Sponsors Link

Keluar Kencing Saat Batuk – Bahaya, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jika terserang batuk disertai darah sedikit otomatis fungsi tubuh menjadi tidak sempurna. Karena itu terkadang timbul kondisi keluar kencing saat batuk. Jika mengalami hal tersebut tentu timbul pertanyaan bagaimana bisa hal tersebut terjadi. Apa yang jadi penyebabnya, bahaya atau tidak, serta bagaimana cara mengobati atau mengatasinya. Tentunya hal tersebut butuh penjelasan dengan lengkap. Jika ingin tahu lebih lanjut, simak berikut ini artikel singkat mengenai keluar kencing saat batuk.

Bahaya

Jika mengalami gejala keluar kencing saat batuk, belum tentu hal tersebut berbahaya bagi tubuh. Berikut ini bahaya yang mungkin terjadi jika mengalamimhal tersebut, untuk lebih jelasnya periksakan pada dokter:

  • Infeksi saluran kemih, yang rentan terjadi apabila daya tahan tubuh sedang menurun. Hal ini umum terjadi karena saat batuk berdahak disertai keringat dingin banyak virus maupun bakteri yang mengakibatkan penyakit tambahan. Salah satunya yaitu infeksi pada saluran kemih tersebut.
  • Diabetes, hal ini umum dialami oleh orang yang lanjut usia dengan kondisi fisik yang lebih terbatas. Sehingga kandungan gula tidak terkontrol dan rasa ingin buang air kecil juga terjadi lebih sering. Karena itu umum jika para lansia mengalami gejala btuk yang disertai keluar kencing. Karena motorik yang tidak berfungsi baik ditambah gejala diabetes yang dialami.

Penyebab

Ada beberapa penyebab batuk disertai sakit perut yang umum terjadi. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Infeksi virus maupun bakteri, salah satunya yaitu infeksi saliran pernapasan yang menyebabkan timbul batuk berdahak disertai mimisan serta gejala lain seperti demam dan sakit kepala.
  • Dehidrasi akibat kurang minum air putih sehingga tenggorokan menjadi radang dan timbul batuk kering yang sulit sembuh.
  • Dapat pula disebabkan oleh makanan berminyak maupun pedas yang menimbulkan iritasi pada tenggorokan gatal terus menerus. Sehingga batuk semakin parah serta dapat menimbulkan infeksi lainnya termasuk infeksi saluran kemih. Yang mana infeksi ini memicu penderita ingin kencing terus menerus bahkan pada saat sedang batuk.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi kondisi keluar kencing saat batuk dapat diobati dengan beberapa cara berikut:

  • Minum sari jeruk nipis yang hangat, sehingga tubuh menerima asupan vitamin C dosis tinggi. Dengan demikian imun tubuh meningkat dan tubuh dapat cepat pulih dari penyakit yang terjadi.
  • Konsumsi sop ayam dengan jahe, karena kandungan protein serta antibiotik alami yang tinggi dapat membantu pemulihan penyakit secara alami. Selain itu cara ini merupakan cara alami yang tanpa efek samping. Sehingga batuk akibat tifus sembuh dengan sendirinya dengan segera tanpa obat kimia yang berbahaya.
  • Minum air putih yang banyak, karena air membantu menghindari dehidrasi dan dapat mencegah gejala infeksi kandung kemih. Dengan jumlah vairan yang cukup, maka tubuh dapat bekerja sempurna menyalurkan oksigen dalam darah sehingga penyakit dapat sembuh lebih cepat.
  • Istirahat teratur, supaya daya tahan tubuh meningkat dan dapat kembali pulih dengan cepat. Hindati terlalu banyak aktivitas fisik di saat sakit supaya penyakit tidak bertambah parah dan dapat lekas sembuh.

Demikian penjelasan tentang keluar kencing saat batuk. Sebaiknya jika menderita batuk jangan dibiarkan saja. Segera berikan pengobatan yang sesuai. Apabila disertai keluar kencing saat sedang batuk lama disertai penurunan berat badan, lihat dulu apa penyebabnya. Jika infeksi segera diobati, namun jika bukan cukup banyak istirahat dan minum air putih yang banyak.

, , ,
Oleh :