Sponsors Link

Keluar Cairan Kuning dari Hidung Sebelah Kanan: Gejala, Penyebab, Pengobatan

Sponsors Link

Produksi lendir yang berwarna bening dan cair pada hidung merupakan hal yang normal terjadi setiap harinya. Orang yang sehat menghasilkan sekitar 1,7 liter lendir setiap hari. Lendir normal biasanya terdiri dari air yang mengandung garam yang sudah diencerkan, antibodi dan protein. Namun ada kalanya tubuh akan memproduksi lendir dalam jumlah berlebihan yang dapat berupa lendir kental,  lengket dan berubah warna dari bening menjadi kuning lalu hijau. Kondisi seperti ini membuat seseorang juga mengalami gejala lain seperti sakit kepala, sakit pada wajah, hidung tersumbat dan kelelahan serta lainnya.

ads

Ketika seseorang mengalami pilek, biasanya ada pembengkakan pada hidung. Pembengkakan ini biasanya dapat menyumbat sinus, yaitu rongga pada tulang tengkorak wajah dan menghalangi aliran lendir yang normal. lendir yang tersumbat ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan peradangan pada sepanjang jaringan sinus, yang dikenal dengan nama sinusitis. Salah satu gejala awal sinusitis adalah lendir berwarna kekuningan atau kehijauan disertai rasa sakit pada wajah di sekitar pipi, mata dan dahi.

Apa itu Sinusitis

Sinus adalah rongga kosong di dalam tulang wajah yang mengelilingi hidung. Sinus dilapisi oleh membran tipis yang memproduksi lendir, yang secara normal akan mengalir melalui hidung dan bagian belakang tenggorokan. Ketika rongga sinus teriritasi, respons tubuh adalah untuk memproduksi lendir lebih banyak dan hal ini dapat menyebabkan tekanan, pembengkakan, peradangan, rasa nyeri dan iritasi lebih jauh lagi. Penyumbatan pada rongga sinus dapat menyebabkan penumpukan cairan, kekurangan oksigen yang dihirup untuk bernapas, dan adanya penurunan dari aktivitas serabut silia yang berfungsi untuk membersihkan rongga sinus sehingga menjadi media  yang subur untuk pertumbuhan kuman penyebab infeksi pada rongga sinus.

Sinusitis berasal dari kata sinus dan itis. Sinus berarti rongga di sekitar hidung, lalu itis yang artinya radang. Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga di sekitar hidung khususnya pada selaput lendir pada setiap rongga sinus dan sepanjang saluran pernapasan. Juga menjadi penyebab hidung tersumbat atau hidung mampet kepala pusing. Ada empat macam sinus yang terletak di sepanjang saluran napas yaitu:

  • Sinus Maxilla – Sepasang sinus yang terletak di belakang dinding pada pipi kanan dan kiri.
  • Sinus Frontal – Sepasang sinus yang letaknya di dahi kanan dan kiri.
  • Sinus Sphenoid – Letaknya di belakang rongga hidung
  • Sinus Ethmoid – Sinus ini letaknya di bawah rongga mata.

Pada orang yang menderita sinusitis, lendir yang kental bisa mengalirdari rongga sinus bahkan bisa tersumbat di dalamnya. Namun kondisi ini tergantung pada bentuk anatomi pada rongga sinus. Bila anatomi pada rongga hidung dan pintu rongga sinus kecil, lendir sulit keluar sehingga bisa terjadi sumbatan dan pembengkakan didalam rongga sinus. Namun jika sebaliknya, lendir akan lebih mudah keluar baik itu lewat kedua lubang hidung atau menuju tenggorokan, melalui paru-paru hingga ke organ pencernaan.

Gejala Sinusitis

Keluar cairan kuning dari hidung sebelah kanan berarti ada infeksi pada sistem pernapasan Anda. Ingus kuning sebenarnya adalah saat ketika tubuh sedang melakukan perlawanan pada penyakit, terlebih lagi jika ingus telah berwarna hijau. Sinusitis adalah peradangan pada sinus, yang berbentuk empat pasang rongga yang terisi udara yang ada di wajah dan tengkorak. Ketika sinus membengkak dan iritasi, gejala yang akan timbul adalah:

  • Sakit di wajah yang dapat memburuk bila tubuh condong ke depan atau ditekan.
  • Sakit gigi
  • Post nasal drip yaitu mengalirnya cairan dari hidung ke tenggorokan
  • Merasakan tekanan di dalam wajah terutama area seputar hidung, pipi dan mulut ketika ditekan,
  • Hidung tersumbat
  • Batuk yang berkelanjutan
  • Lendir hidung yang berwarna hijau atau kental dan berwarna kuning.
  • Sakit kepala, ada hubungan sakit kepala dengan sinusitis.
  • Tenggorokan yang sakit.
  • Demam
  • Kemerahan yang terlihat di sekitar hidung, pipi dan kelopak mata.
Sponsors Link

Selain itu ada juga gejala tambahan yang mungkin hanya dialami oleh sebagian penderita sinusitis, seperti kesulitan mencium aroma, terasa ada tekanan pada telinga atau rasa penuh di telinga, napas berbau, bersin – bersin, ingus berbau busuk, dan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan.

Penyebab Keluar Lendir Kuning

Keluar lendir kuning dari lubang hidung sebelah kanan bisa saja disebabkan oleh sinusitis yang mulai memburuk. Kondisi kesehatan yang dapat membuat saluran pembuangan dari sinus tersumbat dan mengakibatkan infeksi pada sinus antara lain:

  • Pilek yang disebabkan oleh virus yang merupakan penyebab sinusitis paling aman sehingga keluar lendir kuning dari lubang hidung sebelah kanan.
  • Alergi dengan pemicu seperti serbuk sari, udara dingin, debu, lembab, makanan dan sebagainya yang membuat hidung berair setiap pagi.
  • Rinitis non Alergi, yaitu kondisi yang mirip alergi namun sebabnya tidak diketahui.
  • Polip hidung, yaitu pertumbuhan jaringan di dalam saluran rongga hidung.
  • Bakteri, yang berkembang sekitar 10 hari setelah infeksi virus.
ads

Warna kekuningan pada lendir yang keluar dari lubang hidung kanan yang muncul bersamaan dengan sinusitis tidak mengindikasikan adanya bakteri, namun itu justru menunjukkan keberadaan sel darah putih. Sistem kekebalan tubuh kita mengeluarkan sel darah putih ke area peradangan bahkan jika tidak ada infeksi bakteri. Sel – sel darah putih ini berwarna kehijauan, jadi seiring dengan perkembangan penyakit pilek, sel tersebut akan makin banyak terdapat pada infeksinya sehingga lama kelamaan lendir akan menjadi kental dan kuning, akhirnya menjadi hijau.

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melihat riwayat medis pasien, sehingga Anda mungkin akan menjalani pemeriksaan X-ray atau CT Scan. Pengobatan lain yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  • Penguapan

Melakukan penguapan dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi penyumbatan pada sinus dan hidung. Jika dikombinasikan dengan minyak esensial, akan menjadi cara yang kuat untuk membuat pernapasan lebih nyaman dan menjadi cara meredakan hidung mampet. Anda bisa menggunakan minyak seperti peppermint, rosemary, tea tree, ginger, eucalyptus dan banyak lagi untuk mengatasi hidung mampet berkepanjangan.

  • Rebus sekitar satu liter air sampai mendidih lalu masukkan ke baskom.
  • Biarkan sedikit mendingin lalu tambahkan 2-3 tetes minyak esensial.
  • Selubungi kepala dengan handuk, tutup mata dan bernapaslah pelan dan dalam.
  • Beri jarak selengan antara wajah dan baskom.
  • Ulangi proses ini 2-3 kali sehari atau sampai Anda merasa lega.

Jika Anda memiliki asma, hindari penguapan. Anak – anak harus diawasi dengan ketat oleh orang tua ketika melakukan cara ini sebab dapat beresiko menyebabkan luka bakar karena tersiram air panas.

  • Neti Pot

Neti pot berbentuk seperti lampu Aladin kecil, dan berguna untuk melegakan pernapasan, cara mengatasi hidung tersumbat dan mengatasi tekanan sinus serta sakit pada wajah. Neti pot dapat menipiskan lendir pada hidung dan mengeluarkan kotoran, melepaskan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan. Menggunakan neti pot cukup mudah, namun Anda harus berlatih terlebih dulu agar tidak mengalami efek samping dari kesalahan pemakaian.

Anda dapat menempatkan ujungnya di salah satu lubang hidung, lalu miringkan kepala ke belakang dalam sudut 45 derajat dan biarkan cairan masuk ke lubang hidung lalu keluar di lubang lainnya. Penting untuk diperhatikan adalah agar menggunakan air yang benar – benar bersih, sebab air yang terkontaminasi dapat menyebabkan masuknya kuman. Pastikan neti pot Anda selalu bersih habis digunakan dan jangan sampai berbagi penggunaannya dengan orang lain untuk cara agar hidung tidak mampet saat tidur dan cara mengatasi hidung mampet setiap malam.

  • Antihistamin dan Dekongestan

Dekongestan berguna jika hidung tersumbat karena pilek, karena dapat mengurangi produksi lendir di jalan napas dan paru – paru dengan memperlambat aliran darah. Namun dekogestan bukan pilihan yang bagus untuk lendir kental. Jika digunakan berlebihan akan membuat kering dan lendir akan semakin kental sehingga hidung makin tersumbat.

Antihistamin juga memiliki karakteristik yang sama. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat – obatan jenis apapun untuk mengatasi keluar lendir kuning dari lubang hidung sebelah kanan. Perhatikan juga posisi tidur saat pilek.

Sponsors Link

  • Antibiotik

Selain melalui lubang hidung kanan, bisa saja lendir kuning juga keluar dari lubang hidung kiri atau dari kedua lubang hidung. Keluar lendir kuning dari lubang hidung sebelah kanan bukan selalu berarti bahwa ada infeksi bakteri yang memerlukan antibiotik. Antibiotik dikatakan tidak mempunyai manfaat yang terlalu bagus jika berhubungan dengan sinusitis yang disebabkan oleh bakteri.

Untuk penyakit sinusitis akut, disarankan  untuk menunggu selama 7 hari lagi setelah gejalanya terlihat, yang bisa bertahan selama 10 hari atau lebih. Jika gejala – gejalanya tidak juga menghilang setelah waktu observasi, maka Anda dapat mulai mengonsumsi antibiotik, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter. Menggunakan antibiotik sebagai pengobatan perlu dilakukan dengan hati – hati untuk menghindari resiko bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik.

Keluar lendir kuning dari lubang hidung sebelah kanan bisa menjadi pertanda dari penyakit yang lebih serius jika melibatkan gejala seperti demam tinggi, sakit kepala berat yang tiba – tiba, sulit melihat atau penglihatan ganda, pembengkakan atau kemerahan di kedua mata, sulit bernapas dan leher kaku. Segera hubungi dokter jika gejala memberat seperti yang telah disebutkan. Perbanyak istirahat untuk memulihkan tubuh, konsumsi banyak air putih dan cairan hangat, menggunakan obat semprotan hidung seperti diresepkan dokter adalah beberapa hal yang dapat membantu mempercepat pemulihan sinusitis.

, , ,