Sponsors Link

8 Obat Tradisional Sinusitis Yang Umum Dipakai

Sponsors Link

Penyakit bahaya sinusitis jika tidak diobati bisa jadi sangat mengganggu dan butuh untuk diberikan pengobatan secepatnya. Salah satunya dengan memakai obat tradisional sinusitis. Tentu lebih banyak orang yang memilih obat alami daripada obat resep, karena obat alami lebih minim efek samping. Sehingga dengan demikian penyakit dapat sembuh tanpa dampak yang berbahaya lainnya. Jika belum mengetahui secara detail, berikut ini beberapa obat tradisional sinusitis yang umum dipakai.

1. Sari Jahe

Jika terjadi sumbatan di saluran pernafasan karena gejala sinus, segera minum air jahe. Rasa hangatnya akan melegakan tenggorokan gatal terus menerus dan terus naik ke hidung. Sehingga gejala sinus berupa hidung tersumbat akan mereda. Selain rasanya yang nikmat dan hangat, jahe sangat mudah didapatkan.

2. Kompres Air Hangat

Untuk meredakan gejala sinus lainnya, cobalah dengan memberikan kompres air hangat di sekitar rongga hidung. Umumnya rasa hangat akan memicu terurainya sumbatan di daerah tersebut. Sehingga gejala sinus akan mereda serta kepala tidak akan terasa pusing.

3. Uap Minyak Kayu Putih

Cara alami yang telah dikenal sejak jaman dahulu yaitu dengan menggunakan uap minyak kayu putih. Tuang sedikit minyak kayu putih di baskom dan letakkan di bawah hidung. Hirup uapnya selama beberapa menit hingga sistem pernafasan dan hidung terasa lebih lega. Dengan demikian gejala akibat sinusitis yang tidak diobati akan mereda serta pembengkakan rongga hidung juga akan mereda dengan sendirinya.

4. Olesan Bawang Merah

Obat tradisional penyebab sinusitis lainnya yaitu dengan menggunakan olesan bawang merah. Parut beberapa butir bawang merah, lalu oleskan di punggung, dada serta di bawah hidung. Rasa hangatnya akan bekerja untuk menyalurkan panas ke peredaran darah dalam tubuh. Sehingga gejala sinus mereda serta sumbatan di saluran pernafasan akan terasa lebih lega.

5. Sup Hangat

Jika sinus menyerang dengan tiba-tiba, cobalah untuk makan semangkuk sup yang hangat. Entah sup bawang, sup ayam atau sup sayuran. Pastikan untuk memakannya saat dalam keadaan hangat agar bubuk merica di dalam sup dapat membantu secara optimal untuk melegakan sinus dan ciri-ciri selesma. Cara ini paling cocok untuk anak-anak yang sangat suka berbagai macam sup yang hangat.

6. Istirahat

Obat terbaik di kala sakit yaitu istirahat yang maksimal. Dengan menambah waktu tidur maka tubuh akan bekerja secara alami untuk meningkatkan pemulihan dari serangan hubungan sakit kepala dengan sinusitis. Sehingga gejala sinusitis dapat mereda dengan sendirinya. Pastikan untuk mengurangi aktivitas fisik dan perbanyak istirahat, sehingga tubuh cepat kembali sehat seperti sedia kala.

7. Air Garam

Cara lain yaitu dengan menggunakan air garam. Larutan air garam dicampur dengan soda bikarbonat jika dihirup uapnya akan membantu meredakan sumbatan pada hidung serta membantu meredakan peradangan pada tongga hidung. Lakukan beberapa menit hingga pernafasan terasa lega.

8. Aroma Daun Mint

Banyak pula yang menggunakan atoma daun mint sebagai salah satu obat alami penyakit sinusitis. Aromanya yang segar dan sedikit pedas akan membantu melegakan hidung. Oleh sebab itu daun mint cocok untuk meredakan sumbatan akibat lendir di saluran pernafasan.

Demikian beberapa jenis obat tradisional sinusitis yang umum dipakai. Selain mudah didapat jenis obat tradisional tentunya juga mudah untuk dibuat. Sehingga bahaya penyakit sinusitis dapat mereda gejalanya dan tidak terjadi peradangan terus menerus. Selain itu juga mencegah timbulnya pilek dan pusing berlebihan akibat gejala sinus yang tidak kunjung mereda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal