Sponsors Link

Batuk Berdahak Putih Susu: Penyebab Dan Pengobatan

Sponsors Link

Batuk adalah salah satu penyakit yang paling menggangu aktivitas kita sehari-sehari. Selain menyusahkan kita, batuk yang berkepanjangan dan susah sembuh juga dapat menjadi salah satu dari gejala awal penyakit serius lainnya. Batuk sendiri dapat di kategorikan kedalam dua jenis, batuk berdahak dan batuk kering. Batuk kering dapat menyebabkan tenggorokan terasa perih dan juga luka. Lain halnya dengan batuk kering, batuk berdahak dapat menyebabkan bronkitis, keluarnya darah dan berbagai macam penyakit lainnya.

Batuk berdahak dapat dibedakan ke beberapa kategori tergantung pada warna dahaknya. Salah satu dari jenis batuk derhak yang paling di khawatirkan masyarakat adalah batuk berdahak putih susu. Berikut akan dibahas mengenai batuk berdahak putih susu: penyebab dan pengobatan. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

Apa itu batuk berdahak putih susu?

Batuk berdahak putih susu adalah jenis batuk berdahak dengan warna dahak putih seperti warna susu. Batuk berdahak putih susu yang memiliki sedikit dahak banyak dianggap sebagai normal dikarenakan menurut salah seorang pakar dari Amerika Serikat, menyatakan bahwa tubuh adalah sumber lendir dan menghasilkan 1 sampai dengan 1.5 liter setiap harinya. Akan tetapi jika batuk berdahak putih susu anda memilki dahak yang terlalu besar, maka hal itu perlu diwaspadai dan alangkah baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter anda.

Artikel lainnya:

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab batuk berdahak putih susu, tergantung dari jumlah dahaknya, jika dahak yang dihasilkan dalam jumlah besar maka kemungkinan besar adalah infeksi di rongga pernafasan anda yang menyebabkan peradangan saluran pernafasan. Selain dari infeski, ada banyak hal lain yang menjadi penyebab batuk berdahak putih susu.

Penyebab penyakit dari batuk berdahak putih susu, yang harus anda ketahui sebagai berikut:

1. Flu

Flu ada penyakit yang paling sering menyerang bagian saluran pernafasan dan pernah di derita hampir semua orang. Penyebab dari flu itu sendiri adalah virus, namun ada sekitar dua ratus jenis virus yang telah terdeteksi memeliki potensi untuk menyebar virus. Gejala awalnya pun bervariasi seperti bersin – bersin, mata memerah, munculnya dahak, sakit atau gatal tenggorokan. Dahak tersebutlah yang lalu masuk ke hidung dan rongga pernafasan melalui tenggorokan dan menyebabkan terjadinya batuk berdahak susu putih.  (Baca juga: Penyebab Influenza Berkepanjangan)

2. Bronkitis

Untuk bronkitis sendiri penyebab dan gejalanya ada bermacam – macam. Tetapi kebanyakan bronkitis di derita karena adanya infeksi virus. Pada awal mulanya batuk berdahak pada penderita bronkitis akan tidak berwarna, namun jikan bronkitis sudah mulai memasuki tahap selanjutnya maka batuh berdahak tersebut akan berubah warna menjadi putih susu dan lalu menjadi warna kuning atau pun hijau. Dan ketika sudah memasuki tahap tersebut maka bronkitis anda sudah memasuki tahap lanjutannya dan segeralah periksakan diri anda ke dokter. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

3. Amandel

Amandel atau yang di kenal dengan tonsil stone. Amandel terbentuk di karenakan oleh kumpulan sel – sel mati dan sisa makanan. Sisa – sisa makanan ini nantinya akan menjadi tempat tumbuh kembangnya bakteri. Gejala awal amandel termasuk seperti susah dan sakit pada saat menelan makanan, infeksi tenggorokan, batu dan demam. Jika anda mendapatkan batuk berdahak anda berwarna putih susu maka segera periksakan lah amandel anda, dikarenkan amandel anda telah memasuki tahap lanjutan. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

4. Merokok

Merokok adalah penyebab utami infeksi dan radang tenggorokan. Asap rokok yang bersifat sebagai racun akan masuk dan menempel pada tenggorokan anda yang lama – kelamaan akan membentuk pelembaban pangkal tenggorokan. Perokok dapat mengalami batuk berdahak putih susu selama berminggu – minggu. (Baca juga: Cara Mengobati Flu).

5. Sinusitis

Sinusitis lebih buruk jika dibandingkan dengan gejala flu yang biasa kita alami. Gejala sinusitis dapat dimulai dari pilek hingga keluarnya cairan bermarna kuning kehijauan dari hidung dan rasa nyeri pada wajah dan rahang. Kondisi ini banyak di jumpai pada anak – anak daripada orang dewasa.

Artikel lainnya:

Dan selain itu masih ada beberapa penyebab dari batuk berdahak putih yang perlu anda ketahui, sebagai berikut:

  1. Asam lambung atau maag.
  2. Alergi.
  3. Penyalahgunaan suara.

Cara pengobatan Batuk berdahak putih susu, yang perlu anda ketahui supaya anda dapat mengobatinya dengan gampang sebagai berikut:

  1. Air Garam- Garam adalah salah satu remedi rumahan yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang di dalam mulut. Cara membuat air garam pun sangatlah mudah yaitu hanya dengan mencampurkan 4 sendok makan garam pada air mendidih lalu di atuk sampai rata. Mulai lah berkumur dengan air garam tersebut ketika air nya sudah mulai mendingin. Air garam dapat memudahkan dahak untuk keluar.
  2. Obat Batuk- Anda dapat menemukan banyak obat batuk di apotek terdekat anda. Selalu perhatikan cara meminum dan dosis obat batuk tersebut sebelum anda konsumsi. Obat batuk biasanya memiliki efek samping yaitu kantuk.
  3. Air Putih- Selalu perhatikan agar tubuh anda tidak mengalami dehidrasi. Pada saat anda mengalami batuk dahak putih susu berbanyaklah meminum air hangat. Selain dapat melegakan tenggorakan yang perih karena batuk tersebut, air hangat juga dapat membantu keluarnya dahak dengan cepat.
  4. Uap- Untuk melakukan metode ini di rumah anda sendiri sangatlah mudah. Caranya adalah dengan mendidihkan air lalu di tambah – tambahkan rempah – rempah alami dan hirup lah uapnya. Cara ini dapat mengencerkan dahak agar mudah keluar dan juga melegakan tenggorokan.

Artikel lainnya:

Selain itu juga masih ada beberapa cara pengobatan yang sangat baik yang wajib anda coba selain yang sudah dijelaskan sebagai berikut:

  1. Minum Teh Jahe.
  2. Ekspektoran alami.
  3. Mengkonsumsi bawang putih.
  4. Mengkonsumsi jahe dan madu.
  5. Berkumur dengan kemenyan dan air hangat.
  6. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.

Walaupun batuk berdahak putih susu bukan termasuk penyakit yang membahayakan, kita perlu mengetahui batuk berdahak putih susu: penyebab dan pengobatan. Jika anda mengalami batuk berdahak putih susu selama lebih dari 3 bulan maka segera lah konsultasikan diri anda dengan dokter. Semoga artikel batuk berdahak putih susu: penyebab dan pengobatan dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab