Sponsors Link

15 Makanan Menyembuhkan Sinusitis yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Sinusitis adalah suatu penyakit yang menyebabkan seseorang mengeluarkan lendir yang semakin lama akan menumpuk di sinus pranatal yang mana dapat mengakibatkan terganggunya sistem pernafasan, ada beberapa macam sinusitis yang perlu menyerang pengidap sinusitis. Kita perlu mencegah supaya tidak menyebabkan sinusitis kambuh. Tentu hal ini sangat perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan sewaktu-waktu penumpukan begitu besar tanpa disadari oleh si pengidap tersebut. Ada beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit sinusitis, salah satunya adalah dengan makanan dan obat tradisional sinusitis.

Segala hal yang masuk melalui mulut pasti akan mengalami proses di dalam perut, di mana ia akan berguna sebagai sumber energi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tetapi kali ini kita membahas berdasarkan dari makanan yang dapat menyembuhkan sinusitis, selain bagus buat menambah tenaga juga dapat menyembuhkan sinusitis. Kandungan zat yang terdapat pada makanan yang sering kita lihat sehari-hari ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan sinusitis, bahkan makanan yang sering kita pandang sebelah mata ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk menyembuhkan sinusitis. Berikut beberapa makanan yang dapat mengobati atau menyembuhkan sinusitis:

1. Akar kunyit

Akar kunyit yang mengandung kukurmin alami dan anti oksidan merupakan salah satu bahan yang bagus untuk penderita sinusitis. Akar kunyit sering dinikmatin dengan campuran jamu yang lain. Tetapi akar kunyit dapat dimakan dengan dipotong atau diparut. Jika tidak suka memakan langsung, akar kunyit sangat cocok disajikan dengan seduhan teh hangat. Kombinasi kedua bahan ini menjadi salah satu minuman yang dapat melonggarkan saluran pernafasan dan lendir yang menumpuk di sinus pranatal. Selain itu minuman ini juga bisa merilekskan badan dan menenangkan bagian perut.

2. Cuka Sari Apel

Walau baunya sungguh menyengat, siapa sangka cuka apel memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk makanan menyembuhkan sinusitis. Kandungan cuka sari apel berupa vitamin B1, B2, A, E, Kalsium dan Magnesium mampu membersihkan bagian sinus dan mengatasi gejala alergi. Cuka apel juga terdapat kandungan Potassium dan antibakteri yang alami membantu mempertahankan PH tubuh menjadi stabil, sehingga dapat memecahkan lendir pada sistem pernafasan. Cuka apel dapat dinikmati dengan air hangat. Caranya tuangkan sesendok cuka apel ke dalam air hangat dan minum selagi hangat.

3. Sup Ayam

Makanan yang satu ini tidak dapat dipungkiri lagi enaknya, siapa sangka sup ayam dapat membersihkan lendir pada sinus. Sup ayam merupakan antibiotik alami, apalagi jika kita memilih jenis ayam yang sehat. Sup ayam dapat dinikmatin selagi hangat. Untuk hasil yang lebih baik adalah dengan meminum kuah sup ayam atau menambahkan bahan makanan lain yang juga dapat menyembuhkan sinusitis.

4.  Paprika

Paprika yang termasuk golongan pedas tentu menjadi pilihan sebagai makanan untuk menyembuhkan sinusitis. Jika dibandingin dengan jenis cabai lain, paprika hijau tergolong istimewa karena memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis cabai lain, siapa sangka jeruk yang terkenal kaya akan Vitamin C ternyata kalah akan paprika hijau yang terkenal akan sensasi rasa pedany dan kaya kandungan Vitamin C.  Kandungan Capsaicin pada paprika dapat memacu produksi lendir dan mengurangi rasa sakit sehingga membersihkan bagian sistem pernafasan. Paprika dapat diolah sesuai dengan selera masing-masing. Penggunaan paprika sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar tidak mengalami gejala sakit perut.

5. Vitamin C

Vitamin C yang dapat ditemukan di berbagai bahan makanan memiliki kelebihan yaitu jenis makanan yang lebih bervariatif. Kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan di sinus, selain itu juga bermanfaat mengobati batuk dan demam. Vitamin C juga berperan sebagai antihistamin dan mengurangi produksi histamines di dalam tubuh.

Peran antihistamin sebagai bahan kimia alami di dalam tubuh yang melindungi tubuh dari alergen yang menyerang tubuh, caranya dengan anthistamin melepaskan diri dari tubuh untuk menyerang alergen. Saat penderita makanan menyebuhkan sinusitis merasa tidak nyaman atau mengalami rasa sakit di sinus, maka vitamin C merupakan rekomendasi karena reseptor sel histamin dihalangi dan mengendalikan gejela-gejala alergi. Vitamin C dapat ditemukan pada jeruk, bayam, kentang, cabe, tomat, dan berbagai makanan yang mengandung Vitamin C.

6.  Lobak

Kandungan minyak mustard, Vitamin C dan Songran pada lobak sangan berguna untuk menyembuhkan sinusitis. Fungsi lobak yang merupakan antibiotik alami dapat membantu tubuh memecahkan lendir, salah satunya mengurangi infeksi akibat bakteri serius yang sedang berkembang  pada sinus. Lobak dapat diolah menjadi lobak pedas untuk membantu memecahkan lendir, walau awalnya terlihat produksi lendir meningkat. Tetapi itu merupakan pertanda bahwa tubuh sedang bekerja membersihkan lendir di sinus.

7. Yoghurt

Makanan yang sangat populer di kalangan pencinta kesehatan tentu mengenal yang satu ini. Susu sapi yang difermentasi ini memiliki kandungan Lactobacillus dan probiotik yang dapat mengurangi infeksi sinusitis. Kedua kandungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang meningkat dapat mengurangi efek sinusitis. Sehingga pengidap penyakit sinusitis tidak mengalami gangguan pada sistem pernafasan. Untuk menikmati makanan ini cukup menuangkan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan ditambahkan sedikit cokelat untuk menambah rasa manis pada yoghurt.

8. Nanas

Buah yang terkenal asamnya dan berwarna kuning ini diam-diam memiliki kandungan Bromelain. Bromelain pada nanas dapat menjadi pengobatan untuk mengurangi pembengkakan pada sinus, karena berdasarkan penelitian bromelain dapat mengurangi peradangan berupa arthritis. Tetapi sebelum mengonsumsi buah nanas untuk pengobatan, sebaiknya konsultasi kepada dokter untuk memastikan jika tidak mengkonsumsi obat yang bereaksi terhadap kandungan Bromelain.

9.  Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang sering digunakan untuk masak atau pembuatan sabun ternyata mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Asam laurat juga terdapat dalam ASI. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa efektif untuk menyembuhkan sinusitis. Minyak kelapa murni dicampurkan beberapa tetes kayu manis dan cengkeh dapat menjadi alternatif untuk meminum minyak kelapa.

10.  Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 sering dijumpai pada ikan laut bukan hanya dapat menyehatkan saraf otak, sifat asam asam lemak yang berupa anti-inflamasi  dalam ikan bisa meringakan infeksi sinus. Infeksi sinus yang berupa peradangan yang berakibat penumpukan lendir dapat diatasi dengan mengkonsumsi ikan laut, seperti ikan cod, ikan salmon, ikan sarden, dan berbagai macam ikan lainnya. Selain meredakan peradangan pada sinus, asam lemak ini tergolong jauh dari kata kolestrol. Untuk mengolah ikan tidaklah begitu sulit, cukup olah sesuai keinginan dan dicampurkan dengan bawang untuk menambah cita rasa dan vitamin C dalam makanan.

11. Ceri

Buah mungil dan asam ini ternyata dapat menyembuhkan sinusitis. Buah yang sering dijadikan bahan tambahan pada kue dan menjadi manisan ternyata menyimpan kandungan yang bermanfaat. Kandungan Flavonoid dan karotenoid pada pada buah ceri dapat mengatasi peradangan pada sinus. Buah ceri dapat dinikmati secara langsung atau diolah sesuai yang diinginkan, buah ceri ternyata juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung, karena bekerja sebagai anti-inflamasi di dalam tubuh.

12. Bawang Putih

Bawang putih yang sering dipakai dalam memasak ini ternyata menyimpan kandungan yang sangat bermanfaat untuk makanan menyembuhkan sinusitis. Kandungan yang berupa fosfor, vitamin C, protein, kalsium, dan saltivine dapat membantu untuk melawan bakteri yang mengakibatkan penumpukan lendir di sinus.

Bawang putih yang merupakan antibiotik alami yang dapat melindungi bakteri baik dan membunuh bakteri jahat, sebaiknya dikonsumsi dengan keadaan mentah dan dihancurkan, supaya allicin dalam bawang akan aktif. Ekspektoran dan Dekongestan yang merupakan bagian dalam bawang untuk mencegah pilek dan flu juga dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan.

13. Alpukat

Buah yang terkenal dengan warna hijau ini memiliki manfaat mengurangi randang sinusitis. Lemak baik yang terdapat dalam alpukat dapat dinikmatin saat mengalami randang di sinus. Dianjurkan saat memakan alpukat tidak mencampurkanya dengan susu kental manis, karena susu tidak dianjurkan dikonsumsi kepada penderita sinusitis. Tidak perlu khawatir kegemukan jika mengkonsumsi Alpukat karena kandungan lemaknya baik bagi tubuh.

14.  Madu

Madu yang terkenal dengan rasa manis dan enak juga mengandung anti-bakteri dan anti-septik yang dapat membersihkan sinus yang terkontaminasi dengan bakteri. Hal ini membuat madu bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada sinus, meredakan batuk dan melegakan tenggorokan yang nyeri. Beberapa penelitian juga menunjukan madu dapat menjadi pengobatan yang lebih bagus bagi penyakit sinusitis dibandingkan dengan obat antibiotik, karena madu dapat membunuh mikroba yang resisten terhadap obat antibiotik.

15. Air

Salah satu hal yang sangat diperlukan bagi manusia ini tidak dipungkiri seberapa banyak manfaatnya bagi tubuh hanya dengan meminum air. Air putih yang segar dan bersih adalah salah satu yang bermanfaat bagi tubuh, terutama dengan PH mengarah basa. Karena air dapat mengalirkan seluruh peredaran darah dan mengisi pasokan air yang terkuras oleh tubuh, jika pasokan air yang berkurang dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan yang berdampak pada lendir yang makin kental dan menyebabkan terjadinya penyumbatan di sinus, inilah yang menyebabkan bakteri semakin cepat untuk berkembang,

Inilah beberapa makanan yang dapat menyembuhkan sinusitis, tentu semua makanan ini dapat dikonsumsi jika tidak terdapat alergi dengan salah satu makanan yang di atas dan melakukan gaya hidup yang sehap dengan menjauh dari segala pantangan bagi penyakit sinusitis. Jika tidak melakukan penanganan sejak dini dapat mengakibatkan kematian akibat sinusitis. Makanan yang sehat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat, mari mulai sekarang lebih memperhatikan makanan yang dimakan supaya dapat sembuh dari penyakit sinusitis.

, , ,