Sponsors Link

Luar Biasa! 8 Khasiat Daun Dadap Untuk Batuk Terbukti Manjur

Sponsors Link

Pernahkan Anda mendengar tentang daun dadap? Ya, daun dadap merupakan tanaman yang kerap kali dijadikan sebagai tanaman pagar hidup atau tanaman pelindung. Nama latin dari daun dadap ini ialah Erythrina Variegat, sinonim dengan Erythrina indica Lam. Ini berasal dari bahasa Yunani ‘Eruthros’ yang berarti merah, menjelaskan tentang bunga merah dari spesies Erythrina.

Di berbagai tempat, daun dadap disebut sebagai dadap ayam, dadap laut, kuku macam atau harimau, dadap blendung, dalungdung, deris serta galala hitam. Tanaman ini juga sudah dikenal sejak lama sebagai alternatif pengobatan herbal di Asia Barat, yang juga berkembang di Afrika bagian timur. Tidak hanya itu, daun dadap juga dipakai sebagai alternatif pengobatan di Australia utara, hingga samudra Hindia. Ini juga membuat daun dadap banyan diminati dan bernilai tinggi. Anda dapat menemukan daun dadap dengan bentuk yang seperti serpihan kecil dan halus, ini sekitar 6 hingga 15 cm panjang dari daun dadap.

Selain itu, daun dadap juga kaya akan khasiatnya yang berguna bagi kesehatan dan mampu mengobati berbagai macam penyakit, tidak terkecuali mengobati batuk. Batuk yang mampu membuat penderitanya merasa tidak nyaman, membuat tenggorokan terasa gatal dan kering. Berikut penjelasan khasiat daun dadap untuk batuk yang sehat dan alami.

Manfaat dan Khasiat Daun Dadap Untuk Batuk

Batuk merupakan penyakit yang umum terjadi, pada usia berapapun dan kapanpun. Batuk ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti yang di jelaskan sebelumnya. Namun, batuk terjadi hanya dalam waktu yang sebentar tergantung pada penyebab sakit tenggorokan sebelum batuk itu sendiri. Jika ditangani dan diobati dengan benar.

Kali ini, Anda dapat menggunakan daun dadap sebagai tanaman herbal untuk mengobati batuk yang sedang Anda alami. Beberapa Khasiat daun dadap untuk batuk yang dapat Anda terapkan:

  • Khasiat daun dadap untuk batuk sehat dan alami bagi kesehatan Anda, ini disebabkan karena daun dadap mengandung zat alkaloida yang bersifat mendinginkan dan bersifat antiradang. Ini sangat membantu menghilangkan cara mengobati batuk dengan lemon yang mengganggu kesehatan tenggorokan Anda.
  • Daun dadap mampu mengatasi peradangan yang terjadi karena batuk, cukup dengan mengonsumsi daun dadap dengan air secukupnya.
  • Daun dadap juga mampu mengeluakan lendir serta dahak yang disebabkan oleh batuk berdahak. Serta mampu  mengatasi batuk berdahak secara keseluruhan dan mencegah terjadinya radang pada tenggorokan.
  • Dengan mengonsumsi daun dadap bersamaan dengan air hangat mampu mengurangi panas dalam yang muncul serta meminimalisir batuk.
  • Daun dadap juga mampu melancarkan sistem pernapasan yang menyebabkan batuk terus muncul. Ini dikarenakan daun dadap mengandung protein, serta hipaforin  yang dapat mengurangi cara mengobati batuk sesak.
  • Daun dadap mengandung terocarpans, isoflavon, flavanon dan chalcones. Ini mampu membuat daun dadap menghambat segala macam penyakit termasuk batuk kering dan atau batuk berdahak, serta mencegah terjadinya kanker dan malaria.
  • Batuk juga dapat menyebabkan Anda susah tidur karena batuk yang terus muncul, dengan mengonsumsi daun dadap dapat mengobati batuk yang anda alami serta mengatasi gangguan tidur.
  • Cara mengobati Batuk sesak karena panas dalam juga dapat diobati dengan campuran daun dadap dengan air hangat.

Pengobatan Batuk Dengan Daun Dadap

Khasiat daun dadap untuk batuk akan bekerja jika Anda mengonsumsi tanaman herbal ini. Berikut cara mengonsumsi daun dadap yang benar agar Anda dapat langsung merasakan manfaat dari tenaman herbal daun dadap.

  • Cuci daun dadap dengan bersih
  • Siapkan 2 hingga 3 gelas air putih, lalu masukkan ke dalam panci.
  • Masukkan daun dadap ke dalam panci tersebut, lalu didihkan hingga tersisa sekitar 1 gelas saja.
  • Anda dapat mencampurkannya dengan madu atau gula, dan campuran daun dadap ini dapat diminum selagi hangat agar dapat membersihkan tenggorokan Anda dan mencegah-nya menjadi kering.
  • Anda juga dapat merebus 5 lembar daun dadap dengan air hangat – dipipis hingga berbentuk pasta, diminum secara rutin setiap pagi dan sore. Ini mampu mengurangi radang tenggorokan atau gatal-gatal yang disebabkan oleh batuk berkepanjangan.
  • Dengan berbagai jenis daun dadap, Untuk mengobati batuk anda dapat menggunakan daun dadap serem dan daun dadap ayam. Ini dikarenakan oleh kedua daun dadap ini mengandung antiperitik.

Campuran daun dadap ini dapat diminum untuk dua kali sehari secara rutin dengan mengunakan satu sendok makan, agar Anda dapat merasakan langsung khasiat dari daun dadap dan juga untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi apabila salah mengonsumsi daun dadap.

Selain dari cara mengonsumsi diatas, daun dadap juga dapat dimasak dengan cara lain. Anda dapat membuat daun dadap menjadi sayur yang dikukus atau direbus , ini dapat memudahkan Anda mengonsumsi daun dadap dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bunga dan daun dadap pun dapat dihaluskan, ini berfungsi juga untuk melancarkan menstruasi.

Demikianlah khasiat daun dadap untuk batuk yang dapat Anda terapkan di rumah, sehat dan alami. Anda bisa langsung merasakan khasiatnya dengan mengonsumsi daun dadap secara rutin hingga batuk yang Anda alami mereda. Untuk rekomendasi, agar hasil yang maksimal gunakan daun dadap serep dan daun dadap ayam yang berkhasiat mengobati batuk hingga mencegah peradangan. Tetap periksakan ke dokter apabila batuk yang Anda alami tidak mereda dalam waktu yang sangat lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal