Sponsors Link

Kenapa Obat Flu Selalu Bikin Ngantuk, Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Banyak orang selalu merasa bingung kenapa obat flu selalu bikin ngantuk? Karena setelah minum obat flu biasanya akan terasa ngantuk berat sehingga susah beraktivitas. Padahal kadang kala minum obat flu tidak hanya malam hari saja, namun juga di pagi hari. Akibatnya jadi susah melakukan sesuatu. Yang ada badan terasa lemas, mengantuk dan ingin tidur saja.

ads

Sebagian besar orang paham akan kondisi ini, namun tidak tahu pasti apa yang menjadi penyebabnya. Karena itu butuh informasi yang tepat dan akurat mengenai kondisi ngantuk setelah minum obat flu termasuk juga obat batuk karena amandel dan pilek. Terutama karena sakit flu mudah menyerang siapa saja. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini penjelasan kenapa obat flu selalu bikin ngantuk, bagaimana penanganannya.

Penyebab Kantuk

Setelah minum obat flu, bisanya orang akan segera ingin tidur. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Obat flu disertai sakit kepala rata-rata bertujuan untuk membuat penderita flu istirahat lebih banyak. Karena pada dasarnya flu adalah penyakit ringan yang mudah diobati dengan alami. Demikian pula saat flu disertai batuk dan pilek. Karena itu obat flu akan mengandung bahan penyebab kantuk. Supaya saat seseorang terkena flu berat yang disertai gejala demam maupun batuk dan radang, akan memilih untuk lebih banyak tidur maupun istirahat seharian.
  • Obat flu umumnya mengandung anti histamine yang bekerja mengganggu kesadaran pada sistem saraf pusat dan otak manusia sehingga tidak dapat menahan ngantuk dan ingin istirahat. Namun di satu sisi anti histamine ini bekerja secara kuat dalam meredakan hidung tersumbat sebelah maupun gejala batuk berdahak yang banyak terjadi pada saat terserang flu.

Menangani Kantuk

Untuk menangani kantuk pada saat sesudah minum obat flu disertai demam serta sakit kepala, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Sebaiknya hindari melakukan aktivitas fisik setelah minum obat flu, karena tujuannya adalah istirahat, maka pakai waktu anda seharian untuk istirahat. Sehingga esok hari badan akan pulih secara alami dan anda dapat melanjutkan aktivitas normal seperti biasa. Gejala flu pada anak maupun orang dewasa lainnya seperti demam juga akan cepat mereda saat memperbanyak waktu tidur.
  • Pilih obat flu herbal yang membantu menurunkan demam dan meredakan gejala batuk pilek. Misalnya dengan sari jeruk nipis hangat yang dicampur jahe. Dengan demikian penyakit flu akan mereda namun tidak perlu lagi takut akan merasa sangat mengantuk sesudahnya. Selain itu umumnya obat herbal lebih minim efek samping.
  • Saat ini sudah tersedia berbagai macam pilihan obat flu batuk pilek lainnya yang tidak menimbulkan efek samping berupa rasa ngantuk yang berlebihan. Sehingga jika terkena batuk pilek sebagai gejala influenza disertai badan ngilu dan harus melakukan banyak aktivitas, sebaiknya pilih saja obat yang tidak menimbulkan kantuk. Sehingga penyakit dapat sembuh namun aktivitas tetap dapat diselesaikan dengan baik.

Demikian beberapa penjelasan tentang kenapa obat flu selalu bikin ngantuk, bagaimana penanganannya? Dengan penjelasan lengkap maka penderita flu batuk pilek panas malam hari dapat berpikir ulang sebelum minum obat flu di pagi hari. Sehingga aktivitas tetap berjalan maksimal dan tidak perlu terganggu oleh rasa kantuk. Dengan demikian penyakit dapat cepat sembuh namun kegiatan sehari-hari tetap dapat berjalan lebih lancar.

, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan