Sponsors Link

Sinusitis Karena Infeksi Gigi : Penyebab, Bahaya, Pengobatan

Sponsors Link

Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri dan menyebabkan peradangan pada hidung. Sinusitis akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman karena akan merasakan sakit pada beberapa tempat di sekitar hidung. Namun, tahukah Anda bahwa sinusitis bukan hanya terjadi karena infeksi pada hidung melainkan dapat terjadi karena infeksi pada gigi yang Anda alami? Ini disebut sinusitis dentogenik yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada gigi di rahang atas. Hanya di bagian rahang atas, karena posisi yang dekat dengan rongga pernapasan, dan juga berbatasan dengan akar gigi.

ads

Jika tidak segera ditangani oleh dokter maka Anda akan merasakan efek samping yang berbahaya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai sinusitis karena infeksi gigi.

Penyebab Terjadinya Sinusitis Karena Infeksi Gigi

Sinusitis karena infeksi gigi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti disebabkan oleh gigi yang tidak terawat. Ini disebut sinusitis dentogenik karena infeksi dari gigi yang menyebar ke area sinus. Beberapa hal penyebab sinusitis karena infeksi yang terjadi pada gigi Anda.

  • Seperti dengan gigi berlubang. Gigi yang berlubang akan mudah terkena infeksi.
  • Juga, gigi yang letaknya dengan daerah sinus bila mengalami luka atau kerusakan akan menyebabkan sinus terkena dampaknya.
  • Gigi yang tidak terawat dengan baik dan benar sehingga menyebabkan infeksi. Serta saat terkena infeksi, tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan sinusitis berulang pada Anda.
  • Alergi yang terjadi pada gigi di rahang bagian atas yang tidak segera ditangani. Alergi ini bisa terjadi karena banyak hal terutama jika Anda mengalami alergi sejak dini.

Bahaya Sinusitis Karena Infeksi Gigi

Jika gigi yang terkena infeksi lalu menyebabkan sinusitis tidak di tangani dengan baik, maka akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit susulan yang tidak diinginkan. Berikut beberapa penyakit yang mungkin Anda alami saat mengalami sinusitis karena infeksi gigi.

  • Seperti Anda akan merasakan penyebab influenza berkepanjangan, yang akan membuat Anda tidak nyaman terutama saat malam hari.
  • Hidung terasa buntu atau hidung tersumbat saat tidur tepat pada area sinus atau bagian gigi yang terkena infeksi. Ini akan membuat Anda sulit untuk bernapas dengan leluasa.
  • Tidak jarang pula Anda akan merasakan sakit kepala bahkan ketika Anda menunduk karena sinusitis yang Anda alami.
  • Akan timbul peradangan pada gigi serta saluran pernapasan lainnya.
  • Menyebabkan gusi membengkak yang diakibatkan oleh iritasi pada area sinusitis karena infeksi gigi.
  • Selain gusi, gigi juga akan membengkak. Ini sangat berkaitan jika gusi Anda membengkak dan mengakibatkan gigi Anda yang terkena infeksi semakin membengkak hingga meradang.
  • Selain gusi dan gigi, rahang Anda juga akan mengalami pembengkakan dan peradangan. Ini dikarenakan rasa sakit yang menyebar dari gigi yang terkena infeksi.
  • Bau mulut yang tidak sedap, ini merupakan pengaruh dari gusi yang meradang dan membengkak, juga sinusitis karena infeksi gigi yang tidak teratasi. Anda akan merasa sulit untuk makan juga hanya sekedar untuk berbicara.
  • Menyebabkan masalah pada gigi bagian atas, ini dikarenakan sinusitis akan terjadi akibat infeksi yang terjadi pada gigi bagian atas saja. Hal ini menyebabkan gigi pertama yang akan terkena dampaknya adalah gigi bagian atas secara keseluruhan. Ini akan membuat Anda merasa sulit untuk makan. Segeralah periksakan ke dokter jika gigi pada bagian atas Anda terasa dua kali lebih sakit dari biasanya.

Pengobatan Yang Tepat

Dari berbagai masalah yang timbul akibat sinusitis karena infeksi gigi yang tidak terawat, Anda membutuhkan metode pengobatan yang tepat untuk mencegah dan menghilangkan olahraga untuk sinusitis datang kembali. Pengobatan yang dilakukan pun berdasarkan penyebab terjadinya infeksi, seperti antibiotika untuk pengobatan infeksi olek bakteri. Atau pemberian dekongestan untuk mengurangi penyumbatan.

Sponsors Link

Selain itu, Anda dapat melakukan operasi untuk langsung menghilangkan penyebab terjadinya sinusitis tersebut. Anda juga dapat mencabut gigi yang terkena infeksi untuk menghilangkan akar penyebab sinusitis kambuh setelah operasi. Selain pengobatan tersebut, Anda juga dapat melakukan pengobatan secara alami seperti dibawah ini:

  1. Biji Jintan Hitam – ini berguna untuk melancarkan pernapasan karena sinusitis.
  2. Minyak Kayu Putih – dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan air panas, lalu hirup uap yang dihasilkan dari campuran tersebut hingga Anda merasa dapat bernapas dengan lancar.
  3. Minyak Zaitun – cukup dengan mengoleskan minyak zaitun disekitar hidung atau mata untuk mencegah sinus menyebar.
  4. Kompres air hangat – ini digunakan ketika Anda mengalami pembengkakan pada gigi yang terkena infeksi.
  5. Jus Worteljus untuk batuk berdahak wortel sangat bermanfaat bagi penyembuhan sinusitis Anda secara alami. Anda juga dapat mencampurkannya dengan mentimun atau bayam agar memperoleh hasil yang maksimal.
  6. Bawang putih dan Bawang Merah – Anda dapat mengunyah atau mencampurkan nya dengan berbagai macam sayuran. Namun, agar hasil yang maksimal cukup campurkan atau oleskan pada daerah sinus.

Serta untuk memperoleh hasil yang maksimal, hindari pemakaian parfum, debu, susu dan alkohol, dan mengonsumsi makanan yang di goreng. Ini akan memperlambat pengobatan sinusitis karena infeksi pada gigi. Selain itu, konsumsi air hangat dan tidak mengonsumsi air dingin untuk mengurangi rasa nyeri dari pembengkakan.

Demikianlah beberapa hal penting mengenai sinusitis karena infeksi gigi yang perlu Anda perhatikan. Rawatlah gigi Anda dengan benar untuk menghindari sinusitis serta penyakit lainnya yang dapat disebabkan oleh infeksi pada gigi yang tidak terawat. Tetap periksakan ke dokter mengenai gejala yang Anda alami jika tetap tidak mereda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus