Sponsors Link

5 Gejala Sinus Etmoidalis Yang Umum Terjadi

Sponsors Link

Apakah anda pernah mendengar tentang apa itu sinusitis? Mungkin beberapa dari anda akan mengatakan iya, namun tidak sedikit dari anda mengatakan bahwa anda tidak mengetahui penyakit sinus ini karena mungkin anda akan lebih mengenal penyakit sinus ini lebih kepada kondisi flu yang tidak kunjung sembuh. Baca batuk karena penyakit jantung.

Akan tetapi jika misalnya tubuh memproduksi lendir dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal, maka tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain dapat menimbulkan anda mengalami kesulitan bernapas, banyaknya lendir yang menumpuk di hidung anda akan menyebabkan anda mengalami peradangan yang lebih parah yang dalam kondisi parah akan membuat hidung berubah warna menjadi kemerahan serta lendir yang anda punya akan berwarna hijau dan lebih kental. Sementara itu, terdapat 4 jenis penyakit sinus termasuk diantaranya Sinusitis Emoidalis yang akan kita bahas mengenai gejala – gejala dari Sinusitis Emoidalis ini. Anda juga harus tahu tentang penyakit yang menyebabkan batuk berdarah.

Apa saja gejala Gejala Sinus Etmoidalis?

Pada dasarnya penyakit sinus ini dibagi menjadi dua berdasarkan tingkat keparahan dari penyakit itu sendiri. Yang pertama disebut dengan sinusitis kronis. Sinusitis kronis merupakan suatu kondisi yang mana seseorang yang menderita penyakit sinus kronis akan menderita peradangan yang terjadi di daerah sekitar hidung selama kurang lebih 12 minggu, kondisi yang seperti sulit sekali untuk dihilangkan atau diobati meskipun sudah dilakukan berbagai macam tindakan.

Yang kedua disebut dengan penyakit sinus akut. Sinusitis akut merupakan suatu kondisi yang menyebabkan peradangan di daerah sekitar saluran hidung selama kurang lebih 4 sampai dengan 8 minggu. Kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya meskipun tanpa dilakukan pengobatan, ataupun meskipun dilakukan pengobatan namun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sembuh.

Sebenarnya untuk gejala dari Gejala Sinus Etmoidalis maupun sinus jenis lain memang terdapat beberapa kemiripan atau kesamaan, namun anda masih dapat membedakannya dengan mengetahui informasi berikut ini:

  • Merasa nyeri ketika wajah ditekan

Gejala Sinus Etmoidalis yang pertama adalah anda akan merasakan rasa nyeri yang lumayan sakit ketika wajah anda ditekan. Rasa sakit yang ditimbulkan tersebut akibat dari suatu peradangan yang terjadi di daerah dinding atau saraf – saraf sinus anda. Untuk Gejala Sinus Etmoidalis, anda akan merasakan rasa sakit pada area mata ketika area tersebut anda tekan.

  • Hidung tersumbat

Gejala Sinus Etmoidalis yang kedua adalah anda akan mengalami hidung tersumbat. Hidung tersumbat di sini lebih dari sekedar ketika anda akan mengalami flu atau pilek. Hidung tersumbat yang di derita oleh orang yang terindikasi terkena Gejala Sinus Etmoidalis adalah lendirnya berwarna hijau dan teksturnya lebih kental.

Hal ini disebabkan karena saluran pernapasan anda memproduksi lendir dalam jumlah yang terlalu banyak sehingga akan menyebabkan penumpukan di area sekitar hidung. Biasanya ketika seseorang sudah mengalami hal tersebut, maka akan disarankan untuk mengompres hidungnya dengan menggunakan handuk yang sebelumnya telah dibasahi dengan air hangat. Pengobatan lainnya adalah nanti orang tersebut juga akan diminta untuk menghirup uap air hangat yang akan digunakan untuk mengompres tadi. Baca timun penyebab batuk.

  • Postnasal dip

Perlu anda tahu bahwasanya lendir secara umum akan mengalir dalam jumlah yang sedikit ke dalam hidung dan kemudian akan turun ke belakang tenggorokan sebelum nantinnya akan tertelan oleh anda. Fungsi lendir sendiri adalah untuk menjaga agar saluran pernapasan anda dalam kondisi lembab.

Jika sudah terkena infeksi, maka lendir yang anda produksi akan semakin meningkat. Selanjutnya lendir tersebut akan berubah warna menjadi kuning maupun berubah menjadi hijau dengan tekstur yang lebih kental dari kondisi biasanya. Hal ini disebabkan karena adanya campuran antara bakteri dengan sel darah putih yang merupakan sebuah tanda bahwa tubuh anda telah melakukan perlawanan terhadap infeksi yang sedang menyerang.

Lendir yang sudah berwarna tadi kemudian akan turun ke tenggorokan sehingga nantinya akan disebut dengan postnasal dip. Gejala ini merupakan gejala yang paling jelas dan paling sering dialami oleh seseorang yang terkena penyakit sinus etmoidalis.

  • Batuk

Batuk juga merupakan salah satu dari Gejala Sinus Etmoidalis yang perlu anda tahu. Pada saat lendir yang anda punya mengalir ke tenggorokan, kemungkinan akan menyentuh pita suara anda sehingga nantinya akan memicu terjadinya batuk. Anda harus mengetahui tentang anak batuk setiap bangun tidur.

Sinusitis sendiri adalah suatu peradangan atau inflamasi yang terjadi pada bagian sinus yang disebabkan karena penumpukan lendir yang terdapat pada saluran pernapasan, dalam hal ini yaitu hidung. Sebenarnya lendir memang bermanfaat untuk tubuh anda karena fungsi lendir sendiri adalah untuk menjaga agar supaya sistem pernapasan anda dalam kondisi selalu lembab.

  • Menurunnya daya penciuman

Gejala Sinus Etmoidalis yang terkahir adalah anda akan mengalami daya penciuman anda yang semakin menurun. Biasanya hal ini hampir sama dengan ketika anda mengalami pilek, namun seseorang yang terindikasi mengalami penyakit sinus maka daya penciumannya akan turun drastis. Hal ini diakibatkan oleh pembengkakan yang terjadi pada area selaput hidung sehingga kemudian akan menghambat molekul bau yang akan anda hirup untuk nantinya bisa mencapai receptor penciuman. Baca mengenai penyebab paru-paru sakit jika batuk.

Itulah beberapa ulasan tentang adanya gejala yang terjadi pada sinus etmoidalis yang bisa anda ketahui bagaimana sinus tersebut bisa terjadi yang bisa anda ketahui.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus