Sponsors Link

Khasiat Daun Pare Untuk Batuk Kering dan Batuk Basah Paling Efektif

Sponsors Link

Mungkin daun pare memiliki nama yang tidak setenar seperti buahnya yang kebanyakan dimanfaatkan sebagai bahan masakan bagi orang – orang yang menyukai rasa pahit. Padahal dibalik rasa pahit yang ada pada pare, buah ini mengandung banyak sekali khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

ads

Bukan hanya buahnya, daun pare juga sangat bermanfaat untuk berbagai macam pengobatan herbal yang sudah sejak dahulu digunakan. Daun pare yang masih tergolong ke dalam jenis sayuran ini telah dibuktikan melalui penelitan akan manfaatnya untuk digunakan sebagai pengobatan herbal, baik digunakan sebagai bahan utama maupun juga digunakan sebagai campuran dari bahan – bahan herbal yang sudah ada.

Banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan ketika menggunakan daun pare sebagai bahan utamanya, terutama bagi ibu hamil dimana daun pare sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan ASI atau Air Susu Ibu sehingga akan memberikan keuntungan kepada calon bayinya. Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi tentang apa saja kandungan yang ada di dalam daun pare yang perlu anda ketahui:

  • Karantina
  • Minyak lemak tak jenuh
  • Momordisina
  • Resin, dan lain – lain

Manfaat Daun Pare untuk Pengobatan Batuk

Selain bermanfaat sebagai pengobatan untuk memperlancar air susu ibu, ternyata daun pare juga sangat bermanfaat digunakan untuk mengobati batuk, baik batuk basah atau yang disebut dengan batuk berdahak maupun juga seseorang yang menderita batuk kering atau yang disebut dengan batuk tidak berdahak.

Memang penting bagi kita untuk memanfaatkan bahan – bahan tradisional yang ada di sekitar kita guna mengobati penyakit yang kita alami, dibandingkan harus mengkonsumsi obat – obatan yang anda dapatkan dari toko obat dimana obat – obatan tersebut kebanyakan mengandung bahan kimia. Jika sudah mengandung bahan kimia, maka tentunya akan menyebabkan efek samping bagi siapapun yang mengkonsumsinya.

Untuk itulah penting bagi kita untuk lebih memanfaatkan bahan – bahan herbal yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah dengan menggunakan khasiat daun pare untuk batuk yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Namun sebelum itu, kami menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi lainnya yang juga tidak kalah penting seperti obat pilek ingus hijau, obat untuk ingus berwarna kuning, khasiat bawang merah untuk batuk.

1. Mengobati Batuk Berdahak

Khasiat daun pare yang pertama adalah digunakan untuk membantu mengobati batuk berdahak atau yang juga dikenal dengan batuk basah. Batuk berdahak merupakan sebuah kondisi dimana ketika anda batuk maka anda akan mengeluarkan sebuah cairan kental atau yang lebih dikenal dengan istilah dahak.

Seseorang yang mengalami batuk berdahak tentunya akan membuatnya merasa tidak nyaman diakibatkan banyaknya lendir yang menumpuk di area tenggorokan. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka dahak atau lendir yang menumpuk tersebut semakin lama akan semakin banyak sehingga bisa menimbulkan peradangan atau inflamasi. Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun pare memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan yang akan sangat berguna untuk membantu mengobati batuk berdahak yang dialami.

Sponsors Link

2. Mengobati Batuk Tidak Berdahak

Selain digunakan untuk pengobatan batuk berdahak, daun pare juga berkhasiat untuk membantu mengobati batuk tidak berdahak. Batuk tidak berdahak atau yang juga disebut dengan batuk kering merupakan sebuah kondisi dimana batuk yang dialami tidak akan disertai dengan keluarnya dahak.

Meskipun begitu, seseorang yang mengalami batuk tidak berdahak tetap akan merasakan sensasi yang tidak nyaman seperti gatal pada tenggorokan yang malah akan mengganggu aktivitasnya sehari – hari. Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan daun pare untuk digunakan sebagai pengobatan herbal untuk batuk tidak berdahak yang anda alami. Adapun mengenai cara yang harus anda lakukan untuk memanfaatkan daun pare sebagai pengobatan herbal adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

Sponsors Link

  • Anda siapkan beberapa helai daun pare yang sebelumnya sudah anda cuci bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Selanjutnya anda harus menumbuh daun pare tersebut sampai benar – benar dalam kondisi atau bentuk yang lembut.
  • Selanjutnya anda panaskan air sampai sekiranya sudah mau mendidih, bisa menggunakan api yang tidak terlalu besar.
  • Ketika air sudah mendidih, anda tinggal masukkan air tersebut ke dalam gelas yang sebelumnya sudah anda masukkan daun pare yang tadi sudah anda tumbuk sampai halus tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah anda harus menunggu air yang sudah anda masukkan sampai warnanya berubah menjadi agak gelap serta airnya sudah mulai agar panas.
  • Kemudian anda harus menyaring air yang sudah tercampur dengan daun pare tadi dengan menggunakan saringan sampai benar – benar hanya tinggal ampasnya saja.
  • Setelah itu, anda harus langsung meminum air hasil perasan daun pare tersebut selagi masih hangat. Rasa yang ditimbulkan memang akan sangat pahit. Maka dari itu, anda mungkin bisa menambahkan beberapa bahan seperti madu atau bahan lainnya.

Dan jangan lupa bahwa anda harus mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin untuk semakin membuat pengobatan yang anda jalani lebih efektif. Hal ini juga sama ketika anda menerapkan khasiat nanas untuk batuk maupun juga khasiat daun sirih untuk batuk.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang khasiat daun pare untuk batuk. Semoga informasi ini bisa semakin menambah wawasan anda tentang beberapa pengobatan herbal yang bisa anda coba untuk mengatasi batuk.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal