Sponsors Link

Bodrexin Flu Dan Batuk: Dosis, Cara Pemakaian Dan Kegunaan

Sponsors Link

Ada banyak macam-macam obat generik yang ditawarkan untuk mengatasi flu dan batuk, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Mulai dari dosis yang rendah hingga dosis yang cukup tinggi, baik dengan ataupun tanpa resep dokter, bisa Anda dapatkan di apotek-apotek maupun warung-warung pinggir jalan. Benar bukan? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati flu dan batuk yaitu bodrexin flu dan batuk. Akan diberikan banyak informasi mengenai obat bodrexin flu dan batuk tersebut, mulai dari dosis yang digunakan, cara pemakaian obat tersebut, dan kegunaan obat tersebut.

Bodrexin flu dan batuk merupakan salah satu obat yang menangani kondisi flu dan batuk berdahak pada anak-anak yang terkadang seringkali diikuti dengan beberapa gejala lainnya seperti demam dan sakit kepala, serta dapat mengatasi masalah yang diakibatkan oleh penyebab batuk berdahak dan flu pada umumnya.Kemasan yang menyajikan obat batuk bodrexin flu dan batuk ini ialah kemasan botol berukuran 56 ml dengan rasa yang cukup menarik minat anak-anak tentunya, yaitu disediakan dalam bentuk sirup rasa jeruk.

  • Dosis Bodrexin Flu dan Batuk

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa obat bodrexin flu dan batuk diperuntukkan bagi anak-anak. Namun, perlu diketahui bila takaran dosis yang diberikan akan berbeda pada jenjang usia anak-anak tersebut. Untuk anak-anak berusia 2 hingga 5 tahun berikan kadar dosis sesuai dengan resep dan petunjuk dokter, sebab pada umur tersebut Anda tidak bisa secara sembarangan memberikan obat bodrexin ini pada anak Anda.

Sedangkan untuk anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun diberikan dosis dengan 2 sendok takar sebanyak tiga kali dalam sehari. Adapun jumlah komposisi yang ada pada setiap sendok takar senilai 5 ml dengan kandungan bahan aktif seperti chlorpheniramine maleate, glyceryl guaiacolate, bromhexine, paracetamol, dan pseudoephedrine dengan kadar masing-masing kandungan sebesar 0.5 mg, 20 mg, 2 mg, 100 mg, dan 7.5 mg.

  • Cara Pemakaian Bodrexin Flu dan Batuk

Mohon untuk benar-benar memerhatikan takaran dosis yang dianjurkan. Sebab apabila memberikan obat yang tidak sesuai dengan anjuran tersebut akan menimbulkan beberapa efek samping pada anak Anda, misalnya :

  1. Terjadi gangguan pencernaan seperti perut terasa penuh dan sesak,
  2. Mual dan muntah,
  3. Nyeri ulu hati dan
  4. Diare.

Selain itu, juga dapat menyebabkan sakit kepala disertai keringat berlebihan, serta dapat menyebabkan syok apabila anak Anda merupakan penderita hipersensitif terhadap kandungan obat yang ada pada bodrexin flu dan batuk. Lebih parah dari semua itu yaitu apabila penggunaan obat secara berlebihan apa lagi meminumnya dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan hati pada anak Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal cara pemakaian bodrexin flu dan batuk, yakni :

  1. Obat keras, baca aturan pakai yang ada pada kotak kemasan.
  2. Patuhi aturan dosis yang sudah ditentukan, jangan melebihi dosis yang dianjurkan.
  3. Sebaiknya di bawah perhatian dokter apabila anak Anda berada pada kondisi obesitas atau kegemukan dan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  4. Simpan obat bodrexin flu dan batuk pada suhu ruangan, hindari dari tempat panas.
  5. Apabila membeli obat bodrexin flu dan batuk,  tanpa resep dokter maka perhatikan apabila dalam 3 hari gejala yang anak Anda alami tidak berkurang maka segeralah hubungi dokter atau apabila jantung berdebar, pusing, dan susah tidur sebaiknya hentikan penggunaan obat dan berkonsultasilah dengan dokter dengan segera.
  6. Tidak dianjurkan penggunaan obat pada anak Anda apabila berumur di bawah 2 tahun, anak yang menderita tekanan darah tinggi berat dan tak boleh diberikan pada anak yang menderita kepekaan terhadap obat simpatomimetik lain seperti ephedrine, phenylpropanolamine HCL dan phenylephrine.
  7. Usahakan jangan berkendara apabila sedang meminum  obat bodrexin flu dan batuk
  8. Hati-hati penggunaan obat bodrexin flu dan batuk pada anak yang menderita gangguan fungsi hati dan ginjal, glaucoma, hipertiroid, dan tukak lambung, serta hati hati pula apabila terjadi penggunaan obat serentak dengan obat lainnya yang mampu menekan susunan saraf pusat.
  • Kegunaan Bodrexin Flu dan Batuk

Kegunaan obat bodrexin flu dan batuk berdasarkan  beberapa kandungan di dalamnya ialah sebagai berikut :

  1. Untuk meredakan gejala-gejala flu pada anak Anda seperti demam, bersin dan sakit kepala sebab bodrexin flu dan batuk mengandung paracetamol sebagai antipyretic.
  2. Terlebih untuk meredakan batuk berdahak pada anak Anda sebab adanya kandungan bromhexine pada bodrexin flu dan batuk sehingga dapat membantu meredakan gangguan pada sistem pernapasan anak Anda, dan
  3. Mampu pula meredakan nyeri tenggorokan ataupun bisa juga nyeri dikarenakan sakit gigi pada Anak sebab ada kandungan analgetic pada paracetamol pada obat bodrexin dlu dan bentuk kemasan sirup ini.
  4. Kandungan pseudoephedrine pada bodrexin flu dan batuk bisa meredakan gejala hidung tersumbat akibat flu yang diderita pada anak Anda.
  5. Kandungan glyceryl guaiacolate berguna pula untuk meredakan batuk dan melancarkan pengeluaran dahak sehingga mempercepat penyembuhan batuk yang diderita anak Anda.
  6. Kandungan chlorpheniramine maleate pada bodrexin flu dan batuk berguna untuk mengatasi gejala seperti hidung gatal dan tenggorokan yang gatal pula akibat flu yang diderita pada anak Anda

Dari semua pemapaparan di atas, dapat dikatakan bahwa bodrexin flu dan batuk bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati batuk berdahak, terutama pada anak Anda. Ya, mungkin bisa dikatakan bahwa bodrexin flu dan batuk bisa digunakan sebagai cara ampuh mengatasi batuk pada anak Anda. Meski demikian, cobalah untuk menunjang kesehatan pada anak Anda tersebut dengan memerhatikan makanan yang dilarang saat batukpantangan makanan saat batukmakanan penyebab batuk, serta makanan pencegah batuk tersebut .

, , , , ,