Sponsors Link

Batuk Berdahak Setelah Tertawa, Kenapa, Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Adakalanya beberapa orang mengalami batuk berdahak setelah tertawa. Banyak yang mengkaitkan hal tersebut terutama apa yang jadi penyebab keadaan batuk karena masuk angin yang satu ini. Selain itu banyak pula yang bingung apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan atau tidak.

ads

Termasuk apa hubungannya dan bagaimana cara mengatasinya. Karena tidak banyak informasi mengenai hal ini, maka diperlukan penjelasan yang sesuai mengenai penyebab kondisi tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini beberapa penyebab dan alasan batuk berdahak setelah tertawa.

Penyebab

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi yang demikian, dan belum tentu orang awam mengetahui semua hal tersebut. Berikut ini penyebab kondisi tersebut yang umum terjadi:

  • Tersedak, inilah alasan utama jika seseorang tiba-tiba batuk berdahak badan lemas tepat setalah tertawa lepas. Karena adakalanya ludah masuk ke saluran pernafasan secara tidak sengaja saat sedang asyik tertawa. Oleh sebab itu sebaiknya berhati-hati saat tertawa lepas supaya tidak menimbulkan kemungkinan tersedak.
  • Infeksi bakteri dan virus, bisa saja dari awal penderita telah mengalami batuk dan gatal di tenggorokan. Jadi saat sedang bersenda gurau dan tertawa maka timbul batuk karena amandel di sela-selanya. Jika menghadapi situasi ini sebaiknya segera minum obat batuk yang tepat supaya batuk tidak makin parah dan dapat sembuh dengan segera.
  • Dehidrasi, tanpa disadari bisa jadi tenggorokan kering akibat dehidrasi merupakan penyebab kondisi tersebut. Karena itu pastikan perbanyak minum air putih supaya dapat menghindari kondisi yang kurang baik ini. Dengan memperbanyak air maka dahak akan larut dan lebih encer, sehingga batuk juga dapat dicegah.

Bahaya 

Kondisi batuk berdahak setelah tertawa bisa jadi berbahaya dan bisa saja tidak. Namun sebagai informasi bagi yang belum paham tentang masalah kesehatan yang satu ini, berikut ini beberapa bahaya yang mungkin terjadi:

  • Susah bernafas, karena bisa jadi saat tersedak dahak menggumpal dan berdarah pada sistem pernafasan maka dapat menghambat jalannya pernafasan sehingga saluran pernafasan tertutup dan tubuh kekurangan oksigen. Oleh sebab itu sebaiknya berhati-hati dengan kondisi ini agar tidak terjadi.
  • Infeksi sekunder, akibat batuk berdahak disertai hidung tersumbat dapat merambat pada infeksi penyakit lainnya. Oleh karena itu sebaiknya jangan menyepelekan batuk dan segera obati dengan jenis pengobatan untuk batuk berdahak yang paling tepat.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi batuk berdahak ada beberapa cara, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Dengan pengobatan alami yang mudah didapatkan seperti misalnya memakai madu dan sari jeruk nipis. Dapat pula dengan memakai manfaat kencur untuk batuk berdahak atau kunyit. Bahan-bahan alami ini sangat ampuh untuk meredakan batuk berdahak tanpa efek samping. Karena itu tidak heran jika banyak yang memilih menyembuhkan batuk dengan cara ini.
  • Memakai obat sesuai dengan yang diberikan resep dari dokter. Kebanyakan ini adalah alternatif yang dipilih terakhir. Karena batuk sebenarnya mudah diatasi dengan cara sederhana terlebih dahulu. Jika terjadi batuk disertai demam tinggi dan gejala yang lebih parah seperti mual muntah maka barulah tepat untuk mendapatkan pengobatan antibiotik dan obat batuk yang sesuai dengan resep dari dokter.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai kondisi batuk berdahak setelah tertawa. Melihat berbagai macam penyebabnya, bisa jadi batuk yang dialami hanya batuk biasa dan tidak berbahaya. Sepanjang kondisi ini segera diatasi, maka tentunya penyakit batuk yang menyerang tidak akan bertambah parah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab