Sponsors Link

Hidung Tersumbat Sebelah – Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kondisi dimana hidung mengalami penyumbatan dapat sangat mengganggu apabila berlangsung terus menerus apalagi jika hidung tersumbat sebelah. Hidung yang tersumbat dapat sebagai salah satu dampak menumpuknya lendir pada saluran pernafasan terutama disekitar daerah hidung bagian dalam. Tubuh manusia memiliki sebuah kelenjar lendir yang berada pada bagian saluran pernafasan, cara kerja dari kelenjar lendir ini yaitu selalu memastikan permukaan saluran pernafasan selalu dalam kondisi yang lembab.

ads

Penyumbatan saluran pernafasan biasanya terjadi karena kelenjar lendir memproduksi lendir dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor yang umumnya berasal dari benda asing yang masuk dan menetap pada saluran pernafasan. Saluran pernafasan cenderung lebih rentan untuk terkontaminasi oleh benda asing yang masuk karena biasanya benda asing ini dapat ikut masuk melalui udara yang dihirup. Benda asing ini dapat terdiri dari partikel-partikel kecil yang ikut terbawa bersama dengan udara, beberapa contohnya yaitu seperti debu dan kotoran lainnya yang memiliki ukuran yang sangat kecil.

Lendir yang dimiliki tubuh juga dapat bekerja untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernafasan, lendir sendiri biasanya memiliki warna putih bening serta encer. Lendir yang menyumbat hidung merupakan jenis lendir yang telah terinfeksi dan kadang memiliki warna tertentu yang disesuaikan dengan tingkatan bahaya penyakit yang sedang dialami oleh saluran pernafasan. Hidung tersumbat sebelah dapat dipicu oleh beberapa faktor penyebab, beberapa diantaranya yaitu :

  • Gejala penyakit flu, penyakit ini disebabkan oleh tubuh yang terinfeksi oleh virus influenza yang mana cara penularannya dapat melalui udara. Penyumbatan hidung terjadi akibat virus yang menginfeksi lendir yang menumpuk pada saluran pernafasan, infeksi virus ini secara tidak langsung memicu kelenjar lendir untuk lebih aktif memproduksi lendir dalam jumlah yang banyak. Lendir yang menumpuk merupakan tempat yang paling sesuai untuk virus menetap, selanjutnya tubuh akan meresponi gangguan ini dengan cara sistem kekebalan tubuh memusnahkan virus yang berada dilendir. Lendir yang berwarna menggambarkan sistem kekebalan tubuh yang sedang bekerja.
  • Sinusitis, jenis penyakit ini merupakan sebuah gangguan pada sinus yang terdapat di sekitar rongga hidung dan juga pipi. Sinus sendiri merupakan rongga-rongga kosong yang apabila mengalami gangguan dapat menimbulkan beberapa gejala seperti peradangan dan sakit kepala. Penyakit sinusitis sendiri dapat terjadi akibat menumpuknya atau terisinya rongga-rongga tersebut oleh benda asing yang masuk. Akibatnya tubuh akan memproduksi banyak lendir dan akhirnya menyebabkan penyumbatan pada hidung.
  • Rhinitis alergi, yaitu sebuah kondisi alergi yang dapat memicu produksi lendir menjadi lebih banyak dari biasanya. Alergi ini biasanya dapat dipicu oleh debu, kotoran, asap maupun kotoran yang berukuran sangat kecil yang secara tidak sengaja terhirup dan masuk ke dalam saluran pernafasan. Alergi yang dibiarkan terus menerus tanpa diatasi dapat membuat gejala hidung tersumbat sebelah terjadi terus menerus.
  • Polip merupakan sebuah keadaan dimana terdapatnya sebuah benjolan atau gumpalan daging yang tumbuh dan biasanya terdapat pada rongga hidung. Benjolan ini dapat menyumbat saluran pernafasan serta membuat lendir pada hidung menjadi menyumbat.
  • Iritasi pada rongga hidung juga dapat dapat menyebabkan hidung menjadi mampet akibat adanya penumpukan lendir. Iritasi pada rongga hidung dapat disebabkan oleh bebeapa hal yang dilakukan dalam kegiatan yang dilakukan sehari-hari, misalnya menyelam terlalu lama di kolam air yang mengandung klorin.

Hidung yang tersumbat sebelah tentunya akan sangat mengganggu apalagi jika dialami saat dimalam hari, orang yang memiliki kebiasaan tidur dalam posisi menyamping cenderung lebih tersiksa ketika tidur ketimbang orang yang tidur dalam posisi telentang. Ketika tubuh atau kepala dalam kondisi menyamping lendir pada saluran pernafasan cenderung ikut mengarah dan menumpuk pada bagian hidung sebelah. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu diantaranya :

Sponsors Link

  1. Menggunakan minyak angin atau balsem

Minyak angin atau balsem biasanya dapat bekerja untuk mengatasi berbagai gejala yang timbul pada tubuh. Pengunaan minyak angin atau balsem dapat merupakan penggunaan di luar tubuh artinya hanya boleh digunakan pada permukaan kulit saja. Minyak angin atau balsem dapat memberikan sensasi hangat pada hidung guna meredakan hidung yang tersumbat. Aroma terapi yang dimilikinya juga dapat merilekskan tubuh yang sedang dalam keadaan flu serta dapat mengatasi gejala penyakit flu lainnya seperti sakit kepala dan nyeri pada otot. Ambil dan gunakan minyak angin atau balsem secukupnya dan oleskan dibagian bawah hidung, ada baiknya jika berhati-hati ketika mengoleskan minyak angin atau balsem pada hidung karena dapat membuat kulit terasa panas dan menyengat.

  1. Minum minuman hangat

Minuman yang dalam kondisi hangat dapat juga membantu mengatasi hidung tersumbat sebelah, rasa hangat yang berasal dari minuman tersebut dalam membuat lendir yang mengental dan menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah dikeluarkan dan dibersihkan agar tidak lagi menyumbat saluran pernafasan. Minuman hangat ini dapat berupa berbagai jenis minuman yang mana terutama dalam kondisi yang hangat dan tentunya sekaligus menyehatkan tubuh. Salah satu jenis minuman hangat yang berasal dari bahan alami yang dapat dibuat sendiri di rumah yaitu campuran madu dengan air hangat.

ads

Kandungan dalam madu dapat membatu melembapkan saluran pernafasan yang kering atau terlalu lembab akibat infeksi atau penyakit lainnya yang menyerang tubuh. Campurkan madu secukupnya pada segelas air hangat, air madu ini dapat diminum pada saat sebelum tidur agar hidung yang hanya menyumbat sebelah tidak terjadi.

Minuman penyembuh flu lainnya dapat juga dengan memanfaatkan lemon atau jeruk nipis, kedua jenis buah ini kaya akan vitamin C yang mana vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh guna meningkatkan daya tahan tubuh yang menurun akibat infeksi. Caranya yaitu dengan mengambil sari buah lemon atau jeruk nipis dengan cara diperas, sari lemon atau jeruk nipis dapat dicampurkan dengan air hangat dan madu yang telah dibuat sebelumnya. Perpaduan air hangat dengan bahan alami ini juga dapat bermanfaat dalam mengatasi sakit tenggorokan yang disertai dahak yang mana dampak dari lendir yang mengental.

  1. Membersihkan lendir dari hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah lainnya yaitu merupakan sebuah cara yang cukup sederhana dimana lendir yang menjadi penyebab utama hidung mampet dibersihkan dan dibuang. Lendir pada hidung biasanya disebut sebagai ingus, cara mengeluarkannya cukup mudah dan dapat menggunakan tisu atau kain. Ingus yang telah dikeluarkan pastinya akan menumpuk kembali pada hidung namun cara ini dapat dicoba untuk meredakan hidung mampet. Cara ini juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi jumlah virus yang menginfeksi saluran pernafasan, dengan cara dikeluarkannya ingus artinya virus tidak akan banyak menginfeksi tubuh.

  1. Memiliki posisi setengah duduk saat tidur

Memilih posisi tidur yang tepat untuk mengatasi hidung mampet juga dapat berkerja secara efektif dalam mengurangi dampak menumpuknya lendir pada saluran pernafasan. Salah satu posisi tidur yang dapat dilakukan yaitu dengan cara tidur dalam kondisi setengah duduk, yang mana posisi kepala dan punggung agak lebih tinggi dengan ditopang beberapa buah bantal. Ingus atau lendir akan mengalir kebawan atau keluar dari hidung karena kepala dalam posisi yang tegak.

  1. Memanfaatkan jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kurkumin, kandungan aktif ini dapat mengatasi beberapa gejala akibat penyakit flu seperti timbulnya peradangan pada hidung akibat pilek terus menerus. Jahe biasanya dapat menimbulkan sensasi hangat dan pedas dalam waktu yang bersamaan, oleh karena itu dapat dimanfaarkan sebagai bahan alami untuk mengatasi hidung yang mempet. Jahe dapat diolah dengan beberapa cara seperti dengan memarut jahe hingga halus kemudian dicampurkan pada teh hangat dan diminum hingga pilek mereda atau jahe dapat dimakan langsung bersamaan dengan lauk pauk yang dimasak yang dapat dijadikan makanan untuk flu.

  1. Cuka apel

Cuka yang bahan dasarnya berasal dari buah apel ini memiliki banyak manfaat yang tidak terduga yang mana salah satunya adalah dapat digunakan untuk meredakan penumpukan lendir yang menghalangi saluran pernafasan. Caranya yaitu cukup mencampurkan cuka apel dengan air hangat, jika ingin mendapatkan rasa manis dapat menggunakan madu atau gula jawa. Cuka apel dapat dijadikan sebagai obat batuk dan pilek tradisional.

Sponsors Link

  1. Membersihkan hidung dengan air garam

Garam juga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi jumlah lendir yang banyak pada saluran pernafasan. Cara mengguanan air garam ini agak berbeda dengan beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan cara menghirup air garam melalui hidung kemudia dikeluarkan kembali. Air garam akan membantu tubuh mengeluarkan virus atau bakteri yang terdapat pada lendir yang menumpuk dengan demikian hidung mampet tidak akan terjadi lagi. Walaupun cara ini terbukti efektif dalam mengatasi lendir berlebih ada baiknya dilakukan secara perlahan karena dapat menimbulkan rasa perih pada hidung akibat terkena air garam.

Hidung mampet sebelah pada orang dewasa umumnya dapat dengan mudah dan cepat diatasi dan dapat dengan cara tidak mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dihindari saat flu, namun hal ini akan berbeda jika dialami oleh bayi atau anak-anak. Cara mudah lainnya yang dapat dilakukan pada bayi atau anak-anak yang mengalami pilek dapat menggunakan alat penyedot lendir yang tersedia di apotek. Memperbanyak asupan cairan dan nutrisi yang dapat berasal dari sayuran yang bagus untuk flu juga dapat membantu tubuh mengembalikan daya tahan tubuhnya sehingga serangan infeksi dapat segera teratasi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab