Sponsors Link

Batuk Setelah Minum Obat: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Setiap pengobatan suatu penyakit harus diperlukan informasi terkait efek samping dari penggunaan obat tersebut. Kesalahan dalam penggunaan obat akan berbahaya bagi kesehatan penderita bahkan akan membahayakan penderita. Mungkin sebagian besar dari kalian merasakan batuk-batuk setelah mengkonsumsi obat. Kejadian ini akibat mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti batuk karena amandel, dan obat hipertensi atau darah tinggi.

ads

Obat hipertensi ini juga mengobati gagal ginjal kronis dan gagal jantung. Penggunaan obat ini terdapat efek kepada penderita yaitu terjadinya batuk kering. Pada artikel ini akan membahas tentang batuk setelah Minum Obat: penyebab, bahaya dan penanganannya.

Penyebab Batuk Setelah Minum Obat

Gangguan kesehatan setiap orang pasti memiliki penyebab yang berbeda tergantung kondisi daya kekebalan tubuh orang tersebut pada saat itu. Seperti batuk-batuk setelah minum obat juga akan berbeda untuk setiap orangnya karena orang terkadang memiliki sensitif terhadap obat tertentu sehingga muncul efek batuk – batuk. Berikut ini beberapa penyebab batuk-batuk setelah minum obat, antara lain:

1. Alergi obat tertentu

kondisi setiap orang berbeda dan memiliki susunan kromosom yang berbeda sehingga akan membentuk sistem tubuh yang berbeda pula. Hal ini akan terkait dengan alergi pada orang tersebut. Selain alergi pada kondisi lingkungan seperti kondisi berdebu dan dingin yang dapat menyebabkan batuk, namun mengkonsumsi obat tertentu maka akan berdampak munculnya batuk. Obat-obat tersebut menjadi alergen yang dapat tubuh mengalami alergi sehingga muncul batuk-batuk setelah mengkonsumsi obat tersebut.

2. Radang

beberapa orang mengkonsumsi obat dapat membuat peradangan pada tenggorokan. Peradangan inilah yang akan mengakibatkan tubuh muncul batuk-batuk setelah mengkonsumsi obat tersebut. Kondisi ini juga dapat memicu munculnya dahak pada tenggorokan sehingga penderita mengalami batuk berdahak.

Bahaya Batuk – Batuk Setelah Minum Obat

Setiap penyakit atau gangguan kesehatan maka akan memicu munculnya penyakit lainnya bahkan penyakit tersebut menjadi lebih parah jika Anda tidak menanganinya dengan cepat, tepat dan benar. Kondisi tersebut juga berlaku untuk batuk akibat mengkonsumsi obat. Berikut ini bahaya batuk-batuk setelah minum obat, antara lain:

  1. Susah bernafas, batuk yang disebabkan radang tenggorokan ini akan mengganggu dalam bernafas. Hal ini karena dahak pada tenggorokan akan bergerak ke rongga hidung dan menyebabkan hidung tersumbat. Kondisi seperti inilah yang mengakibatkan penderita susah bernafas.
  2. Nafsu makan menurun, kondisi ini diakibatkan peradangan tenggorokan. Radang tenggorokan akibat batuk ini akan membuat penderita susah menelan makanan. Khasiat jeruk nipis untuk flu seperti inilah yang membuat penderita tidak mau untuk makan karena rasa sakit saat menelan makanan.
  3. Demam, akibat batuk akibat minum obat ini memang sering dialami oleh banyak orang. Penderita yang mengalami kenaikan suhu setelah batuk tersebut muncul. Kondisi ini diakibatkan sistem kekebalan tubuh sedang melawan bakteri atau virus penyebab batuk.

Penanganan Batuk – Batuk Setelah Minum Obat

Berikut ini beberapa penanganan yang tepat dan benar dalam mengobati atau menyembuhkan batuk – batuk setelah minum obat, seperti dibawah ini.

  1. Berhenti mengkonsumsi obat tersebut, salah satu cara yang tepat dan benar yaitu menghentikan mengkonsumsi obat penyebab batuk tersebut. Cara ini terkesan sepele namun pasti batuk kering disertai pilek Anda akan sembuh.
  2. Perbanyak minum air putih, mengkonsumsi air putih memang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama menyebuhkan peradangan di tenggorokan. Air putih dipercaya mampu mengobati batuk karena mampu meningkatakan daya kekebalan tubuh sehingga mampu membunuh bakteri atau virsu penyebab batuk.
  3. Minum air jahe dan madu, jahe dan madu ini sangat baik untuk menyembuhkan batuk karena mampu melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak sehingga dahak mudah keluar.

Selain menggunakan pengobatan di atas, anda juga mengobati batuk yang anda alami dengan khasiat belimbing wuluh untuk batuk, dan juga obat tradisional batuk berlendir.

Demikian penjelasan tentang batuk – batuk Setelah Minum Obat: penyebab, bahaya dan penanganannya. Jika Anda terkena batuk tersebut maka cobalah untuk melakukan penanganan tersebut.

, , ,