Sponsors Link

4 Manfaat Kencur Untuk Sinusitis yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Sinusitis merupakan penyakit yang menyerang rongga hidung kita, dimana lendir pada sinus dapat menyumbat rongga hidung dan menyulitkan kita untuk bernapas dengan normal. Hal tersebut saat dibiarkan terus menerus akan berubah menjadi berbahaya bagi organ-organ tubuh anda. Dengan demikian, Anda perlu segera melakukan pengobatan pada sinusitis yang Anda alami. Dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter (dekongestan), operasi, maupun dengan memanfaatkan pengobatan alami.

ads

Pengobatan alami sinusitis ini cukup beragam dan efektif – selain alami juga tidak menghasilkan efek samping pada kesehatan. Salah satunya ialah kencur. Kencur ini seperti yang kita ketahui merupakan bumbu dampur yang sering digunakan untuk memasak. Namun, ternyata kencur ini cukup berkhasiat mengobati sinusitis. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat kencur untuk sinusitis yang dapat Anda gunakan.

1. Sebagai Obat Batuk

Manfaat kencur untuk sinusitis ini ialah sebagai obat bolehkah vaksin batuk renjan. Sinusitis memang akan menimbulkan gejala-gejala seperti cara mengobati batuk dengan pijatan. Batuk biasanya muncul tidak menentu, namun akan sering muncul saat malam hari – yang mana hal tersebut akan mengganggu kualitas tidur Anda.

Ekstrak dari kencur, baik dari akar ataupun daunnya bersifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang akan memberikan efek sedatif atau menenangkan rongga hidung dan saluran pernapasan Anda di bagian atas.

2. Mengatasi Demam

Selain sebagai obat batuk, manfaat kencur untuk sinusitis selanjutnya ialah mengatasi demam. Demam memang hanya muncul sementara, namun bila tidak diatasi dengan baik – demam tersebut akan berpotensi berbahaya dan Anda akan mengalami demam berkepanjangan bila tidak melakukan pengobatan. Dengan kencur, akan membantu Anda mengatasi demam yang kadang kala muncul sebagai gejala dari senam untuk sinusitis. Hal tersebut juga didukung oleh antiradang yang dikandung oleh kencur itu sendiri. Mengonsumsi kencur juga tidak akan menyebabkan ketergantungan dan efek samping. Itulah yang menjadi kencur sebagai alternatif pengobatan alami untuk sinusitis.

3. Kencur untuk penguapan

Jadi, selain air garam – kencur juga dapat digunakan untuk membersihkan rongga hidung kita yang terkena sinusitis. Manfaat kencur untuk sinusitis yang satu ini cukup efektif. Cukup dengan menyediakan air panas dan campurkan sedikit kencur didalmnya, setelah itu pastikan agar Anda menghirup uapnya secara langsung. Jangan lupa untuk menaruh handuk diatas kepala Anda. Hal tersebut cukup mudah dan alami untuk dilakukan dirumah serta tidak menimbulkan efek samping – walau Anda mungkin saja tidak menyukai bau yang dihasilkan kencur, hal itulah yang bekerja sebagai obat sinusitis.

4. Meredakan rasa nyeri

Selain itu juga, khasiat daun sirih untuk sinusitis memang akan membuat daerah sekitar sinus – seperti hidung dan seluruh wajah kita – terasa nyeri ketika ditekan. Saat hal itu terjadi, akan sangat mengganggu terutama bila mengganggu gigi bagian atas kita – karena lokasinya yang dekat dengan daerah sinus – sehingga menyulitkan kita untuk makan. Kencur ini dapat Anda produksi dalam bentuk apa saja, karena kandungan yang dimiliki kencur akan meredakan rasa nyeri yang kita alami selama sinusitis.

Selain itu juga beberapa khasiat kencur juga dapat Anda rasakan saat Anda menggunakannya untuk pengobatan sinusitis, seperti :

  • meningkatkan berat badan yang sempat menurun
  • menyegarkan tubuh dan mengembalikan stamina
  • Mengatasi rasa lelah
  • Mengatasi rasa pusing

Itulah manfaat kencur untuk sinusitis yang perlu Anda ketahui. Karena selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, sinusitis karena infeksi gigi juga dapat bekerja sebagai obat alami. Jika sinusitis tidak kunjung mereda, segeralah periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus