Sponsors Link

5 Obat Batuk Untuk Penderita Stroke Aman Digunakan

Sponsors Link

Stroke merupakan kondisi dimana kondisi tubuh kita yang sulit untuk bergerak, berjalan, memahami atau disebut juga dengan kelumpuhan atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Stroke merupakan penyakit yang dapat membuat penderitanya merasa putus asa, karena kondisi yang sulit untuk beraktivitas. Terlebih ketika dihadapkan dengan beberapa penyakit komplikasi lainnya.

Bahkan penyakit kecil seperti benarkah kelengkeng menyebabkan batuk. Batuk pada sebagian orang dapat sembuh dengan atau tanpa obat, namun batuk pada penderita stroke akan berbeda jenis kasusnya. Lalu, bagaimana cara mengobati penderita stroke yang mengalami batuk? Berikut obat batuk untuk penderita stroke yang dapat Anda gunakan.

1. Efedrin

Obat batuk untuk penderita stroke yang pertama ialah efedrin. Efedrin merupakan jenis obat yang bekerja pada sistem pernapasan, asma, pembengkakan pada hidung, hingga batuk dan pilek. Efedrin adalah obat nonresep yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan, terutama batuk. Efedrin ini juga dapat dikonsumsi oleh penderita stroke yang sedang mengalami batuk. Perhatikan dosis obat ini sebelum dikonsumsi, dan jangan mengonsumsi efedrin selama 7 hari berturut-turut dalam dosis yang berlebihan.

2. Fenipropanolamin

Fenipropanolamin juga dapat dijadikan sebagai obat batuk untuk penderita stroke. Obat ini merupakan obat yang dapat bekerja menggantikan dekongestan yang berfungsi menyusutkan pembuluh darah dalam tubuh Anda. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, alergi, iritasi hingga mata merah karena flu biasa. Selain itu, obat jenis ini juga dapat dan sering digunakan pada pada penderita stroke yang terserang batuk atau demam. Perhatikan dosis pemakaian obat ini, dan konsultasikan lebih dulu pada dokter.

3. Tanaman Binahong

Obat batuk untuk penderita stroke selanjutnya ialah tanaman binahong. Tanaman binahong ini merupakan jenis tanaman yang dapat dijadikan alternatif pengobatan alami. Selain dari bentuk daunnya yang unik, daun atau tanaman binahong ini sangat berkhasiat dalam mengatasi cara mengatasi batuk setelah operasi usus buntu. Tidak hanya itu, tanaman ini juga baik digunakan untuk mengatasi kanker, kerusakan pada paru-paru, sebagai obat sakit perut, obat luka, pelancar siklus menstruasi, hingga pada penyakit disentri.

Untuk mengonsumsi tanaman ini, biasanya daun binahong sekitar 5 lembar direbus dengan 3 gelar air hingga menyisakan 1 gelas air rebusan daun binahong. Air rebusan ini dapat diminum sebanyak 1 kali sehari setiap hari hingga batuk Anda mereda.

4. Daun Afrika

Selain tanaman binahong, daun afrika juga dapa menjadi pilihan dalam mengatasi batuk bagi penderita stroke. Tidak hanya itu, daun afrika juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan seperti sebagai obat kanker, penurun kolestrol, mencegah penyakit jantung, pereda demam malaria, dan digunakan sebagai obat diabetes. Cara mengonsumsinya pun berbeda-beda, pada gerakan yoga untuk menghilangkan batuk – Daun afrika cukup direbus, atau biasanya dicampur dengan teh hangat. Dapat diminum setiap hari, namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu.

5. Mengkudu

Buah mengkudu juga ternyata memiliki peran dalam mengatasi batuk bagi penderita stroke. Buah ini sangat berkhasiat dalam mengatasi luka pada tenggorokan, meredakan batuk akibat berhenti merokok dan dapat digunakan pada penderita stroke. Selain itu, mengkudu juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi alergi, kolestrol, peradangan, alergi, rematik. HIV/AIDS, hingga membantu mengobati kanker. Namun mengkudu tidak dapa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Penderita ginjal dan penderita gangguan hati.

Itulah 5 obat batuk untuk penderita stroke yang dapat Anda konsumsi, bersifat alami dan cukup aman. Namun, untuk menghindari efek samping, sebaiknya pada penggunaan obat-obatan yang membutuhkan saran dokter dikonsultasikan terlebih dahulu. Walaupun alami dan aman, jangan dikonsumsi secara berlebihan. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan