Sponsors Link

Dahak Dari Hidung Bercampur Darah: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Ketika Anda mengalami sinus dalam waktu yang panjang, namun tidak kunjung mereda. Anda bisa saja mengalami sinusitis berulang, ini dapat dilihat dari berbagai gejala yang Anda alami. Salah satunya seperti saat batuk mengeluarkan darah. Ketika dahak dari hidung bercampur darah membuat kesehatan Anda semakin menurun. Ini juga dapat dipicu dari infeksi atau bakteri lain dari anggota tubuh Anda. Berikut beberapa penjelasan mengenai dahak dari hidung bercampur darah yang Anda alami.

ads

Penyebab dahak bercampur darah yang Anda alami

Dahak dari hidung bercampur darah akan membuat Anda merasa khawatir ketika mengalaminya. Karena bisa saja selain sinusitis, Anda mengalami gejala penyakit yang lain. Berikut beberapa penyebab dahak yang bercampur darah yang mengganggu kesehatan Anda.

  1. Sinusitis – ketika Anda mengalami sinusitis berkepanjangan, hal ini bisa saja terjadi karena lendir yang mengiritasi hingga menyebabkan luka pada area tenggorokan ataupun saluran pernapasan.
  2. Kelainan darah – ini merupakan penyakit yang mempengaruhi kuantitas dan fungsi pada bagian padat dari darah Anda. Dengan begitu, ini akan menyebabkan darah ikut keluar saat Anda mengalami bersin atau makanan penyebab suara serak karena batuk berdahak.
  3. Tumor – ini merupakan yang paling parah ketika Anda mengalami batuk berdahak yang bercampur darah. Segeralah periksakan ke dokter mengenai gejala-gejala yang Anda alami.
  4. Iritasi atau lecet di area tenggorokan – ini terjadi ketika Anda terlalu berusaha keras mengeluarkan dahak yang mengganggu ketika menempel di tenggorokan – yang akan menimbulkan luka.
  5. Tuberculosis (TBC) – penyakit pada paru-paru yang disebabkan karena peradangan dan dapat menular melalui apa saja. ini juga yang menyebabkan keluarnya dahak dari hidung bercampur darah.
  6. Pneumonia – penyakit yang ditandai peradangan pada paru-paru akibat sinusitis yang tidak ditangani dengan benar atau sinus berkepanjangan. Ini juga dapat mengakibatkan infeksi pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Penyakit ini juga dikenal dengan paru-paru basah.
  7. Bronchitis ­– penyakit ini terjadi karena adanya infeksi pada saluran utama pernapasan dari bronkus yang dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi. Ini juga dapat menyebabkan jus untuk batuk berdahak hingga keluarnya darah.

Selain itu, penyebab lain juga bisa terjadi seperti gagal jantung kongestif, efek samping dari obat pengencer darah yang dikonsumsi, kanker paru-paru, luka berat yang diakibatkan dari kecelakaan yang pernah Anda alami, hingga dapat terjadi akibat penggunaan narkoba. Hal ini tentu saja akan merugikan kesehatan seluruh sistem pada tubuh Anda.

Bahaya yang ditimbulkan dari dahak bercampur batuk

Tentu saja Anda harus segera mengobati dahak dari hidung bercampur dahak dan ingus bercampur darah yang Anda alami. Karena, jika saja penanganannya tidak tepat atau tidak sesegera mungkin, Anda akan mengalami beberapa hal berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Seperti berikut ini.

  • Gusi berdarah – ini bisa disebabkan karena iritasi ketika Anda terlalu berusaha keras mengeluarkan menelan dahak batuk saat puasa.
  • Saluran pencernaan hingga saluran pernapasan yang mengalami luka dan infeksi yang parah.
  • Pendarahan berlebih pada saluran pernapasan.
  • Ini juga akan menimbulkan luka pada lambung Anda ketika terus-menerus mengeluarkan luka atau biasa dikenal ulcus pepticum.
  • Sakit kepala berkepanjangan karena aliran darah tentu saja seharusnya mengalir ke otak namun terlalu sering keluar hingga selain kekurangan cairan, Anda akan mengalami tekanan darah rendah.
  • Sering mengalami pingsan ketika Anda beraktivitas fisik atau lebih mudah kelelahan. Ini akan mengganggu beberapa kesibukan Anda di hari kerja ketika terus terusan kelelahan.

Pengobatan yang harus dilakukan

Sponsors Link

Untuk mengurangi bahkan menghilangkan dahak yang keluar bercampur darah Anda harus segera berkonsultasi ke dokter guna meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi. Berikut beberapa pengobatan yang dapat Anda terapkan:

  1. Pemberian antibiotic untuk infeksi pada paru-paru yang mungkin terjadi yang ditandai dengan darah keluar bersama dengan dahak bening berbusa.
  2. Dokter akan memberikan steroid jika batuk berdarah yang anda alami terjadi karena adanya peradangan.
  3. Melakukan radiasi atau kemoterapi, ini biasanya ketika penyebab nya sudah semakin parah. Dokter akan langsung menyarankan metode pengobatan ini. Atau langsung melakukan operasi untuk mengurangi efek samping.
  4. Embolisasi arteri bronchial, ini akan disarankan pada Anda ketika terjadi pendarahan di dalam arteri Anda. Ini akan membantu mengurangi kuantitas darah yang keluar.
  5. Selain itu Anda dapat melakukan metode pencegahan seperti, menggunakan obat batuk sesuai anjuran dokter, menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari, menghirup uap air hangat untuk melancarkan dan membersihkan rongga pernapasan, serta mengonsumsi minuman hangat.
Sponsors Link

Selain daripada hal diatas, Anda juga dapat melakukan pengobatan herbal dan alami tanpa harus ke dokter. Seperti dibawah ini.

  1. Berkumur dengan air garam – ini dapat mengurangi dahak yang menempel di saluran pernapasan atau tenggorokan Anda.
  2. Mengonsumsi Makanan Pedas ­– ini dipercaya dapat menghilangkan dahak atau lendir di tenggorokan.
  3. Menggunakan jeruk nipis dan kecap ­– dengan meminum campuran kecap dan jeruk nipis secara rutin akan membersihkan saluran pernapasan hingga paru-paru Anda.
  4. Mengonsumsi madu dan jahe ini dipercaya karena madu dan jahe mampu bekerja sama meminimalisir gejala flu dan batuk serta melegakan tenggorokan.
  5. Rebusan Daun Sirih – ketika Anda didiagnosis penyakit bronchitis atau tuberculosis, daun sirih mampu mengobatinya secara alami. Karena daun sirih ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit menular, penyakit dalam maupun penyakit luar.
  6. Menghindari rokok dan produk dari kedelai dan susu ­– hal ini karena ketiganya dapat menjadi pemicu dan memperparah penyakit yang sedang Anda alami. Terutama dahak yang bercampur darah.

Setelah mengetahui penyebab hingga metode pengobatan, Anda dapat menerapkannya dan tidak lupa berkonsultasi mengenai dahak yang bercampur darah yang Anda alami. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda.

, , ,