Sponsors Link

Batuk Disertai Nyeri Sendi – Bahaya Dan Akibatnya

Sponsors Link

Penyakit batuk memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika batuk disertai nyeri sendi. Maka penyakit yang dirasakan akan ganda, menahan batuk disertai darah sedikit serta menahan rasa nyeri pada persendian. Sehingga pengobatannya tidak sederhana dan membutuhkan beberapa tipe pengobatan. Gejalanya umumnya berupa batuk berdahak serta rasa nyeri pada persendian jika digerakkan. Jika ini terjadi, maka tubuh sedang mengalami beberapa penyakit yang bersamaan. Adapun berikut ini beberapa bahaya dan akibat jika penyakit batuk disertai nyeri sendi tidak segera diobati.

ads

Bahaya 

Berikut ini bahaya batuk disertai nyeri sendi apabila tidak segera disembuhkan:

Jika batuk terus menerus maka tenggorokan dapat makin merah dan meradang. Sehingga batuk akan sangat mengganggu terutama di malam hari. Oleh sebab itu segera minum obat batuk yang sesuai. Terutama jika ditambahkan rasa nyeri di sendi, bisa jadi gejala peradangan yang parah.

  • Tanda penyakit berbahaya

karena batuk dan nyeri di persendian di saat yang bersamaan dapat menandakan gejala penyakit tertentu. Seperti misalnya batuk disertai demam tinggi yang ternyata demam malaria dan ditandai dengan demam batuk pilek serta rasa nyeri di sendi.

  • Timbul penyakit arthritis

Dimana radang sendi parah atau arthritis dimulai dengan gejala yang ringan. Termasuk gejala demam disertai batuk pilek. Namun akhirnya terjadi peradangan di sistem sendi otot kaki yang membuat kaki dapat membengkak dan terasa nyeri. Sehingga penyakit ini membutuhkan penanganan secepatnya.

  • Komplikasi penyakit

Sebab saat tubuh mengalami batuk dan rasa nyeri di sendi yang bersamaan, bisa jadi telah timbul komplikasi dari penyakit tersebut. Contohnya ciri-ciri influenza yang awalnya hanya batuk pilek ternyata terjadi masalah ginjal yang ditandai dengan membengkaknya sendi serta timbul nyeri sendi.

Akibat

Jika terjadi batuk disertai nyeri sendi, maka umumnya terjadi akibat sebagai berikut:

  • Demam berdarah

Karena gejala awalnya yang berupa peningkatan suhu badan diikuti oleh gejala batuk pilek disertai mimisan. Saat kondisi semakin parah maka terjadi nyeri otot sekujur tubuh dan nyeri sendi. Penyakit ini harus segera diobati untuk menghindari akibat yang lebih fatal seperti misalnya kematian.

  • Arthritis

Atau dikenal dengan radang sendi. Apabila tidak segera ditangani dengan benar maka batuk akan makin parah dan persendian akan makin bengkak. Sehingga menimbulkan rasa nyeri saat berjalan atau bergerak.

  • Demam malaria

Dimana penyakit ini serupa dengan demam berdarah dengue. Namun umumnya penderita akan menggigil di malam hari hingga terjadi kejang demam sampai berhari-hari. Karena itu jaga selalu kebersihan lingkungan dari sarang nyamuk yang merajalela.

  • Demam chikunguya

Adapun demam ini jarang terjadi. Namun apabila menjangkiti tubuh seseorang dapat membahayakan nyawa penderitanya. Demam ini membuat tubuh menjadi panas, mengalami radang tenggorokan hingga timbul batuk pilek, serta mendatangkan rasa nyeri di persendian tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya segera ke dokter untuk mendapat pengobatan yang meringankan gejala batuk disertai darah dari telinga termasuk gejala nyeri sendi.

Demikian penjelasan singkat tentang batuk disertai nyeri sendi. Sebaiknya jika terjadi gejala yang demikian, segera lakukan pengobatan yang tepat. Sehingga gejala batuk disertai sakit perut tidak muncul kembali serta rasa nyeri pada sendi dapat menghilang dengan sendirinya. Bila batuk dan rasa nyeri sembuh, maka aktivitas sehari-hari dapat berjalan normal seperti biasanya.

, ,
Oleh :