Sponsors Link

Batuk Akibat Tersedak: Bahaya, Pengobatan, dan Penanganannya

Sponsors Link

Batuk dapat terjadi karena berbagai penyebab, baik itu sebagai gejala sinusitis, polip, flu, pilek hingga alergi. Namun, batuk pun dapat terjadi karena tersedak. Ketika tersedak, biasanya kita memilih untuk minum guna meredakan batuk tersebut. Tahukah Anda ternyata batuk karena tersedak pun sangat berbahaya bagi kesehatan kita? Berikut penjelasan seperti apakah batuk akibat tersedak tersebut?

ads

Bahaya batuk karena tersedak

Saat tersedak, kita cenderung untuk batuk pada bayi 6 bulan agar makanan yang menyumbat dalam keluar atau menghilang. Hal tersebut akan sangat berbahaya ketika makanan yang menyumbat tidak dapat keluar. Berikut beberapa hal berbahaya yang dapat terjadi saat batuk akibat tersedak.

  • Mengalami penyumbatan saluran pernapasan

Hal ini cukup jelas, karena ketika tersedak, saluran pernapasan kita secara otomatis akan mengalami penyumbatan. Selain itu, saat batuk akibat tersedak pun akan membuat mata mengeluarkan airmata karena tidak adanya udara dan aliran darah yang mengalir. Hal ini pun dapat berujung pada kematian.

  • Merusak Kinerja Otak

Ketika Anda batuk karena tersedak dan berangsur selama 4 hingga 6 menit, akan menganggu sistem kerja otak Anda. Selain menyumbat pernapasan dan berujung kematian, tersedak pun dapat menganggu kinerja otak. Hal tersebut disebabkan tidak adanya oksigen yang masuk, sementara otak memerlukan oksigen tersebut. Pastikan agar Anda dapat dengan segera mengatasi tersedak yang Anda alami.

  • Tidak dapat bicara

Saat batuk akibat tersedak, pita suara dan atau kerongkongan akan ikut mengalami penyumbatan. Hal ini dapat terjadi karena kerongkongan berfungsi sebagai penyalur makanan atau minuman ke perut. Ketika tersedak, maka kerongkongan akan tersumbat pun berdampak pada pita suara. Pita suara pada trachea, dimana trachea berfungsi untuk mencegah makanan ataupun minuman masuk ke saluran pernapasan. Tersedak terjadi ketika makanan penyebab radang tenggorokan yang masuk ke dalam tubuh memilih jalur yang salah yaitu trachea, itulah mengapa saat tersedak kita akan sulit untuk mengeluarkan suara.

Penanganan Dan Pengobatan Batuk karena tersedak

Setelah mengetahui bahaya batuk akibat tersedak, maka perlu Anda ketahui bagaimana cara menangani hal tersebut agar tidak membahayakan nyawa Anda. Berikut beberapa cara menangani mangga menyebabkan batuk karena tersedak yang dapat dilakukan.

  1. Melakukan pertolongan pertama dengan membuat tubuh orang yang tersedak agar condong ke depan. Hal ini akan membuat hal-hal yang menyumbat saluran pernapasan dapat keluar.
  2. Dengan menekan perut dan menekannya untuk membuat makanan atau minuman yang menyumbat dapat keluar.
  3. Melakukan CPR dengan menekan dada pasien – atau seseorang yang tersedak
  4. Ketika tersedak belum terlalu parah, maka minum lah segelas air untuk meredakannya.

Adapun pengobatan yang dapat Anda lakukan ketika batuk karena tersedak. Hal ini dimaksudkan untuk meredakan anak sering batuk di pagi dan malam hari dan mempermudah pernapasan. Seperti berikut ini:

  1. Mengonsumsi air hangat dengan segera.
  2. Berusaha untuk menarik napas dengan perlahan.
  3. Mengonsumsi sesendok madu – atau mencampurkannya dengan air hangat – untuk menghentikan batuk.
  4. Mengonsumsi jahe – baik berupa teh jahe ataupun jahe hangat – untuk mencegah terjadinya iritasi pada kerongkongan ataupun tenggorokan.
  5. Susu juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi batuk pasca tersedak ketika Anda tidak dapat mengonsumsi madu ataupun jahe.
  6. Hindari asap rokok atau merokok – yang dapat membuat bahaya batuk kering pada anak 3 tahun semakin parah.

Itulah bahaya batuk akibat tersedak yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat melakukan pencegahan dan melakukan penanganan yang benar. Karena tersedak dapat merenggut nyawa kita dengan tiba-tiba ketika dibiarkan terlalu lama. Perhatikan yang Anda konsumsi dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,