Sponsors Link

Bolehkah Makan Jeruk Saat Batuk? Apakah Aman?

Sponsors Link

Banyak yang menganggap bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang jika anda mengkonsumsinya maka buah tersebut akan membantu mengatasi masalah tenggorokan yang anda alami, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang berpendapat bahwasanya jeruk bukan termasuk salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita batuk, baik batuk basah atau batuk berdahak maupun juga batuk tidak berdahak atau yang disebut dengan batuk kering.

ads

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai bolehkah makan jeruk saat batuk dan seperti apa kondisi yang akan anda alami ketika anda mengkonsumsi buah jeruka ketika anda sedang dalam keadaan batuk. Perlu anda tahu bahwa pada dasarnya jeruk merupakan salah satu buah yang memang sangan dikenal akan kelezatan dan juga manfaatnya untuk kesehatan kita. Teksturnya yang berair yang kemudian banyak membuat masyarakat percaya bahwa jeruk merupakan buah yang di dalamnya mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal ini memang benar karena seperti yang kita tahu bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dimana ketika seseorang terkena sebuah kondisi atau penyakit, masalah tersebut bermula ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Terdapat berbagai macam jeruk yang tentunya anda sudah tahu yakni seperti di bawah ini:

  • Jeruk nipis
  • Jeruk bali
  • Jeruk buah, dan lain sebagainya

Khusus untuk jeruk nipis, jeruk ini merupakan jenis jeruk yang paling banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, banyak pengobatan yang berkaitan dengan masalah tenggorokan menggunakan jeruk sebagai salah satu bahan utama untuk menyembuhkan batuk atau gatal tenggorokan yang dialami seseorang. Banyak yang mencampurkan jeruk dengan bahan lain seperti madu maupun juga kecap untuk semakin meningkatkan khasiat atau manfaat dari jeruk tersebut.

Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang memanfaatkan jenis jeruk lainnya yakni jeruk lemon untuk membantu mengatasi masalah batuk dan gatal tenggorokan yang dialaminya. Hal ini disebabkan karena di dalam jeruk lemon mengandung sebuah senyawa yang bersifat diuretic yang mana fungsi dari senyawa tersebut adalah untuk membantu membuang racun yang terdapat di dalam tubuh yang bisa membahayakan tubuh ketika dibiarkan terlalu lama.

Bolehkah Makan Jeruk Saat Batuk?

Batuk pada dasarnya merupakan sebuah kondisi yang wajar yang bisa dialami oleh siapa saja dan umumnya memang akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika batuk tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka bisa menjadi pemicu orang tersebut terkena beberapa masalah yang harus segera ditangani seperti dengan mengetahui:

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam jeruk mengandung zat yang sangat bermanfaat untuk membantu mengobati batuk maupun juga masalah tenggorokan yang biasanya jeruk tersebut akan diolah menjadi sebuah ramuan dan dicampur dengan beberapa bahan lain seperti madu atau kecap. Akan tetapi, di dalam jeruk juga terdapat sebuah senyawa yang bersifat asam dimana senyawa tersebut bernama asam sitrat atau yang juga dikenal dengan sitrus. Kandungan dari asam inilah yang akan menyebabkan batuk yang dialami oleh anda, baik yang anda alami berupa batuk berdahak maupun juga batuk tidak berdahak.

Sponsors Link

Mengapa demikian? Karena setelah diteliti dan telah ditemukan hasil bahwasanya asam sitrat tersebut nantinya akan mengakibatkan tenggorokan menjadi gatal. Alih – alih ingin mendapatkan kesembuhan dengan mengkonsumsi jeruk, namun yang didapatkan malah batuk yang dialami akan semakin parah karena tenggorokan akan semakin gatal. Kemudian timbul pertanyaan, lantas bagaimana dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya? Bukannya vitamin sangat bermanfaat untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh? Sebenarnya untuk menjawab hal tersebut tentunya sangat mudah.

Jeruk bukan satu – satunya buah yang mengandung vitamin C bukan? Jadi anda hanya tinggal mencari buah – buahan lain yang di dalamnya mengandung vitamin C jika memang yang anda inginkan adalah untuk membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda, kecuali jika anda bukan dalam kondisi batuk atau mengalami masalah pada tenggorokan maka tentunya anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi jeruk.

Sponsors Link

Lantas Kesimpulannya?

Adapun kesimpulan mengenai bolehkah mengkonsusmi jeruk saat batuk adalah bahwa anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini karena di dalamnya mengandugn asam sitrat atau yang disebut dengan sitrut yang mana memiliki dampak untuk membuat tenggorokan anda menjadi tambah gatal.

Namun, jika anda ingin mengembalikan sistem tubuh anda dengan cara mengkonsusmi vitamin C maka yang harus anda lakukan adalah dengan mencoba mendapatkan buah lainnya yang juga mengandung kadar vitamin C yang tinggi sehingga anda tidak sampai mengalami batuk.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan mengenai bolehkan makan jeruk saat batuk. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya. Kami menyarankan anda untuk membaca informasi lainnya untuk semakin menambah wawasan anda seperti dengan membaca tentang cara mengatasi batuk disertai muntah, apa saja yang harus anda tahu tentang efek batuk saat hamil serta mengenai bagaimana cara mengobati batuk menggigil.

, , ,