Sponsors Link

8 Warna Dahak Yang Berbahaya Bagi Penderita Batuk Berdahak

Sponsors Link

Parah tidaknya penyakit batuk berdahak umumnya dapat terlihat dari 8 warna dahak yang berbahaya. Hal ini karena warna dahak menentukan seberapa tingkat infeksi penyakit. Sehingga tidak heran jika warna dahak dapat dijadikan salah satu patokan untuk mengukur apakah penyakit batuk karena penyakit jantung yang diderita cukup parah atau tidak. Tentunya ini dapat berkaitan dengan pemulihan serta pengobatan yang nantinya akan dipilih untuk meredakan batuk. Dengan mengetahui warna yang timbul, maka dapat dilakukan pengobatan yang sesuai tingkat keparahan penyakit ini. Tujuannya tak lain supaya memperoleh kesembuhan yang maksimal namun tidak berlebihan dalam memberikan terapi pengobatan untuk kondisi batuk tersebut.

ads

Seringkali banyak orang tidak memahami hal tersebut. Kebanyakan berpikir bahwa keparahan suatu penyakit batuk tergantung dari seberapa sering batuknya terjadi atau seberapa tinggi demam. Hal ini juda tidak sepenuhnya salah, hanya saja yang paling tepat dengan melihat secara seksama apa warna dahak yang sedang diderita. Sehingga dapat menentukan apakah batuk baru saja terjadi, sedang parah-parahnya, atau bahkan mau sembuh. Untuk itu berikut ini akan diberikan penjelasan secara lebih rinci untuk memahami kondisi tersebut. Jika ingin tahu lebih jelas, sebaiknya sisihkan waktu dan baca berikut ini penjelasan mengenai 8 warna dahak yang berbahaya selama sedang mengalami batuk berdahak.

1. Bening

Inilah warna dahak yang disinyalir paling aman jika dialami oleh penderita flu maupun gejala batuk. Karena jika dahak berwarna bening, maka umumnya penyakit yang dialami masih belum terlalu parah atau sedang dalam permulaan. Selain itu warna dahak yang berwarna bening juga bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami proses pemulihan penyakit.

Oleh sebab itu jika warna dahak berwarna bening, maka terapi pengobatannya tidak terlalu susah dan cukup atasi dengan cara yang alami saja. Misalnya  dengan minum banyak air putih dan pastikan penderita memiliki waktu istirahat yang lebih banyak dari biasanya. Karena umumnya jika dahak berwarna bening, maka demam sudah tidak terjadi dan biasanya tidak diikuti gejala influenza lain seperti pusing dan sakit kepala. Dengan demikian tidak perlu pengobatan yang berat. Cukup lakukan cara mengatasi batuk yang ringan dan mudah serta alami tanpa efek samping. Dengan pengobatan yang alami maka batuk akan segera sembuh tanpa efek samping yang lebih parah di kemudian hari bagi tubuh penderita batuk.

2. Putih Susu

Warna dahak selanjutnya yaitu warna putih susu. Saat dahak berwarna putih susu harus dilihat lagi apa penyebab timbulnya batuk dan dahak tersebut. Apakah karena gejala flu biasa atau karena infeksi lain dalam tubuh. Umumnya jika dahak warnanya putih susu, maka kemungkinan besar dahak makin kental dan mulai bercampur dengan virus. Hanya saja dalam tahapan ini biasanya kondisi penderita tidak terlalu parah dan belum mengalami demam tinggi.

Jika warna dahak adalah putih susu maka sebaiknya mulai perhitungkan untuk mengkonsumsi obat batuk yang berguna untuk mengatasi batuk berdahak. Namun jika masih ingin memakai cara yang alami sebaiknya mulai perhitungkan untuk minum kencur atau sari buah lohan. Sehingga kondisi batuk yang awalnya akan makin parah dapat diredam dan dapat segera sembuh sebelum batuk menjalar menjadi infeksi berbahaya. Oleh sebab itu jika ternyata memiliki dahak yang berwarna putih susu tidak perlu terlalu khawatir. Dengan rajin mengkonsumsi obat alami maka kondisi penyebab batuk saat tidur tersebut akan segera reda hanya dalam hitungan hari.

3. Kuning

Warna dahak yang berbahaya selanjutnya dan butuh untuk mendapatkan perhatian lebih yakni jika dahak yang diproduksi sudah berubah warna menjadi kuning. Biasanya jika dahak menjadi warna kuning itu artinya penyakit batuk makin parah dan telah terjadi infeksi lanjutan atau sekunder yang jauh lebih parah dalam diri penderita batuk.

Oleh sebab itu jika warna dahak ternyata sudah berwarna kuning, sebaiknya pertimbangkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter yang tepat. Sehingga dapat diperoleh pengobatan yang sesuai pula dengan kondisi kesehatan yang dialami.

Sponsors Link

Karena tentunya diagnosa dokter bukan tanpa bukti, melainkan dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh termasuk seperti suhu badan tubuh dan gejala lain yang menyertai. Biasanya jika memang penderita mengalami infeksi parah, maka dokter akan memilih untuk memberikan pengobatan yang berupa obat antibiotik. Tujuannya agar infeksi virus maupun bakteri yang terjadi dapat segera diatasi dan penyakit batuk berdahak maupun hidung tersumbat sebelah karena dahak dapat segera diatasi dengan maksimal.

4. Coklat

Sebaiknya hati-hati jika ternyata dahak yang dikeluarkan dari tenggorokan ternyata berwarna coklat. Karena bisa jadi itu merupakan tanda sedang mengalami penyakit yang berkaitan dengan kesehatan paru-paru penderita batuk. Umumnya jika batuk berwarna coklat maka telah terjadi pendarahan dalam yang kemudian mengering dan keluar bersama dahak. Hal ini sangat mungkin diderita oleh para penderita kanker paru atau penyakit paru kronik.

Oleh karena itu jika mengalami hal yang demikian segera lakukan pemeriksaan yang intensif di rumah sakit. Bila perlu segera berhenti merokok dan perbaiki kesehatan aliran udara di sekitar lingkungan penderita. Karena bisa jadi lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gejala penyakit tersebut.

ads

Biasanya dengan melakukan foto paru atau ronsen maka dapat dilihat dengan jelas apa yang sedang diderita oleh paru-paru di dalam tubuh. Sehingga bisa diberikan pengobatan yang paling tepat dan sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Hijau

Warna berikutnya yang harus diperhatikan yaitu jika dahak berwarna hijau. Entah hijau terang maupun hijau tua pekat. Ini merupakan tanda bahwa tubuh penderita sedang terserang infeksi virus yang cukup ganas. Biasanya kondisi ini disertai gejala lainnya seperti misalnya pusing, sakit kepala, mual muntah dan yang paling khas yaitu kondisi batuk disertai demam tinggi yang tidak kunjung reda. Demam ini terjadi akibat reaksi tubuh melawan infeksi yang menyebabkan timbulnya flek pada sistem pernafasan dan menimbulkan kondisi batuk berdahak.

Jika mengalami hal ini umumnya dokter akan segera memberikan pengobatan berupa terapi antibiotik untuk kurun waktu beberapa saat. Selain itu biasanya penderita akan diminta untuk banyak istirahat, minum air putih serta mengkonsumsi multivitamin dosis tinggi. Tujuannya supaya infeksi dapat segera mereda dan disembuhkan melalui pengobatan medis yang fokus. Karena jika sudah berada di tahap ini maka pengobatan alami tentunya hanya akan memperlambat proses kesembuhan dan malah memungkinkan terjadi penularan pada orang-orang di sekitar yang masih sehat.

6. Abu-Abu

Dahak yang berwarna abu-abu bisa jadi beberapa kemungkinan. Yang pertama bisa saja hanya infeksi biasa yang dapat sembuh secara alami. Yang kedua bisa jadi merupakan jenis infeksi yang cukup berbahaya dan harus segera diatasi.

Oleh sebab itu perhatikan gejala lain yang menyertai. Jika terjadi reaksi lain seperti batuk yang menyebabkan sesak nafas, pusing dan mual muntah maka bisa jadi infeksi yang butuh penanganan khusus dan cepat.

Namun jika tubuh masih terasa ringan atau tidak sakit setiap saat, maka bisa saja keadaan ini dapat sembuh secara alami dengan pengobatan herbal yang lebih minim efek samping.

7. Merah

Sebaiknya segera periksakan jika dahak berwarna merah segar seperti darah. Umumnya ini adalah pertanda penyakit paru-paru basah atau dikenal dengan istilah TBC. Penyakit ini sangat menular dan butuh waktu pemulihan yang cukup lama. Oleh sebab itu sebaiknya jangan anggap remeh jika tiba-tiba batuk mengeluarkan dahak berwarna merah dan menggumpal.

Biasanya diagnosa yang tepat tentang penyakit TBC dapat diketahui melalui bantuan tes laboratorium maupun foto paru. Dengan melihat hasil tes tersebut maka seseorang dapat dinyatakan positif menderita TBC.

Sayangnya pengobatan untuk kondisi ini tidak bisa selesai dalam waktu singkat. Biasanya penderita harus menjalani pengobatan selama berbulan-bulan dan bahkan hampir satu tahun hingga penyakit dapat sembuh total.

Sponsors Link

8. Hitam

Warna dahak yang tergolong berbahaya yaitu jika dahak berwarna hitam pekat. Ini tandanya bahwa paru-paru mengalami penyakit yang serius. Umumnya dahak yang berwarna hitam pekat ini terjadi pada penderita kanker paru atau penyakit tumor pada paru-paru dengan stadium yang berat. Karena warna dahak yang hitam berarti telah terdapat jaringan yang sudah mati dan susah untuk dikembalikan atau sembuh kembali seperti sedia kala. Pengobatan mungkin dapat dilakukan untuk mempertahankan kondisi kesehatan penderita namun tidak akan dapat menyembuhkan secara total. Sehingga pada dasarnya yang dapat dilakukan hanya terus memberikan pengobatan seumur hidup bagi penderita penyakit tersebut.

Demikian tadi penjelasan yang akurat tentang 8 warna dahak yang berbahaya. Dengan memahami lebih jelas sebenarnya warna dahak yang sedang dialami penderita batuk berdahak termasuk dalam kategori warna yang mana, maka penderita dapat diberikan terapi pengobatan batuk berdahak yang sesuai. Sehingga penderita tidak meminum obat dengan berlebihan dosis namun juga tidak kurang, sesuai takaran yang diperlukan untuk menyembuhkan penyakit batuk berdahak hanya malam hari. Dengan demikian maka kondisi batuk berdahak dapat segera pulih dan aktivitas sehari-hari menjadi tidak terganggu. Dengan warna dahak inilah umumnya dokter juga akan memberikan diagnosa yang paling tepat. Sehingga pada akhirnya dari sinilah dokter akan memberikan resep pengobatan yang paling sesuai untuk penderita batuk tersebut.

, , , ,
Oleh :