Sponsors Link

Batuk Sebelum Pembedahan : Penyebab – Bahaya dan Penanganan

Sponsors Link

Seorang pasien yang hendak melakukan pembedahan untuk mengeluarkan suatu penyakit, sebaiknya dalam keadaan sehat secara mental dan fisik. Pasalnya, kesehatan pasien sebelum masuk ruang operasi adalah suatu hal penting dan memberikan efek positif, untuk meningkatkan keberhasilan operasi atau pembedahan yang dilakukan, serta mengurangi resiko komplikasi yang bisa terjadi. Oleh sebab itu, saat ini hampir setiap rumah sakit terbaik mencanangkan program pre-habilitasi untuk meningkatkan kesehatan pasien sebelum operasi agar operasi tersebut bisa berhasil dengan baik.

ads

Sebelum pembedahan, biasanya dokter akan mengadakan serangkaian tes kesehatan yang harus dijalani pasienya, untuk mengetahui apakah pasien tersebut sehat saat akan menjalani pembedahan tertentu. Pasien juga sebaiknya menceritakan pada dokter, mengenai cara mengatasi batuk setelah operasi usus buntu serta obat apa yang dikonsumsi atau sedang mengalami sakit apa. Jika pasien yang sedang mengalami batuk, baik kering maupun berdahak juga tidak bisa untuk mengikuti pembedahan terlebih dulu, sebelum batuk tersebut sembuh.

Penyebab Batuk Sebelum Pembedahan

Jika sebelum menjalani pembedahan Anda mengalami batuk, sebaiknya segera berkonsultasi dulu dengan dokter terkait masalah ini. Batuk yang dialami harus segera diobati terlebih dulu, agar operasi bisa dilakukan. Adapun penyebab batuk yang dialami bisa disebabkan oleh:

  • Virus, sakit flu disertai demam merupakan penyebab batuk yang paling umum. Ketika batuk, virus yang masuk ke dalam paru-paru akan keluar dan batuk bisa segera sembuh
  • Iritan, batuk karena iritasn yang terjadi saat udara sedang dingin, asap rokok serta pemakaian parfum dengan aroma kuat yang dapat memicu batuk
  • Alergi disertai asma, kondisi paru-paru yang ingin mengeluarkan sesuatu yang sudah mengganggu tubuh Anda
  • Peradangan pada saluran napas
  • Mengalami sleep apnea (gangguan tidur yang serius)
  • Efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu
  • Sedang dalam mood yang kurang baik serta mengalami depresi

Bahaya Batuk Sebelum Pembedahan

Sebenarnya, sakit batuk bukan termasuk dalam kontraindikasi saat sebelum menjalankan operasi. Namun, perlu diketahui terlebih dulu mangga menyebabkan batuk  serta apa penyebab dari batuk yang sedang dialami pasien yang hendak menjalani operasi pembedahan. Batuk tersebut perlu dilakukan pemeriksaan, karena mungkin batuk tersebut muncul karena ada infeksi saluran nafas atau karena asma.

Beberapa penyakit yang sering dialami pasien juga banyak yang memunculkan gejala batuk, bisa di obati dengan obat batuk untuk pasien hemodialisa Oleh sebab itu, ketika mulai mengalami batuk beberapa hari sebelum pembedahan, segera berkonsultasi dengan dokter dan cari tahu bagaimana solusinya, apakah berbahaya untuk persiapan sebelum operasi serta bagaimana cara mengatasinya. Informasikan seluruhnya kepada dokter yang akan menangani operasi Anda.

Penanganan Batuk Sebelum Pembedahan

Umumnya batuk memang disebabkan oleh suatu infeksi virus yang akan sembuh dengan sendirinya dengan memanfaatkan khasiat lempuyang untuk batuk  selama beberapa hari. Jika batuk yang dialami berlansung selama lebih dari satu minggu, maka sebaiknya batuk segera diobati sebelum pembedahan di mulai. Berikut ini beberapa penanganan batuk :

  • Mengkonsumsi obat antibiotic untuk pasien yang mengalami batuk karena infeksi bakteri sekunder agar batuk segera reda
  • Mengkonsumsi antasida khususnya bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung tetapi sering batuk
  • Menggunakan obat hirup seperti inhaler sebagai steroid yang ampuh untuk menangani batuk karena asma
  • Jika batuk Anda adalah batuk karena PPOK, maka konsumsi obat yang dapat membantu melebarkan napas

Batuk yang terjadi dan di alami pasien yang mengalami batuk sebelum pembedahan, sebaiknya memang diatasi terlebih dulu, untuk menghindari komplikasi yang mungkin saja bisa terjadi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu