Sponsors Link

6 Khasiat Obat Batuk Ambroxol yang Cocok Mengencerkan Dahak

Sponsors Link

Batuk merupakan kondisi alami tubuh dalam membersihkan serta melawaan infeksi virus atau bakteri yang dikeluarkan dari saluran pernapasan. Batuk disertai dahak bisa saja menjadi sangat menganggu bila tak kunjung segera diatasi. Cara ampuh mengatasi batuk dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari buah apel menghilangkan batuk atau bisa menggunakan obat-obatan kimiawi.

ads

Bila memilih menggunakan obat-obatan kimiawi perlu kiranya mengetahui jenis obat yang cocok digunakan sesuai dengan keluhan. Bila mempunyai keluhan batuk berdahak, bisa menggunakan obat batuk ambroxol. Kandungan dalam obat batuk ambroxol berupa bahan aktif Mucosolvan, Lasolvan, dan Mucoangin ini merupakan obat muciaktif yang memilik peran dalam mengembalikan mekanisme clearance atau pembersihan saluran pernapasan dengan cara merangsan sintesis serta pelepasan surfkatan oleh pneumocytes tiper II.

Surfaktan berperan sebagai anti-lem dengan cara mengurangi lendir yang menempel pada dinding bronkus guna membantu membarikan perlindungan terhadap infeksi pada bronkus. Obat ini bekerja dengan cara tak menekan batuk, alhasil menjadikan tubuh akan dengan mudah dalam mengeluarkan dahak yang berlebihan di saluran pernapasan. Selain mampu mengatasi penyebab batuk berdahak, obat ini juga memiliki manfaat lain. Berikut ini merupakan khasiat obat batuk ambroxol, diantaranya :

  1. Mengencerkan Dahak

Khasiat obat batuk ambroxol yang pertama ialah untuk mengencerkan dahak. Ambroxol HCL (hidroklorida) atau sangat akrab dikenal dengan ambroxol merupakan obat jenis mulkolitik dengan fungsi mengencerkan dahak, baik berjumlah banyak ataupun berbentuk kental yang menyubat saluran pernapasan.

Penggunaan obat batuk ambroxol sesuai dengan anjuran pakai dapat membuat dahak menjadi lebih encer hingga memudahkan untuk mengeluarkannya dari tenggorokan ketika batuk melanda. Situasi ini akan menjadikan tubuh menjadi lebih mudah dalam bernapas, sebab saluran pernapasan sudah tak lagi tersumbat dahak yang menumpuk.

  1. Menredakan Bronkitis

Bronkitis merupakakn radang pada lapisan saluran bronkial yang disebabkan adanya infeksi. Bronkus merupakan saluran yang membiarkan udara masuk ke luar atau kedalam paru-paru. Pasien dengan kondisi bronkitis ini tak jarang mengalami situasi batuk lendir menebal yang bisa menjadikan perubahan warna.

  1. Bronkitis Asmetik

Khasiat obat batuk ambroxol berikutnya adalah mengobati bronkitis asmetik. Bronkitis asmetik merupakan gabungan dari penyakit bronkitis akut dan juga asma, keduannya adalah peradangan pada saluran pernapasan.

  1. Emfisema

Tak sama dengan ciri-ciri batuk kronis, efisema merupakan salah satu bentuk paling umum dari penyakit paru obstruktif kronis alias PPOK. Penyakit ini menyerang bila paru-paru mengalami pelebaran saluran akibatan sumbatan yang terjadi sudah menahun. Penyakit ini erat hubungannya dengan bronkitis kronis.

  1. Bronkiektasis

Penyakit ini terjadi karena adanya kerusakan yang menjadikan saluran udara alias bronkus menjadi melebar, menebal, dan melembek secara tak normal alhasil paru-paru pun kesulitan dalam membersihkan lendir. Bronkiektasis merupakan kondisi langka penyebab batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Ketahui tentang : penyebab pilek berkepanjangan pada anak.

  1. Tracheobronchitis

Khasiat obat batuk ambroxol terahkir yaitu dapat sebagai obat tracheobronchitis, kondisi ini timbul saat saluran tenggorokan atau bronkus terjadi peradangan. Umumnya kondisi semacam ini tak disebabkan karena infeksi virus maupun bakteri, bisa juga disebabkan oleh beberapa jenis iritasi, misalnya asap rokok.

Berbeda dengan khasiat obat batuk ikadryl untuk tenggorokan, obat ini tak bisa digunakan untuk menyembuhkan penyebab batuk kering pada anak 1 tahun dan batuk akibat tersedak.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan