Sponsors Link

Bahayakah Keluar Ingus Setelah Makan, Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Banyak yang saat sedang menderita flu bertanya-tanya tentang bahayakah keluar ingus setelah makan. Tentunya hal ini sering mengganggu, karena tentu makan menjadi tidak nyaman dan tidak fokus. Yang ada rasa pusing di kepala akibat pilek dan terganggu karena batuk karena diabetes yang timbul akibat gatal di tenggorokan.

ads

Oleh karena itu banyak yang ingin mengatasi hal tersebut dengan segera. Hanya saja sebagian orang juga belum paham benar apa cara yang paling tepat untuk meredakan pilek supaya aktifitas sehari-hari tidak mengalami gangguan yang berarti. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa penjelasan mengenai bahayakah keluar ingus setelah makan, termasuk bagaimana penanganannya.

Bahaya

Sebenarnya kondisi keluar ingus saat sedang mengalami gejala influenza disertai sakit kepala adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya jika segera ditangani. Namun apabila tidak segera dilakukan tindakan pengobatan yang tepat maka dapat timbul hal-hal lainnya yang meliputi keadaan berikut ini:

  • Terjadi infeksi sekunder, dimana yang awalnya batuk pilek disertai bintik merah biasa bisa makin parah dan kemudian menjalar menjadi demam infeksi yang berat seperti demam berdarah atau malaria. Karena daya tahan tubuh saat terserang flu biasanya menurun drastis. Sehingga sebaiknya segera atasi dan obati kondisi itu supaya tidak timbul penyakit yang lebih berat.
  • Tersedak, kemungkinan ini dapat muncul karena ingus yang keluar sama halnya dengan dahak di tenggorokan yang mengganggu. Sehingga dahak bisa saja masuk secara tidak sengaja ke dalam sistem pernafasan dan menimbulkan kondisi tersedak yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu sebaiknya hati-hati saat flu dan segera beristirahat agar penyakit cepat sembuh.

Penanganan

Saat mengalami batuk pilek panas malam hari tentu resikonya dapat keluar ingus setelah makan. Hal ini diperparah oleh beberapa hal terutama suhu di sekitar yang cukup hangat dan karena makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu untuk menghindari kondisi ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu umunya sebagai berikut:

  • Hindari makan makanan pedas saat sedang pilek. Karena tentunya kondisi ini tidak nyaman saat sedang mengkonsumsi makanan. Karena makanan yang pedas memicu rasa panas pada lambung dan akibatnya secara tidak langsung lendir atau ingus pada hidung akhirnya mengalami stimulasi dan keluar lebih banyak. Sebaiknya konsumsi makanan yang tidak terlalu pedas dan hangat saja sehingga hal ini tidak perlu terjadi.
  • Hindari suhu ruangan yang terlalu dingin, karena saat suhu sekitar cukup dingin misalnya karena AC atau penyejuk ruangan lainnya, otomatis cairan dan ingus bisa dengan mudahnya keluar dari hidung. Hal ini yang menyebabkan penderita virus yang menyebabkan flu sebaiknya menjaga besarnya suhu ruangan tempat dia berada. Sehingga resiko mengalami keluarnya ingus berlebihan terutama saat sedang asyik makan tidak perlu terjadi.
  • Perbanyak minum air putih, karena hal ini dapat membantu mengencerkan penyebab batuk berdahak disertai mengi termasuk mengencerkan ingus dan membuangnya melalui urin. Sehingga tidak perlu khawatir bahwa ingus akan mengganggu aktifitas sehari-hari.
  • Minum obat flu yang sesuai dengan dosis dan tipe flu yang diderita. Sehingga dengan demikian maka gejala flu termasuk gejala batuk pilek dapat segera reda dan tubuh kembali sehat seperti sedia kala.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai kondisi bahayakah keluar ingus setelah makan, termasuk bagaimana penanganan hal tersebut. Sehingga demikian maka gejala flu termasuk batuk karena masuk angin dan pilek yang sangat mengganggu dapat segera diatasi. Sehingga tidak perlu risau jika ingus selalu keluar dan menjadi pengganggu dalam berbagai aktifitas.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan