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit oleh bakteri atau virus seperti flu dan batuk.

Buah nanas sering dianggap sebagai buah buah yang dilarang saat bayi batuk yang ternyata ampuh untuk bantu atasi batuk, karena buah ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi. Manfaatnya, mampu untuk atasi batuk serta gatal tenggorokan. Selain itu dapat mengurangi infeksi di area kandung kemih pada pasien yang mengalami penyakit dia area tersebut.

Melihat dari banyaknya manfaat buah nanas untuk mengatasi batuk secara alami dan beberapa penyakit lainya, maka buah nanas tidak termasuk buah yang tidak boleh dikonsumsi saat batuk. Jika mengalami batuk kering atau berdahak, sebaiknya makan buah nanas untuk membantu atasi batuk dan meredakan batuk secara cepat dan alami.

Cara Menjadikan Nanas Sebagai Obat Batuk Alami

Setelah mengetahui manfaat dari buah nanas, saatnya Anda mengetahui bagaimana untuk membuat ramuan obat batuk alami dari buah nanas tersebut. Ramuan alami dari buah nanas untuk atasi batuk yang paling mudah adalah dengan membuat jus nanas. Berikut selengkapnya:

  • Siapkan buah nanas yang rasanya manis
  • Potong-potong buah nanas tersebut
  • Blender hingga halus
  • Campurkan jus nanas ini dengan perasan lemon serta madu, lalu aduk hingga rata

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya jus nanas ini diminum secara teratur dua hingga tiga kali sehari agar batuk segera mereda. Jika batuk sudah sembuh, sebaiknya jangan lanjutkan untuk minum jus nanas tersebut. Jus nanas untuk obati batuk secara alami ini dapat dikonsumsi setiap sebelum atau sesudah makan. Untuk pasien bayi, gunakan sendok takar agar mudah saat diberikan pada bayi.

Cara Mencegah Batuk Agar Berisitirahat dengan Tenang

Ketika kita sedang batuk, walaupun suara serak karena batuk berdahak dan sedang menjalani pengobatan batuk dengan meminum jus buah nanas, namun terkadang gejalanya masih bisa kita rasakan, terutama saat akan tertidur di malam hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kita masih bisa mencegah agar batuk tidak muncul ketika hendak berisitirahat di malam hari. Berikut beberapa cara untuk mencegah batuk:

Sponsors Link

  • Meninggikan Posisi Bantal Saat Tidur

Jika batuk masih sering melanda ketika hendak tertidur, cobalah untuk meninggikan bantal Anda. Hal ini akan sangat membantu, terutama bagi Anda yang sedang mengalami batuk berdahak. Lendir yang menumpuk di area tenggorokan akan memudar saat kita meninggikan bantal untuk tidur.

  • Mengurangi Alergen

Alergen merupakan pemicu batuk alergi seperti jamur, bulu hewan, debu dan lain sebagainya. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus mengurangi allergen seperti membersihkan sprei dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah kita dengan maksimal.

  • Meminum Teh Herbal dan Madu

Kabarnya, meminum teh herbal dalam kondisi hangat dan diberi madu, dapat membantu meringankan serta melegakan tenggorokan. Lendir yang menumpuk dan iritasi karena batuk. Minumlah teh yang tidak mengandung kafein agar tidur Anda tetap terjaga.

  • Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok pastinya dapat memicu batuk lebih parah. Jika memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera hentikan agar batuk yang dialami tidak semakin parah.

Mengkonsumsi buah nanas saat batuk mungkin tidak anjurkan. Namun, setelah buah nanas itu diolah menjadi jus nanas dengan sedikit tambahan herbal seperti madu, maka bolehkah makan nanas saat batuk tentunya dibolehkan, bahkan untuk mengobati batuk itu sendiri.

, , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman