Sponsors Link

7 Penyebab Tenggorokan Sakit Batuk yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Salah satu kondisi tubuh yang sering daialami oleh setiap orang dan sangat menganggu dalam menjalankan aktifitas sehari – hari yaitu batuk. Batuk adalah kondisi seseorang yang mengakibatkan ketidaknyamanan dalam beraktifitas. Kondisi ini dapat mudah muncul karena mudah sekali tertular dari penderita batuk, namun juga mudah untuk disembuhkan. Meskipun batuk mudah untuk disembuhkan akan tetapi apabila batuk dibiarkan tanpa ada pengobatan maka batuk bisa sangat mudah menjadi gerbang utama masuknya penyakit lainnya yang lebih berbahaya.

ads

Dampak batuk tersebut yang perlu Anda waspadai dan hindari. Salah satu dampak dari batuk yang sering dialami oleh mayoritas penderita batuk yaitu sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan ini disebabkan oleh beragam penyebab. Pada kesempatan ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang penyebab tenggorokan sakit saat batuk. Baca juga tentang timun penyebab batuk.

Penyebab tenggorokan sakit

Dalam mengobati suatu penyakit terlebih dahulu harus dicari penyebab dari penyakit itu. Setali tiga uang, dalam mengobati penyakit sakit tenggorokan saat batuk maka harus terlebih dahulu mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat batuk. Berikut ini beberapa penyebab tenggorokan sakit saat batuk, antara lain:

1. Akibat Inveksi Bakteri dan Virus

Bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah maka bakteri dan virus mudah masuk kedalam tubuh manusia. Kondisi ini akan menyebabkan Anda terkena beragam jenis penyakit salam satunya adalah sakit tenggorokan. Hal ini karena virus dan bakteri akan menginveksi tubuh manusia melalui makanan atau sistem pernapasan dan bakteri atau virus tersebut menempel di tenggorokan sehingga dengan berjalannya waktu virus atau bakteri akan tumbuh dan berkembang. Virus atau bakteri tersebut menyerang lapisan di dalam tenggorokan yang menyebabkan sakit pada tenggorokan.

2. Alergi Lingkungan dan Makanan

Setiap orang terlahir pasti ada yang memiliki alergi pada alergen tertentu. Sebagai contoh orang yang alergi terhadap suhu dingin maka orang tersebut akan mudah terserang virus influenza sehingga berdampak pada munculnya flu. Sakit tenggorokan ini juga sering disebabkan oleh alergi terutama alergi lingkungan dan makanan.

Untuk alergi makanan, orang yang memiliki alergi ini biasanya akan mengalami sakit tenggorokan. Makanan yang sering mengakibatkan sakit tenggorokan seperti makanan yang mengandung minyak atau gorengan. Hal ini dikarenakan gorengan akan menyebabkan peradangan pada tenggorokan sehingga kalau dibiarkan akan menyebabkan sakit tenggorokan yang lebih berbahaya.

Artikel terkait:

Untuk alergi lingkungan seperti suhu dingin, udara yang kotor atau banyak debu dan terdapat gas beracun akan menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini karena aliran udara yang terhirup melalui hidung dan langsung dilanjutkan menuju paru – paru melewati tenggorokan. Kondisi ini yang dapat menyebakan infeksi akibat gas atau udara tersebut sehingga akan terasa sakit pada tenggorokan.

3. Akibat Asam Lambung Kronis

Asam lambung kronsi ini dapat pula menyebabkan sakit tenggorokan. Untuk penyebab asam lambung kronis itu disebabkan oleh kebiasaan buruk orang tersebut seperti stress berkepanjangan, kebiasaan mengkonsumsi soda, merokok, makan yang berlemihan sehingga mengalami obesitas. Asam lambung yang kronis ini diartikan asam lambung naik ke atas tubuh dan berakhir di tenggorokan. Asam lambung tersebut akan menempel sehingga akan terasa sakit dan sangat tidak nyaman terutama saat menelen makanan.

Sponsors Link

4. Akibat Kanker

Sel kamker bisa menempel dan tumbuh kembang dimana saja termasuk di tenggorokan. Kanker yang berada di area tenggorokan atau leher seperti kanker esofagus, esofagitis, dan esofagitis CMV. Kanker jenis tersebut yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan terutama saat batuk.

5. Akibat Radang Amandel

Meskipun amandel berada dan tumbuh kembang di rongga mulut, namun kondisi tersebut akan berdampak pada tenggorokan. Amandel yang belum diopeasi akan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan. Hal ini dikarenakan amandel yang menempel pada ronggo mulut dapat mempengarahi otot dan saraf pada tenggorokan sehingga timbul rasa sakit pada tenggorokan. Kondisi amandel ini mengakibatkan radang disertai batuk dan otot menjadi tenggorokan. Anda juga perlu membaca radang tenggorokan setelah operasi amandel.

6. Gejala Flu

Sponsors Link

Munculnya flu pasti didahului dengan kondisi gangguan fisik yang lain seperti batuk dan sakit tenggorokan. Virus influenza yang menyerang manusia akan secara tidak langsung masuk lewat hidung ) atau mulut (saat makan dimana makanannya mengandung virus influenza) dan menempel di tenggorokan. Selanjutnya tenggorokan terasa gatal dan dengan berjalannya waktu akan timbul rasa sakit di tenggorokan.

7. Akibat Terlalu Stress

Setiap orang pasti pernah mengalami stress namun tidak semua orang pintar dalam mengelola stress. Sress dapat dialami siapa saja tanpa kecuali baik stress ringan maupun stress berat seperti depresi. Stress dapat terjadi akaibat keadaan tidak sesuai dengan harapan, aktifitas yang terlalu padat, serta banyak pikiran. Kondisi tersebut akan membuat otot dan syaraf Anda mengalmi kontraksi yang lama sehingga membuat tegang atau tidak relaks, kondisi seperti inilah yang disebut dengan stress.

Stress inilah yang mengakibatkan beragam gangguan tubuh seperti menurunnya kekebalan tubuh, munculnya berbagai penyakit serta sulit tidur. Munculnya berbagai penyakit tersebut seperti batuk dan sakit tenggorokan ini menjadi dampak dari stress yang berkepanjangan. Selain itu, stress mampu menerunkan daya tahan tubuh terdapat suatu penyakit sehingga apabila Anda stres maka Anda mudah terserang virus atau bakteri penyebab tenggorokan sakit saat batuk.

Demikian penjelasan lengkap dan mendalam tentang penyebab tenggorokan sakit saat batuk. Bagi Anda yang saat ini sedang merasakan sakit tengoorokan saat batuk maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan diatas agar Anda memahami penyebab batuk tersebut dan Anda akan terhindar dari sakit tenggorokan.  Hal ini juga telah dijelaskan pada cara mengatasi sakit tenggorokan saat flu maupun juga obat tradisional batuk pilek dan radang tenggorokan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu